Home / Narasi Islam / Sejarah / Dan Rasulullah Pun Tertawa

Dan Rasulullah Pun Tertawa

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com Imam Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. bahwa ada seorang lelaki datang menghadap Rasulullah saw. Orang itu punya masalah besar. Ia berkata, “Ya Rasulullah, aku telah binasa.”

Rasulullah saw. bertanya, “Apa yang terjadi?”

Orang itu menjawab, “Saya mendatangi isteri saya di pagi hari bulan Ramadhan dan saya berpuasa.”

Benar. Ini masalah besar. Orang ini telah melakukan dosa yang sangat besar. Ia bersetubuh dengan isteri secara sengaja sewaktu berpuasa di bulan Ramadhan. Namun orang ini sungguh hebat. Ia berani mengakui kesalahannya itu di hadapan Rasulullah saw.

Apa yang dilakukan Rasulullah saw. kepada orang itu?

Rasulullah saw. tidak bermuka masam. Marah? Tidak. Beliau tidak memarahinya. Lelaki itu datang dengan rasa penyesalan dan ingin bertobat. Ia tidak datang dengan sikap membangkang. Ia datang berharap mendapat penyelesaian atas masalahnya.

Maka Rasulullah saw. bertanya, “Apakah kamu punya budak yang bisa dimerdekakan sebagai kafarat atas apa yang telah kamu lakukan?”

Orang itu menjawab, “Tidak.”

Rasulullah saw. bertanya lagi, “Apakah kamu mampu berpuasa dua bulan berturut-turut?”

Lelaki yang tak mampu menahan nafsunya itu menjawab, “Tidak.”

Rasulullah saw. bertanya lagi, “Apakah engkau mampu memberi makan 60 orang fakir miskin?”

Lelaki itu sekali lagi menjawab, “Tidak.”

Tiba-tiba terjadi kebuntuan. Lelaki itu tidak punya apapun yang bisa digunakan untuk membayar kafarat atas perbuatan dosanya itu. Ia terduduk. Pasrah atas keputusan yang akan ditetapkan Rasulullah saw. atasnya.

Tak lama kemudian, datang seseorang membawa sebakul kurma. Orang ini memberi kurma itu kepada Rasulullah saw.

Rasulullah saw. memanggil si lelaki yang melanggar aturan Allah swt. Kepada orang-orang yang berpuasa. Kepadanya Rasulullah saw. menyerahkan kurma itu. “Ambillah ini. Sedekahkan!”

Orang itu malah bertanya, “Ya Rasulullah saw., apakah saya harus bersedekah kepada orang yang lebih miskin daripada saya? Demi Allah, tidak ada orang yang lebih miskin dari saya di Madinah ini.”

Mendengar itu Rasulullah saw. ketawa. Setelah itu Rasulullah saw. bersabda, “Kalau begitu, berikan kurma itu untuk makan keluargamu!”

Sungguh, betapa lebar senyum lelaki itu. Kafarat dosanya tertebus, keluarganya mendapat makanan. Subhanallah!

About these ads

Redaktur:

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (128 votes, average: 9,40 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Mochamad Bugi
Mochamad Bugi lahir di Jakarta, 15 Mei 1970. Setelah lulus dari SMA Negeri 8 Jakarta, ia pernah mengecap pendidikan di Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Jakarta, di Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Indonesia, dan Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Dirosah Islamiyah Al-Hikmah. Sempat belajar bahasa Arab selama musim panas di Universitas Ummul Qura', Mekkah, Arab Saudi.Bapak empat orang anak ini pernah menjadi redaktur Majalah Wanita UMMI sebelum menjadi jabat sebagai Pemimpin Redaksi Majalah Politik dan Dakwah SAKSI. Ia juga ikut membidani penerbitan Tabloid Depok Post, Pasarmuslim Free Magazine, Buletin Nida'ul Anwar, dan Majalah Profetik. Jauh sebelumnya ketika masih duduk di bangku SMA, ia menjadi redaktur Buletin Al-Ikhwan.Bugi, yang ikut membidani lahirnya grup pecinta alam Gibraltar Outbound Adventure ini, ikut mengkonsep pendirian Majelis Pesantren dan Ma'had Dakwah Indonesia (MAPADI) dan tercatat sebagai salah seorang pengurus. Ia juga Sekretaris Yayasan Rumah Tafsir Al-Husna, yayasan yang dipimpin oleh Ustadz Amir Faishol Fath.
  • Subhanallah, Rasulullah manusi mulia yang sangat agung, sangat begitu halus, sangat peka, sangat mencintai ummatnya..

    shalawat untukmu kekasih Allah..

    kami rindu padamu..

  • Assalamu'alaikum wr.wb
    Saya mohon meminta sejarah yang lengkap mengenai saat-saat Rosul menghadapi sakaratul maut..terimaksih atas dimuatnya materi tersebut
    Wassalamu'alaikum wr.wb

  • Afif Rakhman

    Subhanallah, pribadi yang begitu mengagumkan dalam segala yang diperbuatnya.

  • Ass.Wr.Wb….solawat berserta salam kepada jungjungan Nabi Muhammad SAW….kemuliaan hatinya tak bisa kita lukiskan atau gambarkan begitu mulia dirinya…

  • subhanallah, pribadi Rasululloh luar biasa, tegas menegakkan aturan, tetapi juga lembut. lalu mengapa masih banyak muslim/muslimah yang mencari tauladan selain Rasululloh???

  • Masrury_muslim

    Subhanallohh yah…..
    islam memang bukan agama yang sulit tetapi islam agama yang sangat adil….
    begitu indah sekali cara pemikiran baginda besar Rasulalloh SaW…
    Allhohumma sholi wa salaim wa baarik alaih…
    wa alihi wa shohbihi..
    amin

  • Abu Azzam

    SubhanAllah….kembali ber-air mata ini….shalawat serta salam untukmu yaa Rasulullah..

  • amir bahar

    Enak dibaca dan perlu

  • sa'ad

    sungguh…engkaulah kekasih Allah, mahkluk termulia yuang pernah allah ciptakan. semoga shalawat dan salam selalu tercurah atasmu duhai rasulullah

  • rUDI

    SUNGGUH SANGAT MULIA AGAMA ISLAM YANG MEMBERIKAN HUKUMAN YANG TEPAT DAN BERTOLERANSI TINGGI,KEPADA SESEORANG YANG TIDAK MAMU LAGI LEMAH

  • abu rahman

    kami rindu padamu ya Rasul

  • Abdillah Bukran Amri

    Assalamu alalikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Beberapa minggu yang lalu bahkan sampai saat ini masyarakat kita khususnya masyarakat awam dihibohkan dengan kasus rencana pernikahan KH.Puji dengan seorang gadis yang berumur belasan tahun! kasus ini menjadi rame dibicarakan, apalagi bagi orang2 yang tidak suka terhadap islam menjadi kasus ini sebagai bahan cemohon mereka! dan tanpa disadari juga banyak dikalangan islam yang tidak membaca dan memahami masalah ini. yang sangat menyedihkan sekali kasus ini dikait-kaitkan dengan perwakinan Rasulullah SAW dengan Siti aisyah RA! kita sebagai umat islam, khususnya kalangan akademis islam punya kewajiban menjelaskan bagaimana duduk perkara!.

    1.Rencana pernikahan KH.Puji dengan wanita yg umur belasan tahun sudah tidak jamannya lagi! kalau 20 atau 30 puluh tahunan yang lalu perkawinan umur belasan tahun itu dimasyarakat kita hal sangat biasa sekali, buktinya tanya saja kpd nenek-nenek tua kita, kira2 umur berapa mereka dinikahkan! nenek saya menikah pada umur 12 tahun!entah nenek/kakek anda! bahkan kalau ada wanita yg berumur diatas dua puluhan sudah dianggap bujang tua!Dulu kalau orang tamat sekolah SR 6 tahun sudah dinggap hebat sekali! tapi kalau jaman sekarang kalau hanya lulus SD akan dianggap buta hurup!

    2.Islam membenarkan wanita nikah bilamana sudah aqil balig, sedangkan wanita ketika sudah haid.

    3.Rasulullah SAW dalam sejarah tidak ada punya keinginan menikah lagi setelah wafatnya istri beliau Siti Khadijah RA.bahkan para sahabatnya menawarkan agar beliau segera menikah, dan beliau lakukan setelah adanya perintah dari Allah SAW.

    4.Istri2 Rasulullah SAW semuanya janda, terkecuali 1 orang yaitu Siti aisyah RA.5.Perkawinan Rasulullah dgn Siti Aisyah menganduk hikmah yang sangat besar terhadap kaum muslimin.adalah sbb :

    1.Siti Aisyah adalah wanita yang dikenal sangat cerdas sekali, Rasulullah membutuhkan seseorang wanita yang bisa merekan dalam aspek semua kehidupan berumah tangga! kerumah tanggal adalah merupakan tonggak awal kehidupan dalam bermasyarakat, bagaimana org bisa memimpin jika rumah tangganya belum bisa dipimpin! Rasulullah memilih Aisyah adalah untuk pendidikan jangka panjang, dimana ketika Rasulullah SAW wafat , siti Aisyah baru berumur 19 tahun! dan dibenak siti Aisyah banyak sekali catatan2 penting perihal kehidupan berumah tangga, yang tentunya tidak banyak sahabat2nya yang mengetahui oerihal tersebut. menurut riwayat siti aisyah meriwayatkan lebih dari 5000 hadist.bahkan kalau kita perhatikan siti Aisyah meriwayatkan hadist lebih dari 90% dibanding dengan istri2 beliau yang lain.bahkan siti Aisyah masih hidup dalam kurun 40tahunan setelah wafatnya Rasulullah SAW yang tentunya membawa hikmah dan pendidikan yang sangat baik sekali kpd kaum muslimin. nah itu juga sebagai jawaban kenapa Rasulullah tidak menikahi orang sepadannya atau umuru 30tahunan saja!. itulah hikmah yang Allah berikan kepada umat nabi Muhammad SAW.

    Mohon tambahan dari teman2 akademis lainnya.wassalam.

  • hayya nafisah

    Yaa Rasulullah,Salam 'alaik

  • Rindu kami padamu ya Rasul..
    Rindu tiada terperi..
    berapa jarak darimu ya rasul..
    seakan dikau di sini..

    Cinta ikhlasmu pada manusia..
    bagai cahaya surga..

    Ya allah ampuni dosa hamba mu ini.
    salam dan shalawat semoga allah senantiasa curahkan bagi baginda rasulullah SAW, keluarga dan sahabatnya. amiin.

  • abbi

    Agak membingungkan, sebab dlm bab fikih shaum romadhon di jelaskan hukuman bagi orang yg sengaja mendatangi istrinya siang hari di bulan romadhon… adalah begini2 dst… (termasuk shaum selama 2 bulan berturut2 tadi)
    tapi dalam kasus ini, orang tersebut kok bebas begitu saja… mohon penjelasan tambahannya

  • SUbHanaLah sunggUh inDah Agama IsLAm yang MuLia ini.

  • pinto anugrah

    assalamu'alaikum…

    hahahaha…
    saia juga ketawa membacanya…

    orang ni bner2 lah…
    udahlah melakukan kesalahan,,, (dosa besar)…
    eee…
    malah dibebasin ama Rasul…

    enak banget…

    Subhanallah…

  • hasan musthofa

    Tersenyumlah akhi…karena senyum itu ibadah…tapi jangan senyum-senyum yang ga jelas yaa

  • Pingback: Ganryukg’s Blog()

  • Abu bogi

    ini adalah contoh teladan yang mulia dari Rasul kita, kami begitu rindu padamu ya Rasul…Ya Allah pertemukan kami dan kumpulkanlan kami dengan Rasulullah SAW di surga kelak..amin

  • Alhamdulillah baru bisa sempat baca tulisan antum,. Nggak enak manggil. Gimana kalau ustadzh aja. Gimana kabar akhi ? Kemaren sempat baca komen antum di fb ana, alhamdulillah ada yang mampir. Moga-moga kerinduan kepada Rasulullah bisa terpenuhi oleh tulisan-tulisan akhi. Syukron atas semua hal yang akhi pernah lakukan buat ana. 20 tahun yang lalu, ana lupa kita lagi sholat berjamaah ashar. Saat mau sujud, akhi menarik sajada ana jauh-jauh. Syukron ternyata ada kotoran. Ana ingat terus.

    • maulana mz

      smoga brmnfaat bgi kita semua,jzk

  • Arfan Febriyanto

    mau nanya ustadz, ggambar daun yg diatas apa bisa dihapus? rasa-rasanya itu seprti gambar tanaman yg memabukkan. wallahualam bishawab

    • susi tata

      apa mksdnya tuh pake gambar gituan segala??

    • Ulin Wood

      Coba perhatikan baik baik sekali lagi, dan perbandingkan kembali
      Gambar daun ini bersegi 9..
      Sedang daun yang yang memabukan yang anda maksud adalah bersegi 5…

  • Abdullah Hasny

    SUBHANNALLAH

  • budi ono

    Sip..dah pernah baca.tapi asik juga kalo diulang alhamdulillah.

Lihat Juga

Ilustrasi. (flickr.com/photos/muslimpage)

Berkah Dengan Satu Istri, Berkah Dengan Poligami

Organization