Home / Dasar-Dasar Islam / Hadits / 8 Tips Sambut Ramadhan

8 Tips Sambut Ramadhan

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com – Ramadhan yang penuh kelimpahan kebaikan dan keutamaan, akan dapat dirasakan dan diraih ketika ilmu tentang Ramadhan dipahami dengan baik.

Bayangkan, para generasi awal Islam sangat merindukan bertemu dengan bulan suci ini. Mereka berdo’a selama enam bulan sebelum kedatangannya agar mereka dipanjangkan umurnya sehingga bertemu dengan Ramadhan. Saat Ramadhan tiba, mereka sungguh-sungguh meraih kebaikan dan keuataman Ramadhan. Dan ketika mereka berpisah dengan Ramadhan, mereka berdo’a selama enam bulan setelahnya, agar kesungguhannya diterima Allah swt. Kerinduan itu ada pada diri mereka, karena mereka sadar dan paham betul keutamaan dan keistimewaan Ramadhan.

Bagaimana menyambut bulan Ramadhan? Berikut kami hadirkan “8 Tips Sambut Ramadhan” :

1. Berdoa agar Allah swt. memberikan umur panjang kepada kita sehingga kita berjumpa dengan bulan Ramadhan dalam keadaan sehat. Dengan keadaan sehat, kita bisa melaksanakan ibadah secara maksimal: Puasa, shalat, tilawah, dan dzikir. Dari Anas bin Malik r.a. berkata, bahwa Rasulullah saw. apabila masuk bulan Rajab selalu berdoa, ”Allahuma bariklana fii rajab wa sya’ban, wa balighna ramadan. Ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikan kami ke bulan Ramadan.” (HR. Ahmad dan Tabrani)

2. Pujilah Allah swt. karena Ramadhan telah diberikan kembali kepada kita. Imam An Nawawi dalam kitab Adzkar-nya berkata: ”Dianjurkan bagi setiap orang yang mendapatkan kebaikan dan diangkat dari dirinya keburukan untuk bersujud kepada Allah sebagai tanda syukur; dan memuji Allah dengan pujian yang sesuai dengan keagungannya.” Dan di antara nikmat terbesar yang diberikan Allah swt. kepada seorang hamba adalah ketika dia diberikan kemampuan untuk melakukan ibadah dan ketaatan.

3. Bergembira dengan datangannya bulan Ramadhan. Rasulullah saw. selalu memberikan kabar gembira kepada para sahabatnya setiap kali datang bulan Ramadhan: “Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah telah mewajibkan kepada kalian untuk berpuasa. Pada bulan itu Allah membuka pintu-pintu surga dan menutup pintu-pintu neraka.” (HR. Ahmad).

4. Rencanakan agenda kegiatan harian untuk mendapatkan manfaat sebesar mungkin dari bulan Ramadhan. Ramadhan sangat singkat, karena itu, isi setiap detiknya dengan amalan yang berharga, yang bisa membersihkan diri, dan mendekatkan diri kepada Allah swt.

5. Kuatkan azam, bulatkan tekad untuk mengisi waktu-waktu Ramadhan dengan ketaatan. Barangsiapa jujur kepada Allah swt., maka Allah swt. akan membantunya dalam melaksanakan agenda-agendanya dan memudahnya melaksanakan aktifitas-aktifitas kebaikan. “Tetapi jikalau mereka benar terhadap Allah, niscaya yang demikian itu lebih baik bagi mereka.” Muhamad:21.

6. Pahami fiqh Ramadhan. Setiap mukmin wajib hukumnya beribadah dengan dilandasi ilmu. Kita wajib mengetahui ilmu dan hukum berpuasa sebelum Ramadhan datang agar amaliyah Ramadhan kita benar dan diterima oleh Allah swt. “Tanyakanlah kepada orang-orang yang berilmu, jika kamu tiada mengetahu.” Al-Anbiyaa’ ayat 7.

7. Kondisikan qalbu dan ruhiyah kita dengan bacaan yang mendukung proses tadzkiyatun-nafs –pemberishan jiwa-. Hadiri majelis ilmu yang membahas tentang keutamaan, hukum, dan hikmah puasa. Sehingga secara mental, dan jiwa kita siap untuk melaksanakan ketaatan kepada Allah swt. di bulan Ramadhan.

8. Tinggalkan dosa dan maksiat. Isi Ramadhan dengan membuka lembaran baru yang bersih. Lembaran baru kepada Allah, dengan taubat yang sebenarnya taubatan nashuha. “Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman, supaya kamu beruntung.” An-Nur:31. Lembaran baru kepada Muhammad saw., dengan menjalankan sunnah-sunnahnya dan melanjutkan risalah dakwahnya. Kepada orang tua, istri-anak, dan karib kerabat, dengan mempererat hubungan silaturrahim. Kepada masyarakat, dengan menjadi orang yang paling bermanfaat bagi mereka. Sebab, “Manusia yang paling baik adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain.”

Semoga Allah swt. memanjangkan umur kita sehingga berjumpa dengan Ramadhan. Dan selamat meraih kebaikan-kebaikannya. Amin ya Rabbana. Allahu a’lam (io)

Redaktur:

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (64 votes, average: 9,22 out of 10)
Loading...Loading...
Ulis Tofa, Lc
  Lahir di kota Kudus, Jawa Tengah, pada tanggal 05 April 1975. Menyelesaikan jenjang pendidikan Tsanawiyah dan Aliyah di Ma’ahid Krapyak Kudus. Tahun 1994 melanjutkan kuliah di LIPIA Jakarta. Program Persiapan Bahasa Arab dan Pra Universitas. Tahun 2002 menyelesaikan program Sarjana LIPIA di bidang Syari’ah.     Semasa di bangku sekolah menengah, sudah aktif di organisasi IRM, ketika di kampus aktif di Lembaga Dakwah Kampus LIPIA, terakhir diamanahi sebagai Sekretaris Umum LDK LIPIA tahun 2002.     Menjadi salah satu Pendiri Lembaga Kajian Dakwatuna, lembaga ini yang membidangi lahirnya situs www.dakwatuna.com , sampai sekarang aktif sebagai pengelola situs dakwah ini.     Sebagai Dewan Syari’ah Unit Pengelola Zakat Yayasan Inti Sejahtera (YIS) Jakarta, dan Konsultan Program Beasiswa Terpadu YIS.     Merintis dakwah perkantoran di Elnusa di bawah Yayasan Baitul Hikmah Elnusa semenjak tahun 2000, dan sekarang sebagai tenaga ahli, terutama di bidang Pendidikan dan Dakwah.     Aktif sebagai pembicara dan nara sumber di kampus, masjid perkantoran, dan umum.   Berbagai pengalaman kegiatan internasional yang pernah diikuti:      Peserta Pelatihan Life Skill dan Pengembangan Diri se-Asia dengan Trainer Dr. Ali Al-Hammadi, Direktur Creative Centre di Kawasan Timur Tengah, pada bulan Maret 2008.    Peserta dalam kegiatan Muktamar Internasional untuk Kemanusian di Jakarta, bulan Oktober 2008.    Sebagai Interpreter dalam acara “The Meeting of Secretary General of International Humanitarian Conference on Assistanship for Victims of Occupation” bulan April 2009.    Peserta  Training Asia Pasifik “Curriculum Development Training” di Bandung pada bulan Agustus 2009.    Peserta TFT Nasional tentang Problematika Palestina di UI Depok, Juni 2010 dll.     Karya-karya ilmiyah yang pernah ditulis:      Fiqh Dakwah Aktifis Muslimah (terjemahan), Robbani Press    Menjadi Alumni Universitas Ramadhan Yang Sukses (kumpulan artikel di situs www.dakwatuna.com), Maktaba Dakwatuna    Buku Pintar Ramadhan (Kumpulan tulisan para asatidz), Maktaba Dakwatuna    Artikel-artikel khusus yang siap diterbitkan, dll.     Sudah berkeluarga dengan satu istri dan empat anak; Aufa Taqi Abdillah, Kayla Qisthi Adila, Hayya Nahwa Falihah dan Muhammad Ghaza Bassama. “Bermanfaat bagi Sesama” adalah motto hidupnya. Contak person via e-mail: ulistofa-at-gmail.com  atau sms 021-92933141.

Lihat Juga

Ilustrasi. (lensaindonesia.com)

Khutbah Idul Fitri 1435H: Inti Ibadah Puasa Ramadhan Adalah Ketakwaan Kepada Allah SWT

  • Abu Yandri

    Ustadz Ulis Tofa,

    Insya Allah kita bisa mengamalkan paling tidak 8 tips tersebut. Semoga Allah Jala Jalalu memberikan kepada kita kekuatan fisik dan mental untuk melaksanakannya. Amin.

    Jazakumulloh Hairon Katsiro.

  • http://dakwatuna.commakanlahyghalal ozi

    alhamdulillah,dengan adanya dakwatuna.com saya jadi banyak mengerti dan banyak tau apa yg dahulu saya tidak mengetahuinya..arigato gozaimasta.assalamualaikum..

  • tri umardi

    terimakasih dakwatuna mudah2an dengan adanya bertta ini dan syiarnya islam melalui internet masyarakat mudah kembali ke ajaran yang lebih benar

  • http://www.umumaryam.multiply.com Wilda Afifah

    Alhamdulillah saya dapat bergabung dengan situs ini. Mudah-mudahan iman saya semakin kokoh dengan materi2 yang disampaikan. mabruk!

  • YANTI

    jazakumulloh atas infonya, ana mempostingnya untuk kepentingan da'wah boleh kan ?

  • http://dakwatuna.com budi

    subhanaullah,ana menjadi lebih dalam ilmu agamanya setelah bergabung dalam situs ini.sukron ya….

  • abu hijaz

    Syukran jazakumullahu khairal jaza ya ustadz ala nasiihatikum. hayyaakallah-hayyaakallah, barakallahu fiikum.

  • http://mjinstitute.com Muhammad Jamzuri

    Wah terimakasih nih atas tips bulan Ramadhannya. semog akita semoga menjadi insan yang selalu mendekatkan diri kepadaNya. oh ya saya hanya mau mengkritisi redaksional aja; kalo tidak salah penulis menyebutkan 6 bulan untuk menanti bulan ramdhan dan 6 bulan untuk berdoa agar amal yang kita kerjakan di bulan Ramadhan diterima olehNya. Nah bukannya jumlah bulan dalam satu tahun itu hanya ada 12 bulan jadi kalo 6 bulan sebelum ditambah 6 bulan sebelum udah 12 bulan, wah kalo ditambah satu bulan Ramadhan jadi 13 bulan donk.

  • ali sadikin

    tolong dong tampilkan berita yang update tentang ramdhan di amerika serikat n inggris,, tau berita berita tentang umat islam di eropa

  • http://www.taktiku.com Taktiku

    Alhamdulillah akhirnya artikel yang saya inginkan ada disini. mari kita sambut Ramadhan dengan kegembiraan.

  • Abdul Hakim

    Semoga Allah memeberi kekuatan kepada kita untuk melaksanakan ibadah Ramadhan secara optimal. Allahu akbar

  • Sichilo

    Syukron katsiran atas info ramadhannya.. semoga jadi ladang amal buat antum yang menulisnya. dan doakan agar saya juga bisa bertransaksi dengan Allah sebaik mungkin dalam ramadhan kali ini.. Allah ghayatuna..!!

  • Martin Agustian

    Alhamdulillah saya bisa menemukan artikel syiar yang saya harapkan. untuk menyambut bulan suci Ramadhan di tahun ini.

  • echo

    ASSALAMU'ALAIKUM….
    ALLAHUAKBAR!!!

  • IMAM HAQIQI

    AHLAN WA SAHLAN YAA RAMADHAN….ASSALAMUALAIKUM………

  • saharudin

    Daun sya'ban berguguran.. sbntr lagi kita akan berjumpa kuntum2 ramadlan yang menebar wangi dan kbrkahan.. seiring maaf dari hati yang tak terlukiskan,, mari smabtu Ramadlan dengan ceria dan keihklasan…

    USTADZ ULIS, JAZAKUMULLOHU KHOIROL JAZA.. SMOGA KITA DAPAT BERJUMPA KEMBALI.. AKHUKUM FI QATAR

  • ali ma'mun

    assalamualaikum wr.wb.

    jazakallah khairan atas tulisan yang luar biasa ini. u're my insporations in dakwah.

    wassalam

  • hadi

    alhamdulillah, syukron katsiran kepada dakwatuna yang telah membantu dakwah islamiyah di dunia maya

  • supardi

    Alhamduliilah, ramadhan sudah diufuk timur semoga ibadah kita ditahun ini lebih baik dan lebih jernih walau lingkungan kurang mendukung karena suhu politik agak memanas sehingga trasa keruh menyelimuti hati kita,banyaknya orang2 yang disibukan dengan partai sehingga mempengaruhi frekuansi ibadah kita menjadi menurun… Semoga Allah senentiasa menjaga kesucian umat islam agar kita terhindar dari tipu daya syaitonirrojim.

  • http://alhiko.blogspot.com alhiko

    Jazakallah tipsnya… Kalo mau sukses meraih ketaqwaan memang hrs punya tips2 jitu. Insya Allah ke-8 tips ini dpt mengantarkan kita yg melakukan ibadah Ramadhan meraih derajat Taqwa.
    Happy Ramadhan 1429 H…

  • http://parvatismooth.wordpress.com Watick

    Syukron bwt tipsnya moga dapat bermanfaat untuk semua umat

  • http://www.yahoo.co.id cucum

    aslm.kepada ikhwah sekalian,mari manfaatkan bulan suci ini sebagai momentum untuk berbenah diri menuju kemenangan dakwah!wslm

  • http://www.dakwatuna.com/2008/8-tips-sambut-ramadhan/ kakak(UNIVERSITAS)

    INFORMASI YANG BAGUS BUAT SAYA JAZAKALLAH

  • Micko

    Assalamu'alaikum …

    Syukurku karena ngedapetin tips2 ramadhan sebagai pengingat dari hamba yg suka lalai …

    Wassalamu'alaikum

  • Herman W Aboebakar

    Assalamu'alaikum..

    Alhamdulillah n terimakasih buat redaksi dakwatuna.com

    "Yaa Alaah selamatkanlah kami untuk Ramadhan dan selamatkanlah Ramadhan untuk kami"

    Al-Fatiha, wslam.

  • http://universitaswiralodraindramayu.blogspot.com Ayif Sumantri Hidayat

    Assalamu’alaikum
    Alhamdulillah,,referensinya sangat bermanfaat untuk semuanya,,jazakallah

  • http://[email protected] danysyahban

    Assalamu’alaikum Pak Ustadz.

    Saya numpang copas yaa…
    Untuk disebarkan di FB, tentu akan menyertakan link Dakwatuna.

    Jazakallah khairan katsir…

  • rosyid albana

    satu yg ku ucapkanalhamdulillah……satu yg ku lakukan ku bersujud bersimpuh mengingat sga kebaikan YANG KUASA ALLOHU AKBAR W LILLLAHI ALHAMDU

  • tedi eka rusadi

    terimakasih atas tip2 nya.

    berbahagialah kamu yang sedang berpuasa , karena engkau masih dalam lindunganNYA.

  • niken widya

    ijin copas ustadz

  • Bahagia

    Aku snang jika ramadhan tba.Soalnya amal kt ibadah kita bda dngan blan yg lainya.

  • aroel

    aslm, ustadz ane minta izin untuk mengcopy.

  • Siro Hirata

    Sukran… Ijin shar yah!.

  • http://www.facebook.com/people/Iwan-Ridwan/1473938455 Iwan Ridwan

    ijin mengcopy p ustad

  • http://www.facebook.com/people/Iwan-Ridwan/1473938455 Iwan Ridwan

    ijin mengcopy p ustad