Home / Keluarga / Pendidikan Keluarga / 13 Sifat Laki-laki Yang Tidak Disukai Perempuan

13 Sifat Laki-laki Yang Tidak Disukai Perempuan

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

dakwatuna.com – Para istri atau kaum wanita adalah manusia yang juga mempunyai hak tidak suka kepada laki-laki karena beberapa sifa-sifatnya. Karena itu kaum lelaki tidak boleh egois, dan merasa benar. Melainkan juga harus memperhatikan dirinya, sehingga ia benar-benar bisa tampil sebagai seorang yang baik. Baik di mata Allah, pun baik di mata manusia, lebih-lebih baik di mata istri. Ingat bahwa istri adalah sahabat terdekat, tidak saja di dunia melainkan sampai di surga. Karena itulah perhatikan sifat-sifat berikut yang secara umum sangat tidak disukai oleh para istri atau kaum wanita. Semoga bermanfaat.

Pertama, Tidak Punya Visi

Setiap kaum wanita merindukan suami yang mempunyai visi hidup yang jelas. Bahwa hidup ini diciptakan bukan semata untuk hidup. Melainkan ada tujuan mulia. Dalam pembukaan surah An Nisa':1 Allah swt. Berfirman: “Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu”. Dalam ayat ini Allah dengan tegas menjelaskan bahwa tujuan hidup berumah tangga adalah untuk bertakwa kepada Allah. Takwa dalam arti bersungguh mentaati-Nya. Apa yang Allah haramkan benar-benar dijauhi. Dan apa yang Allah perintahkan benar ditaati.

Namun yang banyak terjadi kini, adalah bahwa banyak kaum lelaki atau para suami yang menutup-nutupi kemaksiatan. Istri tidak dianggap penting. Dosa demi dosa diperbuat di luar rumah dengan tanpa merasa takut kepada Allah. Ingat bahwa setiap dosa pasti ada kompensasinya. Jika tidak di dunia pasti di akhirat. Sungguh tidak sedikit rumah tangga yang hancur karena keberanian para suami berbuat dosa. Padahal dalam masalah pernikahan Nabi saw. bersabda: “Pernikahan adalah separuh agama, maka bertakwalah pada separuh yang tersisa.”

Kedua, Kasar

Dalam sebuah riwayat dikatakan bahwa wanita diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok. Ini menunjukkan bahwa tabiat wanita tidak sama dengan tabiat laki-laki. Karena itu Nabi saw. menjelaskan bahwa kalau wanita dipaksa untuk menjadi seperti laki-laki tulung rusuk itu akan patah. Dan patahnya berarti talaknya. Dari sini nampak bahwa kaum wanita mempunyai sifat ingin selalui dilindungi. Bukan diperlakukan secara kasar. Karena itu Allah memerintahkan para suami secara khusus agar menyikapi para istri dengan lemah lembut: Wa’aasyiruuhunna bil ma’ruuf (Dan sikapilah para istri itu dengan perlakuan yang baik) An Nisa: 19. Perhatikan ayat ini menggambarkan bahwa sikap seorang suami yang baik bukan yang bersikap kasar, melainkan yang lembut dan melindungi istri.

Banyak para suami yang menganggap istri sebagai sapi perahan. Ia dibantai dan disakiti seenaknya. Tanpa sedikitpun kenal belas kasihan. Mentang-mentang badannya lebih kuat lalu memukul istri seenaknya. Ingat bahwa istri juga manusia. Ciptaan Allah. Kepada binatang saja kita harus belas kasihan, apalagi kepada manusia. Nabi pernah menggambarkan seseorang yang masuk neraka karena menyikas seekor kucing, apa lagi menyiksa seorang manusia yang merdeka.

Ketiga, Sombong

Sombong adalah sifat setan. Allah melaknat Iblis adalah karena kesombongannya. Abaa wastakbara wakaana minal kaafiriin (Al Baqarah:34). Tidak ada seorang mahlukpun yang berhak sombong, karena kesombongan hanyalah hak priogatif Allah. Allah berfirman dalam hadits Qurdsi: “Kesombongan adalah selendangku, siapa yang menandingi aku, akan aku masukkan neraka.” Wanita adalah mahluk yang lembut. Kesombongan sangat bertentangan dengan kelembutan wanita. Karena itu para istri yang baik tidak suka mempunyai suami sombong.

Sayangnya dalam keseharian sering terjadi banyak suami merasa bisa segalanya. Sehingga ia tidak mau menganggap dan tidak mau mengingat jasa istri sama sekali. Bahkan ia tidak mau mendengarkan ucapan sang istri. Ingat bahwa sang anak lahir karena jasa kesebaran para istri. Sabar dalam mengandung selama sembilan bulan dan sabar dalam menyusui selama dua tahun. Sungguh banyak para istri yang menderita karena prilaku sombong seorang suami.

Keempat, Tertutup

Nabi saw. adalah contoh suami yang baik. Tidak ada dari sikap-sikapnya yang tidak diketahui istrinya. Nabi sangat terbuka kepada istri-istrinya. Bila hendak bepergian dengan salah seorang istrinya, nabi melakukan undian, agar tidak menimbulkan kecemburuan dari yang lain. Bila nabi ingin mendatangi salah seorang istrinya, ia izin terlebih dahulu kepada yang lain. Perhatikan betapa nabi sangat terbuka dalam menyikapi para istri. Tidak seorangpun dari mereka yang merasa didzalimi. Tidak ada seorang dari para istri yang merasa dikesampingkan.

Kini banyak kejadian para suami menutup-nutupi perbuatannya di luar rumah. Ia tidak mau berterus terang kepada istrinya. Bila ditanya selalu jawabannya ngambang. Entah ada rapat, atau pertemuan bisnis dan lain sebagainya. Padahal tidak demikian kejadiannya. Atau ia tidak mau berterus terang mengenai penghasilannya, atau tidak mau menjelaskan untuk apa saja pengeluaran uangnya. Sikap semacam ini sungguh sangat tidak disukai kaum wanita. Banyak para istri yang tersiksa karena sikap suami yang begitu tertutup ini.

Kelima, Plinplan

Setiap wanita sangat mendambakan seorang suami yang mempunyai pendirian. Bukan suami yang plinplan. Tetapi bukan diktator. Tegas dalam arti punya sikap dan alasan yang jelas dalam mengambil keputusan. Tetapi di saat yang sama ia bermusyawarah, lalu menentukan tindakan yang harus dilakukan dengan penuh keyakinan. Inilah salah satu makna qawwam dalam firman Allah: arrijaalu qawwamuun alan nisaa’ (An Nisa':34).

Keenam, Pembohong

Banyak kejadian para istri tersiksa karena sang suami suka berbohong. Tidak mau jujur atas perbuatannya. Ingat sepandai-pandai tupai melompat pasti akan jatuh ke tanah. Kebohongan adalah sikap yang paling Allah benci. Bahkan Nabi menganggap kebohongan adalah sikap orang-orang yang tidak beriman. Dalam sebuah hadits Nabi pernah ditanya: hal yakdzibul mukmin (apakah ada seorang mukmin berdusta?) Nabi menjawab: Laa (tidak). Ini menunjukkan bahwa berbuat bohong adalah sikap yang bertentangan dengan iman itu sendiri.

Sungguh tidak sedikit rumah tangga yang bubar karena kebohongan para suami. Ingat bahwa para istri tidak hanya butuh uang dan kemewahan dunia. Melainkan lenbih dari itu ia ingin dihargai. Kebohongan telah menghancurkan harga diri seorang istri. Karena banyak para istri yang siap dicerai karena tidak sanggup hidup dengan para sumai pembohong.

Ketujuh, Cengeng

Para istri ingin suami yang tegar, bukan suami yang cengeng. Benar Abu Bakar Ash Shiddiq adalah contoh suami yang selalu menangis. Tetapi ia menangis bukan karena cengeng melainkan karena sentuhan ayat-ayat Al Qur’an. Namun dalam sikap keseharian Abu Bakar jauh dari sikap cengeng. Abu Bakar sangat tegar dan penuh keberanian. Lihat sikapnya ketika menghadapi para pembangkang (murtaddin), Abu Bakar sangat tegar dan tidak sedikitpun gentar.

Suami yang cenging cendrung nampak di depan istri serba tidak meyakinkan. Para istri suka suami yang selalu gagah tetapi tidak sombong. Gagah dalam arti penuh semangat dan tidak kenal lelah. Lebih dari itu tabah dalam menghadapi berbagai cobaan hidup.

Kedelapan, Pengecut

Dalam sebuah doa, Nabi saw. minta perlindungan dari sikap pengecut (a’uudzubika minal jubn), mengapa? Sebab sikap pengecut banyak menghalangi sumber-sumber kebaikan. Banyak para istri yang tertahan keinginannya karena sikap pengecut suaminya. Banyak para istri yang tersiksa karena suaminya tidak berani menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Nabi saw. terkenal pemberani. Setiap ada pertempuran Nabi selalu dibarisan paling depan. Katika terdengar suara yang menakutkan di kota Madinah, Nabi saw. adalah yang pertama kaluar dan mendatangi suara tersebut.

Para istri sangat tidak suka suami pengecut. Mereka suka pada suami yang pemberani. Sebab tantangan hidup sangat menuntut keberanian. Tetapi bukan nekad, melainkan berani dengan penuh pertimbangan yang matang.

Kesembilan, Pemalas

Di antara doa Nabi saw. adalah minta perlindingan kepada Allah dari sikap malas: allahumma inni a’uudzubika minal ‘ajizi wal kasal , kata kasal artinya malas. Malas telah membuat seseorang tidak produktif. Banyak sumber-sumber rejeki yang tertutup karena kemalasan seorang suami. Malas sering kali membuat rumah tangga menjadi sempit dan terjepit. Para istri sangat tidak suka kepada seorang suami pemalas. Sebab keberadaanya di rumah bukan memecahkan masalah melainkan menambah permasalah. Seringkali sebuah rumah tangga diwarnai kericuhan karena malasnya seorang suami.

Kesepuluh, Cuek Pada Anak

Mendidik anak tidak saja tanggung jawab seorang istri melainkan lebih dari itu tanggung jawab seorang suami. Perhatikan surat Luqman, di sana kita menemukan pesan seorang ayah bernama Luqman, kepada anaknya. Ini menunjukkan bahwa seorang ayah harus menentukan kompas jalan hidup sang anak. Nabi saw. Adalah contoh seorang ayah sejati. Perhatiannya kepada sang cucu Hasan Husain adalah contoh nyata, betapa beliau sangat sayang kepada anaknya. Bahkan pernah berlama-lama dalam sujudnya, karena sang cucu sedang bermain-main di atas punggungnya.

Kini banyak kita saksikan seorang ayah sangat cuek pada anak. Ia beranggapan bahwa mengurus anak adalah pekerjaan istri. Sikap seperti inilah yang sangat tidak disukai para wanita.

Kesebelas, Menang Sendiri

Setiap manusia mempunyai perasaan ingin dihargai pendapatnya. Begitu juga seorang istri. Banyak para istri tersiksa karena sikap suami yang selalu merasa benar sendiri. Karena itu Umar bin Khaththab lebih bersikap diam ketika sang istri berbicara. Ini adalah contoh yang patut ditiru. Umar beranggapan bahwa adalah hak istri mengungkapkan uneg-unegnya sang suami. Sebab hanya kepada suamilah ia menemukan tempat mencurahkan isi hatinya. Karena itu seorang suami hendaklah selalu lapang dadanya. Tidak ada artinya merasa menang di depan istri. Karena itu sebaik-baik sikap adalah mengalah dan bersikap perhatian dengan penuh kebapakan. Sebab ketika sang istri ngomel ia sangat membutuhkan sikap kebapakan seorang suami. Ada pepetah mengatakan: jadilah air ketika salah satunya menjadi api.

Keduabelas, Jarang Komunikasi

Banyak para istri merasa kesepian ketika sang suami pergi atau di luar rumah. Sebaik-baik suami adalah yang selalu mengontak sang istri. Entah denga cara mengirim sms atau menelponnya. Ingat bahwa banyak masalah kecil menjadi besar hanya karena miskomunikasi. Karena itu sering berkomukasi adalah sangat menentukan dalam kebahagiaan rumah tangga.

Banyak para istri yang merasa jengkel karena tidak pernah dikontak oleh suaminya ketika di luar rumah. Sehingga ia merasa disepelekan atau tidak dibutuhkan. Para istri sangat suka kepada para suami yang selalu mengontak sekalipun hanya sekedar menanyakan apa kabarnya.

Ketigabelas, Tidak Rapi dan Tidak Harum

Para istri sangat suka ketika suaminya selalu berpenampilan rapi. Nabi adalah contoh suami yang selalu rapi dan harum. Karena itu para istrinya selalu suka dan bangga dengan Nabi. Ingat bahwa Allah Maha indah dan sangat menyukai keindahan. Maka kerapian bagian dari keimanan. Ketika seorang suami rapi istri bangga karena orang-orang pasti akan berkesan bahwa sang istri mengurusnya. Sebaliknya ketika sang suami tidak rapi dan tidak harum, orang-orang akan berkesan bahwa ia tidak diurus oleh istrinya. Karena itu bagi para istri kerapian dan kaharuman adalah cermin pribadi istri. Sungguh sangat tersinggung dan tersiksa seorang istri, ketika melihat suaminya sembarangan dalam penampilannya dan menyebarkan bahu yang tidak enak. Allahu a’lam

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (399 votes, average: 9,25 out of 10)
Loading...Loading...
DR. Amir Faishol Fath
Lahir di Madura,15 Februari 1967. Setelah tamat Pondok Pesantren Al Amien, belajar di International Islamic University Islamabad IIUI dari S1 sampai S3 jurusan Tafsir Al Qur’an. Pernah beberapa tahun menjadi dosen tafsir di IIUI. Juga pernah menjadi dosen pasca sarjana bidang tafsir Al Qur’an di Fatimah Jinah Women University Rawalpindi Pakistan. Akhir-akhir ini sekembalinya ke Indonesia, menjadi dosen sastra Arab di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatulah Jakarta. Lalu menjadi dosen Tafsir sampai sekarang di Sekolah Tinggi Al Hikmah Jakarta. Selebihnya beberapa kali di undang untuk mengisi Seminar, konfrensi dan ceramah di tengah komunitas muslim di beberapa kota besar Amerika Utara (Washington, New York, Houston, Los Angles, Chicago, Denver). Beberapa kajian tafisir rutin yang diasuh di perkantoran Jakarta antara laian di: Indosat, Conoco Philips, Elnusa, Indonesian Power, PLN Gambir. Agenda Kajian Tafsir Dzuhur:Senin (setiap pekan ) : Masjid Baitul Hikmah Elnusa Selasa 1 : Masjid Bank Syariah Manidiri Pusat Selasa 2&4: Masjid Indosat Pusat Selasa 3 : Masjid Hotel Sultan Rabu 1 : Masjid Indonesian Power Pusat Rabu 3 : Masjid PLN Gambir Kamis (setiap pekan) : Masjid Miftahul Jannah Ratu Prabu 2 (Conoco Philiphs)Agenda Pengajian Tafsir Dan Hadits lainnya:Sabtu 1&2 (Sesudah Subuh) : Masjid Az Zahra Gudang Peluru Ahad 2 (Sesudah Subuh) : Masjid An Nur (Perdatam) Senin ( Jam 14:30-20.00) :Sekolah Tinggi Al Hikmah Jakarta Selasa (Jam 14:00-15:30 : Majlis Ta’lim Amanah Dault (Kedian Menpora Adiaksa Dault, Belakang STEKPI, Kalibata). Rabu: 1&2 (Setelah Maghrib) : Masjid Az Zahra Gudang Peluru Kamis (Setiap Pekan, setelah Maghrib) : Masjid Bailtul Hakim, Diskum Kebon Nanas.

Lihat Juga

Pernikahan (ilustrasi). (depokpost.com)

Ketika Wanita Selingkuh

  • Joko

    Siipp, bagus. Sekaligus jadi penyeimbang tulisan sebelumnya. Mantab!

  • http://www.dakwatu.com Anita

    ass..bagus deh supaya laki2 jg tau apa yg tdk disukai oleh perempuan,pada intinya perum gak suka dikasari dan diremehi oleh laki2…mudah2an semua laki2 sadar deh setelah baca artikel ini….

  • http://www.google.com eko wahyono

    artikel anda begitu pas dan cocok dengan kenyataan, semua laki-laki harus membaca artikel ini, agar bisa menjadi pemimpin rumah tangga yang baik.

  • http://profiles.friendster.com/arcturuz triadi pramudita

    Laki-laki atau perembuan baik yang sudah menikah ataupun belum harus membaca artikel ini

  • adhi

    Trima kasih informasinya, walaupun kelihatannya tidak harus suami, tetapi istri, anak, pimpinan, anggota masyarakat, tetangga juga dituntut seperti itu agar jadi orang yang baik, yaitu taqwa kepada Allah, tidak kasar,tidak egois, sayang anak, rapi dst. Mudah-mudahan kita semua jadi lebih baik dan tidak harus 13 bisa 20, 30 gitu. Sekali lagi makasih.

  • http://www.qsquad.blogspot.com yudho

    Ana jadi malu, pantas saja istri ana membuktikan cintanya dengan selalu merapihkan baju dan ikat pinggang yang ana pakai. Memang para isteri harus sering dapat materi yang mendukung sikap perhatiannya yang baik pada kita para suami. Wah istri ana manggut2 sambil bilang "tuh betulkan…." berulang-ulang. Iya mi, abi ngaku salah.. ;)

  • anita

    ass…terkadang laki"merasa sukses dah cari penghasilan yg bisa menyambung kehidupan,eh seenaknya ngatur"dlm keuangan…aku mendukung banget artikel diatas…godluck

  • Pingback: 13 Sifat Laki-laki Yang Tidak Disukai Perempuan « Oregade()

  • http://www.hambo87blogspot.com ivan

    was.
    ahsan…
    mumtaz

  • Pingback: 13 Sifat Laki-laki Yang Tidak Disukai Perempuan « henk’s Weblog()

  • Pingback: 13 Sifat Laki-laki Yang Tidak Disukai Perempuan « Bergerak atau tergantikan!!()

  • http://www.sunanweb.com Dadang Sunandar

    SubhanALLAH, artikel yg sngt menyentuh..

  • niza

    assalamualaikum ……….. hmmmmmmmm, MANTAB……..:)

  • CR 7

    subhanallah,, artikel yang spektakuler…. mengena banget..

  • http://gedehace.blogspot.com Gede H. Cahyana

    Tulisan di atas selayaknya dibaca oleh semua lelaki, terutama yang sudah dan sedang menikah. Pak.., apakah angka 13 itu sekadar diambil begitu saja ataukah memang dalam al Qur'an atau hadits jumlahnya bisa disaripatikan menjadi 13? Sebab, 13 hanyalah angka dan bukan dikaitkan dengan celaka 13 atau nomor petaka yang memang syirik.

    Thank's.
    Wass.
    Gede. http://gedehace.blogspot.com

  • arissuryana

    assalamualaikum…
    makasih pak ustadz, artikelnya bagud bangetz!

  • mujahid

    ok…..

    selamat berbenah semuanya…

  • wati

    syukron ya ustadz….

    ternyata masih ada ustadz yang "membela" kaum perempuan.

    kita memang harus adil pada semua makhluk Allah SWT.

  • alfaruq

    saya usul, di dakwatuna di up load kajian kajian mp3 dari ustadz-ustadz pengampu da'wah. sehingga bisa kami nikmati da'wah bil lisannya. jazaakumullah

  • hidtaz

    Subhanallah, hatur nuhun insya Allah manfaat. saya sangat setuju dengan apa yang ditulis oleh ustadz. semoga dengan tulisan2 seperti ini bisa menjadikan keluarga yang akan saya bentuk menjadi syurga dunia bagi saya dan keluarga. Syukran jazakallah

  • fatimah zahra

    Artikel yang sangat bagus…. mumtaz deh…. Syukron kepada ustadz yang sudah memberikan " pencerahan " kepada kaum laki-laki.

  • http://friendster.com/bintangkesiangan bintangkesiangan

    bah
    mampus ane
    urutan mule dari bawah tu ane banget tuh
    wa pantesan pade menjauh smue bidadari dunie dari ane
    busyet dach

  • rey

    trimakasih dan hal ini bisa jadi pelajeran bagi sy dan qta semua

  • achmadjavan

    oce bgt'seharusnya diluaskan ke publik,melalui media cetak ato media lain.para lelaki kudu musti harus sering2 inget kyak gini..afwan

  • mdz. salam

    Subhanallah. Sebagai suami sering terlupa seolah olah sudah berusaha yang terbaik bagi istri dan anak, afwan. alhmadulillah diingatkan. sukron

  • http://yahoo firmansyah

    Artikel ini sangat ok, tapi perlu diketahui juga skrg para istri juga terkadang perbuatannya sama dgn suami. Mrk jg bs selingkuh, tdk berlaku baik dgn suami dll. Hrs diakui memang suami lbh byk bgt tp istri ( kaum perumpuan ) juga hrs instropeksi. Semoga kt smua tdk terpedaya dgn kenikmatan dunia yg hanya sbentar ini!…

  • http://www.friendster.com/mkymuze Teja Anugrahedi

    Assalamualaikum, khoirunnas anfa'uhum linnas, sebaik-baik manusia adalah orang yang bermanfaat bagi sesama, so terlebih suami ke istri atau pun sebaliknya… terima kasih keep hamaasah wassalamualikum

  • http://Nthie.wodpress.com yanthie

    Assalamualaikum
    terkadang suami bertingkah egois sehingga tanpa sadar sikapnya melukai istri,..tulisan ini seharusnya dibaca oleh para suami

  • jenni

    Assalamualaikum, tulisan ini sdh sy kirim k email suami sy, smg dia mengerti, tp sy jg berusaha u/ menjauhi 13 sifat pr yg g dsuka lk2, shg terbtk kel sakinah. Amin

  • Kunaifi Ahdi

    Allahuakbar…. cocok tulisan tersebut diatas untuk di baca bagi para suami / calon suami, yaang akhir2 ini sering kita dengar lewat media… sungguh bringas dan sadisnya mempelakukan istrinya. marilah kita kaum adam sama2 kembali pada tuntunan yang telah diajarkan rosul bagai mana kita bersikap terhadap istri kita sendisi.

  • hadi

    assalamu'alaikum,
    oh ternyata begitu yach…..
    pantas aja isteri ana sering komplain kalau ana habis mandi tetapi wanginya sabun tidak tercium dia…. dan apa dia bilang …. abi jorok.

    syukron bgt atas semuanya.

  • ali sadikin

    mantap,, gw dukung banget,,, jadi laki tu mang harus seperti itu,,,

  • Pingback: kikuci_page » Blog Archive » 13 Sifat Laki-laki Yang Tidak Disukai Perempuan()

  • andi jaenuri

    insya allah artikelnya sip banget, mudah2an jadi barometer para suami untuk bisa membahagiakan bidadarinya. jazakillah atas artikelnya

  • m.zuhdi ridhwan

    wah aku jadi merasa banyak hal yang harus kubenahi sebagai seorang suami

  • m sasongko

    semoga pa ustad senantiasa diberi ketulusan untuk menyirami semua hati yang tengah dilanda kegersangan. semoga pa ustad selalu diberi keleluasan berfikir untuk menjatuhkan seluruh pemikiran cemerlangnya guna menghiasi hati yang dirundung kebingungan menatap hidup

  • http://www.google.com parlon

    bagus,siiiiippppp,mantep.

  • joko poe

    assalamu'alaikum wr.wb

    maaf kakak2 kusemuanya koq dakwatuna klo dilihat pake hp koq gak bisa yach! tolong bantuannya doch solusinya

    syukron jazakallah

  • sudarto

    Oke saya siap membuktikannya…
    Bisa… Bisa…. Bisa….
    insya Alloh… OK

  • sukocomulyo

    ada satu lagi yaitu : peeeeeliiiiit banget mbah, alias gak gableg duwit, yo emoh no wong wedok saiiki senenge moto duwiten.

  • aini ummu alif

    Astaghfirullah…betapa banyak dari kita yang terlalu banyak menuntut lebih dari pasangan kita, sementara kita sendiri tidak mau bersabar dalam memperbaiki diri. padahal janji Allah pasti benar bahwa yang baik dapat yang baik dan sebaliknya… So, ayo kita berlomba- lomba dengan pasangan kita to saling memperbaiki diri, saling menasihati dalam kebenaran dan kesabaran…ayo NGAJI !!!bismillah…

  • Almira Inaya

    semoga kaum lelaki dapat mengambil hikmah dari tulisan tersebut…Amin…

    setiap orang pasti mengharapkan seseorang yang ideal yang akan menjadi pasangan hidupnya. begitu juga wanita…

    karena wanita sangat menginginkan sosok pria ideal yang mampu memimpin dan membina rumah tangga dengan penuh tanggung jawab…

    suami adalah tempat bersandar saat perjalanan semakin berat…

    suami yang mengangkat kita saat kita terjatuh…

    suami yang menghapus air mata di pipi kita saat kita menangis…

    tapi suami pula yang memberikan batasan agar kita pun tidak bersikap berlebihan…

    saya sebagai wanita, berharap untuk mendapatkan pria yang ideal…

    namun jika memang saya tidak mampu mendapatkan lebih,…

    saya berharap saya mendapatkan pasangan yang tegas namun lembut…yang selalu memberikan kekuatan untuk menjalani hari-hari yang semakin berat…yang tidak menang sendiri…yang selalu menghargai saya dan selalu jujur walau apa pun yang terjadi…

    Insya Allah…

    Amin…

    namun saya pun harus terus menjadi orang yang lebih baik lagi…

    karena seorang wanita yang baik hanya untuk seorang pria yang baik pula…

    benar begitu, Ustad?

    terima kasih, atas artikelnya…

    banyak memberikan pelajaran bagi saya…

  • anel

    sekarang giliran sifat wanita yang tidak disukai laki-laki, makasihya

  • vi2

    q tidak suka ada orang nulis asalamu’alaikum “ASS”…..SOALnya artix bkn asalamu’alaikum ….ngerti para muslim?

  • http://dontoworld.blogspot.com donto

    mudah2an hal ini bisa dipahami oleh kaum lelaki…

  • http://yshoo arie

    tankz bnget…
    infrmasi yang amat penting buat aku,coz aq sring ditolak awewe.
    xexexe..
    mkce.. sangat membantu

  • http://Ok Ofafan

    Wanita trbwt dr tlang rusuk bengkok,,,mestixa hrs d lndngi,,key tol gak..!!

  • http://senandunghidup.blogspot.com/ tethe

    nice blog……..
    terima kasih…
    senang bs berkenalan

  • isal

    syukron yh tz infonya,,
    skrng giliran sfat wanita yg tdk disukai pria tlng y,,,!!!

  • UMIAZZAMI

    sebagai tambahan, penting saling berkomunikasi untuk menyempurnakan apa yang kurang dari pasangan..tidak ada pribadi yang sempurna tapi yakinlah setiap jiwa ingin menjadi lebih baik..sampaikan/diskusikan apa yang mesti kita benahi insyaAllah jika ada keinginan pasti ada jalan

  • sautparl

    dalam konsep mental, laki-laki semacam itu termasuk dalam kategori sakit. sakit itu harus diperbaiki. menang sendiri, sombong, adalah bentuk dari kebutuhan akan kesempurnaan dan taktercela. kebutuhan ini tidak realistis. karena semua orang pada dasarnya sudah sempurna. mengapa seperti itu, karena begitulah adanya manusia dicipta. sementara orang yang sakit tidak melihat dirinya sempurna dan sehingga butuh kesempurnaan. tapi, its ok. semua bisa disembuhkan.

  • Sari

    Ada lg pak : yaitu laki-laki yang bodoh shg kalau ngomomong gak nyambung, atau malah gak ngerti ttg masalah hidup dan malah menghancurkan keluarganya

  • http://universitaswiralodraindramayu.blogspot.com Ayif Sumantri Hidayat

    belum pernah menikah…tolong bimbingan nya

  • Khilda

    Hal” dari laki” yang tidak di sukai oleh wanita yang tertera di atas sudah benar, namun masih banyak lagi yang masih belum tertera .
    Misalnya seperti bodoh, kekanak-kanakkan,tidak mandiri, dll .

  • Jawoto

    Ass. Terimakasih Ustadz Amir Yth, minta tolong materi dakwah berikutnya “SIFAT WANITA YANG TIDAK DISUKAI LAKI-LAKI”, ditunggu ya Pak Amir……semoga jadi amal buat Bapak, amien.

  • Jawoto

    Ass. Makasih Pak Amir, yang akan datang mohon disampaikan “SIFAT PEREMPUAN YANG TIDAK DISUKAI LAKI-LAKI”, semoga jadi amal buat panjenengan, amien. Ditunggu ya Ustadz……

  • http://www.yoga18green.wordpress.com yoga

    assalau’alaikum..

    wah penting tu semua, buat introspeksi para kaum adm.. ^^,

    oya pak, minta izin ya buat menggunakan tulisan bapak diatas ke dalam web saya,,
    semoga menjadi jalan dakwah yang luas dan berguna bagi semua insan.. amin
    syuqron..
    wassalam

  • yathie setiawan

    terima kasih pak.memang sebaiknya para suami harus lebih banyak belajar tentang manajemen hati agar sifat-sifat nya yang mungkin tidak mereka sadari telah menyakiti istri menjadi berubah lebih baik.sehingga kehidupan rt yang harmonis bisa tercipta dengan adanya komunikasi verbal dan non verbal

  • wiwit

    Ada yg kurang…
    Gak boleh ngorok kalo tidur…
    ribut taaaaaaaaaaaauuuuuuuuuuu…………..

  • agues

    ya semua tergantung dari orangnya .bgaiman tingkat kepahaman seseorang.baik agama maupun aklaknya dan keimananya,dan perlu menkaji lebih dalam AL QURAN AL HADIST,supaya dapt mengerti betul hukum 2 allohdan sunah2 rosul.dan prakteknya yang lebih utama.wslkm

  • ade akhyar sirait

    assalamulaikum ust! mohon juga diberitahukan sifat sifat wanita yang tidak disukai laki-laki
    ditunggu ust

  • devi

    laki2 ska tdur stiap ktmu/malas2an

  • misran suwardi

    penuh ilmu bnget. jazakallah. di tnggu lg tulisan ny

  • Supri

    Assalamu’alaikum tadz. Ijin share nggih.

  • Devi

    Tad,suami saya berpacaran dg wanita lain. Suami sy melanggar apa yg dy yakini selama ini. Sy hrs bgmn tad?

    • adi

      tinggalkan

  • risma malang

    ustadz sangat bagus materinya, spy ga ada kecemburuan para suami bgm kl ada jg materi tentang sifat2 wnta yg tdk disukai laki2..maturnuwun

  • oswald

    dan…. wanita adalah penghuni surga…??

  • ana

    bgm cara mengetahui bila kita ndak kenal dia sebelumnya?????

  • gofur

    Assalamu’alaikum Ustad…..kirimin juga dong..cara mendidik anak yg baik..trm’s

  • santy

    kalau hampir semua tanda2 tersebut ada pd suami saya , bagaimana saya harus bersikap ustadz..tolong berikan jawabannya ustaz..

  • wan

    ustadz kyknya.. Judulnya harus diganti dengan “13 sifat yang tidak disukai oleh banyak orang” ^_^
    piss ustadz..

  • http://www.dakwatuna.com musa

    muantahaabh buanget..

    • emil

      muantahaahb buanget…………..

  • Adri Adrian

    wah kudu banyak2 perbaikan nih ^_^ hehehe…btw ane masuk yg mane ya….?

  • rabbanis

    uztad,bagaimana kalau dari hmpir smua diatas dimiliki suami,.bahkan ada sifat buruk tambahan lainnya yg baru diketahui steleh menikah yaitu suka begadang hingga pagi hanya untuk main kartu dan ngobrol di gardu,yg tidakpun karena sudah di upayakan tuk berubah,,..juga beberapa sifat buruk lainnya sudah dimotifasi spy berubah, namun seperti sudah mengakar,..tdnya sy maklumi, namun skarang saya seperti terbuka pikiran tuk melakukan gugatan karena beliau terjerumus perdagangan barang antik yg bertuah, yg saya nilai sbg syirik,…salahkah saya?sudah sy upayakan minta bantuan mertua tuk menegaskan bhw hal ini haram, sia2 dll, tp gak hasil, malah skarang diam2 dibelakang lebih parah mengembangkannya mel.FB, dan blog., bodoh atau gila sy jg bingung..sy sudah gak kuat ustadz, bagaimana cara mengajukan cerai mnrt islam?

  • rabbanis

    uztad,bagaimana kalau dari hmpir smua diatas dimiliki suami,.bahkan ada sifat buruk tambahan lainnya yg baru diketahui steleh menikah yaitu suka begadang hingga pagi hanya untuk main kartu dan ngobrol di gardu,yg tidakpun karena sudah di upayakan tuk berubah,,..juga beberapa sifat buruk lainnya sudah dimotifasi spy berubah, namun seperti sudah mengakar,..tdnya sy maklumi, namun skarang saya seperti terbuka pikiran tuk melakukan gugatan karena beliau terjerumus perdagangan barang antik yg bertuah, yg saya nilai sbg syirik,…salahkah saya?sudah sy upayakan minta bantuan mertua tuk menegaskan bhw hal ini haram, sia2 dll, tp gak hasil, malah skarang diam2 dibelakang lebih parah mengembangkannya mel.FB, dan blog., bodoh atau gila sy jg bingung..sy sudah gak kuat ustadz, bagaimana cara mengajukan cerai mnrt islam?

    • Ahmed Rusadi

      Kalau mba sendiri tidak berhasil menasihatinya, jangan buru2 cerai, minta tolong dulu kepada orang yang mungkin lebih didengarnya untuk mensihatinya, silakan mba mengunjungi orang tuanya atau ulama setempat lalu meminta tolong kepada beliau untuk meluruskan suami mba seraya minta perlindungan, karena tidak jarang suami marah karena istrinya bercerita tanpa seizinnya. lihat hasinya apakah membaik, jika sampai tahap ini masih tidak berhasil, munkin cerai adalah cara terbaik dan caranya ya tinggal menghubungi pengadilan agama untuk gugatan cerai

      • herawatini

        Yang utama , minta tolonglah pada Allah….dijamin aman.

  • Anonymous

    namanya juga manusia, kadang kala ego menjadi garda terdepan.. semoga kita bisa menjadi lebih sabar ……. salam ukhuwah

  • Husni Hasbullah

    Yng ke 12, menurut pengamatan saya, kebanyakan wanita setelah menikah tidak memperhatikan penampilannya didepan suaminya,di rumah sering pakai daster kumal,bau,malas mandi,sedangkan suaminya pergi kerja selalu berpakaian rapi dan harum,nah ini dia terkadang tidak diperhatikan kaum wanita kenapa suaminya selingkuh?,yah karena suaminya sering melihat cewek2 yg berpenampilan rapi,wangi dan segar.Semuanya kembali pada pribadi masing2

    • herawatini

      suami juga jangan egois, istri itu kalo di rumah berpakaian terlalu rapih sukar bekerja,kurang gesit,ya mungkin ganti aja ya dasternya dengan baju seksi,tapi ini juga mengganggu,krn suami jadi tergoda…..yg pasti mah toleransi aja jangan egois,semua juga ada kekurangan dan kelebihan.

  • Danu_susanto89

    masih kurang satu klo saya boleh ber pesan

    yg ke 14 belas miskin(tak punya)
    tp itu tergantung pada si wanitanya kok.
    kan smua ini yg ada didunia ini hanya miliknya milik allah swt

  • Masteham

    mumpung masih single, waktunya persiapan ^_^

  • Andika

    mantappp,, so perbaiki kekurangan dan beramal dengan kelebihan

  • http://twitter.com/AzamDeMotivator Muhammad Azam

    Tolong, jangan hanya keburukan kaum pria saja yang dibahas, keburukan2 wanita juga!

    • Ahmed Rusadi

      ahaha, pasti tersingggung ya karna kena sama kelakuannya

  • hanif

    Alhamdulillah mendapat pencerahan dapat menjadi bekal bahagia hidup berumah tangga..

  • zakiorangtasik

    JAdi begitu… makasih kang

  • Fitra Rach

    Makasih, buat introspeksi diri sendiri

  • Gunawan Wijaya

    yang jadi pertanyaan…apa tidak mungkin sifat2 ini semua ada pada seorang wanita?? ada baiknya di sertakan tentang dalil atau ketentuan yang telah di sebutkan dalam Al-Quran dan Hadist sehingga ada dasarnya.

  • Harsini Ajah

    Semoga saja wanita ya di beri kekuatan lahir batin karna sikap suami seperti itu .

  • kaji ote-ote

    tidak bisa seperti itu tadz….seharusnya judulnya adalah, “menjaga keharmonisan keluarga” karena sifat-sifat tersebut sedikit banyak juga ada yang dimiliki oleh istri….