Home / Narasi Islam / Wanita / 13 Hal Yang Disukai Pria Dari Wanita

13 Hal Yang Disukai Pria Dari Wanita

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

Cinta adalah fitrah manusia. Cinta juga salah satu bentuk kesempurnaan penciptaan yang Allah berikan kepada manusia. Allah menghiasi hati manusia dengan perasaan cinta pada banyak hal. Salah satunya cinta seorang lelaki kepada seorang wanita, demikian juga sebaliknya.

Rasa cinta bisa menjadi anugerah jika luapkan sesuai dengan bingkai nilai-nilai ilahiyah. Namun, perasaan cinta dapat membawa manusia ke jurang kenistaan bila diumbar demi kesenangan semata dan dikendalikan nafsu liar.

Islam sebagai syariat yang sempurna, memberi koridor bagi penyaluran fitrah ini. Apalagi cinta yang kuat adalah salah satu energi yang bisa melanggengkan hubungan seorang pria dan wanita dalam mengarungi kehidupan rumah tangga. Karena itu, seorang pria shalih tidak asal dapat dalam memilih wanita untuk dijadikan pendamping hidupnya.

Ada banyak faktor yang bisa menjadi sebab munculnya rasa cinta seorang pria kepada wanita untuk diperistri. Setidak-tidaknya seperti di bawah ini.

1. Karena akidahnya yang Shahih

Keluarga adalah salah satu benteng akidah. Sebagai benteng akidah, keluarga harus benar-benar kokoh dan tidak bisa ditembus. Jika rapuh, maka rusaklah segala-galanya dan seluruh anggota keluarga tidak mungkin selamat dunia-akhirat. Dan faktor penting yang bisa membantu seorang lelaki menjaga kekokohan benteng rumah tangganya adalah istri shalihah yang berakidah shahih serta paham betul akan peran dan fungsinya sebagai madrasah bagi calon pemimpin umat generasi mendatang.

Allah menekankah hal ini dalam firmanNya, “Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.” (Al-Baqarah: 221)

2. Karena paham agama dan mengamalkannya

Ada banyak hal yang membuat seorang lelaki mencintai wanita. Ada yang karena kemolekannya semata. Ada juga karena status sosialnya. Tidak sedikit lelaki menikahi wanita karena wanita itu kaya. Tapi, kata Rasulullah yang beruntung adalah lelaki yang mendapatkan wanita yang faqih dalam urusan agamanya. Itulah wanita dambaan yang lelaki shalih.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw. bersabda, “Wanita dinikahi karena empat perkara: karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan agamanya. Maka, ambillah wanita yang memiliki agama (wanita shalihah), kamu akan beruntung.” (Bukhari dan Muslim)

Rasulullah saw. juga menegaskan, “Dunia adalah perhiasan, dan perhiasan dunia yang paling baik adalah wanita yang shalihah.” (Muslim, Ibnu Majah, dan Nasa’i).

Jadi, hanya lelaki yang tidak berakal yang tidak mencintai wanita shalihah.

3. Dari keturunan yang baik

Rasulullah saw. mewanti-wanti kaum lelaki yang shalih untuk tidak asal menikahi wanita. “Jauhilah rumput hijau sampah!” Mereka bertanya, “Apakah rumput hijau sampah itu, ya Rasulullah?” Nabi menjawab, “Wanita yang baik tetapi tinggal di tempat yang buruk.” (Daruquthni, Askari, dan Ibnu ‘Adi)

Karena itu Rasulullah saw. memberi tuntunan kepada kaum lelaki yang beriman untuk selektif dalam mencari istri. Bukan saja harus mencari wanita yang tinggal di tempat yang baik, tapi juga yang punya paman dan saudara-saudara yang baik kualitasnya. “Pilihlah yang terbaik untuk nutfah-nutfah kalian, dan nikahilah orang-orang yang sepadan (wanita-wanita) dan nikahilah (wanita-wanitamu) kepada mereka (laki-laki yang sepadan),” kata Rasulullah. (Ibnu Majah, Daruquthni, Hakim, dan Baihaqi).

“Carilah tempat-tempat yang cukup baik untuk benih kamu, karena seorang lelaki itu mungkin menyerupai paman-pamannya,” begitu perintah Rasulullah saw. lagi. “Nikahilah di dalam “kamar” yang shalih, karena perangai orang tua (keturunan) itu menurun kepada anak.” (Ibnu ‘Adi)

Karena itu, Utsman bin Abi Al-‘Ash Ats-Tsaqafi menasihati anak-anaknya agar memilih benih yang baik dan menghindari keturunan yang jelek. “Wahai anakku, orang menikah itu laksana orang menanam. Karena itu hendaklah seseorang melihat dulu tempat penanamannya. Keturunan yang jelek itu jarang sekali melahirkan (anak), maka pilihlah yang baik meskipun agak lama.”

4. Masih gadis

Siapapun tahu, gadis yang belum pernah dinikahi masih punya sifat-sifat alami seorang wanita. Penuh rasa malu, manis dalam berbahasa dan bertutur, manja, takut berbuat khianat, dan tidak pernah ada ikatan perasaan dalam hatinya. Cinta dari seorang gadis lebih murni karena tidak pernah dibagi dengan orang lain, kecuali suaminya.

Karena itu, Rasulullah saw. menganjurkan menikah dengan gadis. “Hendaklah kalian menikah dengan gadis, karena mereka lebih manis tutur katanya, lebih mudah mempunyai keturunan, lebih sedikit kamarnya dan lebih mudah menerima yang sedikit,” begitu sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Baihaqi.

Tentang hal ini A’isyah pernah menanyakan langsung ke Rasulullah saw. “Ya Rasulullah, bagaimana pendapatmu jika engkau turun di sebuah lembah lalu pada lembah itu ada pohon yang belum pernah digembalai, dan ada pula pohon yang sudah pernah digembalai; di manakah engkau akan menggembalakan untamu?” Nabi menjawab, “Pada yang belum pernah digembalai.” Lalu A’isyah berkata, “Itulah aku.”

Menikahi gadis perawan akan melahirkan cinta yang kuat dan mengukuhkan pertahanan dan kesucian. Namun, dalam kondisi tertentu menikahi janda kadang lebih baik daripada menikahi seorang gadis. Ini terjadi pada kasus seorang sahabat bernama Jabir.

Rasulullah saw. sepulang dari Perang Dzat al-Riqa bertanya Jabir, “Ya Jabir, apakah engkau sudah menikah?” Jabir menjawab, “Sudah, ya Rasulullah.” Beliau bertanya, “Janda atau perawan?” Jabir menjawab, “Janda.” Beliau bersabda, “Kenapa tidak gadis yang engkau dapat saling mesra bersamanya?” Jabir menjawab, “Ya Rasulullah, sesungguhnya ayahku telah gugur di medan Uhud dan meninggalkan tujuh anak perempuan. Karena itu aku menikahi wanita yang dapat mengurus mereka.” Nabi bersabda, “Engkau benar, insya Allah.”

5. Sehat jasmani dan penyayang

Sahabat Ma’qal bin Yasar berkata, “Seorang lelaki datang menghadap Nabi saw. seraya berkata, “Sesungguhnya aku mendapati seorang wanita yang baik dan cantik, namun ia tidak bisa melahirkan. Apa sebaiknya aku menikahinya?” Beliau menjawab, “Jangan.” Selanjutnya ia pun menghadap Nabi saw. untuk kedua kalinya, dan ternyata Nabi saw. tetap mencegahnya. Kemudian ia pun datang untuk ketiga kalinya, lalu Nabi saw. bersabda, “Nikahilah wanita yang banyak anak, karena sesungguhnya aku akan membanggakan banyaknya jumlah kalian di hadapan umat-umat lain.” (Abu Dawud dan Nasa’i).

Karena itu, Rasulullah menegaskan, “Nikahilah wanita-wanita yang subur dan penyayang. Karena sesungguhnya aku bangga dengan banyaknya kalian dari umat lain.” (Abu Daud dan An-Nasa’i)

6. Berakhlak mulia

Abu Hasan Al-Mawardi dalam Kitab Nasihat Al-Muluk mengutip perkataan Umar bin Khattab tentang memilih istri baik merupakan hak anak atas ayahnya, “Hak seorang anak yang pertama-tama adalah mendapatkan seorang ibu yang sesuai dengan pilihannya, memilih wanita yang akan melahirkannya. Yaitu seorang wanita yang mempunyai kecantikan, mulia, beragama, menjaga kesuciannya, pandai mengatur urusan rumah tangga, berakhlak mulia, mempunyai mentalitas yang baik dan sempurna serta mematuhi suaminya dalam segala keadaan.”

7. Lemah-lembut

Imam Ahmad meriwayatkan hadits dari A’isyah r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Wahai A’isyah, bersikap lemah lembutlah, karena sesungguhnya Allah itu jika menghendaki kebaikan kepada sebuah keluarga, maka Allah menunjukkan mereka kepada sifat lembah lembut ini.” Dalam riwayat lain disebutkan, “Jika Allah menghendaki suatu kebaikan pada sebuah keluarga, maka Allah memasukkan sifat lemah lembut ke dalam diri mereka.”

8. Menyejukkan pandangan

Rasulullah saw. bersabda, “Tidakkah mau aku kabarkan kepada kalian tentang sesuatu yang paling baik dari seorang wanita? (Yaitu) wanita shalihah adalah wanita yang jika dilihat oleh suaminya menyenangkan, jika diperintah ia mentaatinya, dan jika suaminya meninggalkannya ia menjaga diri dan harta suaminya.” (Abu daud dan An-Nasa’i)

“Sesungguhnya sebaik-baik wanitamu adalah yang beranak, besar cintanya, pemegang rahasia, berjiwa tegar terhadap keluarganya, patuh terhadap suaminya, pesolek bagi suaminya, menjaga diri terhadap lelaki lain, taat kepada ucapan dan perintah suaminya dan bila berdua dengan suami dia pasrahkan dirinya kepada kehendak suaminya serta tidak berlaku seolah seperti lelaki terhadap suaminya,” begitu kata Rasulullah saw. lagi.

Maka tak heran jika Asma’ binti Kharijah mewasiatkan beberapa hal kepada putrinya yang hendak menikah. “Engkau akan keluar dari kehidupan yang di dalamnya tidak terdapat keturunan. Engkau akan pergi ke tempat tidur, di mana kami tidak mengenalinya dan teman yang belum tentu menyayangimu. Jadilah kamu seperti bumi bagi suamimu, maka ia laksana langit. Jadilah kamu seperti tanah yang datar baginya, maka ia akan menjadi penyangga bagimu. Jadilah kamu di hadapannya seperti budah perempuan, maka ia akan menjadi seorang hamba bagimu. Janganlah kamu menutupi diri darinya, akibatnya ia bisa melemparmu. Jangan pula kamu menjauhinya yang bisa mengakibatkan ia melupakanmu. Jika ia mendekat kepadamu, maka kamu harus lebih mengakrabinya. Jika ia menjauh, maka hendaklah kamu menjauh darinya. Janganlah kami menilainya kecuali dalam hal-hal yang baik saja. Dan janganlah kamu mendengarkannya kecuali kamu menyimak dengan baik dan jangan kamu melihatnya kecuali dengan pandangan yang menyejukan.”

9. Realistis dalam menuntut hak dan melaksanakan kewajiban

Salah satu sifat terpuji seorang wanita yang patut dicintai seorang lelaki shalih adalah qana’ah. Bukan saja qana’ah atas segala ketentuan yang Allah tetapkan dalam Al-Qur’an, tetapi juga qana’ah dalam menerima pemberian suami. “Sebaik-baik istri adalah apabila diberi, dia bersyukur; dan bila tak diberi, dia bersabar. Engkau senang bisa memandangnya dan dia taat bila engkau menyuruhnya.” Karena itu tak heran jika acapkali melepas suaminya di depan pintu untuk pergi mencari rezeki, mereka berkata, “Jangan engkau mencari nafkah dari barang yang haram, karena kami masih sanggup menahan lapar, tapi kami tidak sanggup menahan panasnya api jahanam.”

Kata Rasulullah, “Istri yang paling berkah adalah yang paling sedikit biayanya.” (Ahmad, Al-Hakim, dan Baihaqi dari A’isyah r.a.)

Tapi, “Para wanita mempunyai hak sebagaimana mereka mempunyai kewajiban menurut kepantasan dan kewajaran,” begitu firman Allah swt. di surah Al-Baqarah ayat 228. Pelayanan yang diberikan seorang istri sebanding dengan jaminan dan nafkah yang diberikan suaminya. Ini perintah Allah kepada para suami, “Berilah tempat tinggal bagi perempuan-perempuan seperti yang kau tempati. Jangan kamu sakiti mereka dengan maksud menekan.” (At-Thalaq: 6)

10. Menolong suami dan mendorong keluarga untuk bertakwa

Istri yang shalihah adalah harta simpanan yang sesungguhnya yang bisa kita jadikan tabungan di dunia dan akhirat. Iman Tirmidzi meriwayatkan bahwa sahabat Tsauban mengatakan, “Ketika turun ayat ‘walladzina yaknizuna… (orang yang menyimpan emas dan perak serta tidak menafkahkannya di jalan Allah), kami sedang bersama Rasulullah saw. dalam suatu perjalanan. Lalu, sebagian dari sahabat berkata, “Ayat ini turun mengenai emas dan perak. Andaikan kami tahu ada harta yang lebih baik, tentu akan kami ambil”. Rasulullah saw. kemudian bersabda, “Yang lebih utama lagi adalah lidah yang berdzikir, hati yang bersyukur, dan istri shalihah yang akan membantu seorang mukmin untuk memelihara keimanannya.”

11. Mengerti kelebihan dan kekurangan suaminya

Nailah binti Al-Fafishah Al-Kalbiyah adalah seorang gadis muda yang dinikahkan keluarganya dengan Utsman bin Affan yang berusia sekitar 80 tahun. Ketika itu Utsman bertanya, “Apakah kamu senang dengan ketuaanku ini?” “Saya adalah wanita yang menyukai lelaki dengan ketuaannya,” jawab Nailah. “Tapi ketuaanku ini terlalu renta.” Nailah menjawab, “Engkau telah habiskan masa mudamu bersama Rasulullah saw. dan itu lebih aku sukai dari segala-galanya.”

12. Pandai bersyukur kepada suami

Rasulullah saw. bersabda, “Allah tidak akan melihat kepada seorang istri yang tidak bersyukur (berterima kasih) kepada suaminya, sedang ia sangat membutuhkannya.” (An-Nasa’i).

13. Cerdas dan bijak dalam menyampaikan pendapat

Siapa yang tidak suka dengan wanita bijak seperti Ummu Salamah? Setelah Perjanjian Hudhaibiyah ditandatangani, Rasulullah saw. memerintahkan para sahabat untuk bertahallul, menyembelih kambing, dan bercukur, lalu menyiapkan onta untuk kembali pulang ke Madinah. Tetapi, para sabahat tidak merespon perintah itu karena kecewa dengan isi perjanjian yang sepertinya merugikan pihak kaum muslimin.

Rasulullah saw. menemui Ummu Salamah dan berkata, “Orang Islam telah rusak, wahai Ummu Salamah. Aku memerintahkan mereka, tetapi mereka tidak mau mengikuti.”

Dengan kecerdasan dalam menganalisis kejadian, Ummu Salamah mengungkapkan pendapatnya dengan fasih dan bijak, “Ya Rasulullah, di hadapan mereka Rasul merupakan contoh dan teladan yang baik. Keluarlah Rasul, temui mereka, sembelihlah kambing, dan bercukurlah. Aku tidak ragu bahwa mereka akan mengikuti Rasul dan meniru apa yang Rasul kerjakan.”

Subhanallah, Ummu Salamah benar. Rasulullah keluar, bercukur, menyembelih kambing, dan melepas baju ihram. Para sahabat meniru apa yang Rasulullah kerjakan. Inilah berkah dari wanita cerdas lagi bijak dalam menyampaikan pendapat. Wanita seperti inilah yang patut mendapat cinta dari seorang lelaki yang shalih.

Redaktur:

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (547 votes, average: 9,40 out of 10)
Loading...Loading...
Mochamad Bugi
Mochamad Bugi lahir di Jakarta, 15 Mei 1970. Setelah lulus dari SMA Negeri 8 Jakarta, ia pernah mengecap pendidikan di Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Jakarta, di Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Indonesia, dan Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Dirosah Islamiyah Al-Hikmah. Sempat belajar bahasa Arab selama musim panas di Universitas Ummul Qura', Mekkah, Arab Saudi.Bapak empat orang anak ini pernah menjadi redaktur Majalah Wanita UMMI sebelum menjadi jabat sebagai Pemimpin Redaksi Majalah Politik dan Dakwah SAKSI. Ia juga ikut membidani penerbitan Tabloid Depok Post, Pasarmuslim Free Magazine, Buletin Nida'ul Anwar, dan Majalah Profetik. Jauh sebelumnya ketika masih duduk di bangku SMA, ia menjadi redaktur Buletin Al-Ikhwan.Bugi, yang ikut membidani lahirnya grup pecinta alam Gibraltar Outbound Adventure ini, ikut mengkonsep pendirian Majelis Pesantren dan Ma'had Dakwah Indonesia (MAPADI) dan tercatat sebagai salah seorang pengurus. Ia juga Sekretaris Yayasan Rumah Tafsir Al-Husna, yayasan yang dipimpin oleh Ustadz Amir Faishol Fath.

Lihat Juga

Ilustrasi. (imgkid.com)

Jika Untukmu, Dia tak ‘kan ke Mana

  • Rizal

    sipppppppppp!

  • http://www.fikroh57.multiply.com FAHMI

    BACA YA

  • http://ladybutterfly.co.nr AMW

    Klo kita baik insyaAllah akan mendapat jodoh yang baik

  • http://ucid.wordpress.com rusidi

    ustads..
    usul satu lagi..

    Tangguh dan perkasa..di medan manapun..

  • http://shirotsuya.multiply.com/ Cahyo

    Wah… setuju. Dan apa-apa yang telah disebut di atas adalah kriteria wanita yang ideal untuk dijadikan ustadzah rumah para calon suami (baca: istri). ^^

  • putra betawi

    wauuuuuhhhhh….. luar biasa ! dan mannntaaap!

    Untuk saudara ku para ikhwan yang masih lajang end single, selain anda tau ilmunya tentang cara memilih istri yang sholeha. Anda dituntut untuk ikhlas menerima apa yang Allah berikan kepada antum dan juga antum harus punyai keberanian untuk segera menyempurnakan sebagian agama ( menikah). Ingat saudara ku ! banyak para akhwat yang masih sendiri, menanti keberanian anda !
    semoga Allah memudahkan urusan anda ! amin

  • wings

    Tulisannya bagus. Dan lebih bagus lagi kalau dibuatkan tulisan "penyeimbangnya": "Hal-hal yang disukai wanita dari pria". Agar para pria juga bisa "ngaca" dulu kalau ingin mendapatkan wanita sholehah.

  • http://yahoo.co.id Asep Saefullah

    Ass wr wb.
    Saudara-saudaraku yang masih lajang … segeralah sempurnakan agamamu ….
    La takhof wa la tahzan !! Allah akam memudahkan dan membukakan pintu rizkiNya…

    Setting 'azzam .. tawakkal kepada Allah

  • http://- Abu Nida

    Alhamdulillah .. sebuah nasehat.. yang menyejukan hati…
    dan untuk al-akh yang tahu..ini segeralah..suapaya mendapat kreteria.. spt tsb atas..
    dakwatuna… Allahu akbar

  • wahyu

    aku mo nanya, bgmna klo Yang dilihat dari Pria oleh Wanita, ada juga kah? ky comment ny si wings…

  • wardah

    alhamdulillah..berbahagialah para pria yang mendapat isteri solehah…wanita hiasan dunia,seindah hiasan adalah wanita solehah…jangan mengimpikan bersuami seperti saidina Ali,jika akhlak tidak sehebat saidatina Fatimah…renungkanlah..

  • saefuddin

    allhamdulillah,,

    setelah membaca itu hatiku tersentuh,,

    yang bisa kita lakukan sekarang ini hanyalah berusaha agar dapat mencapai GADHUL BASHAR,,

  • beny fachruri

    subhanallah,

    artikelnya bagus bgt.pengen rasanya memiliki istri yang sholehah…

    bagi ikhwan yang belom nikah,banyak2 puasa sunah

  • nachi

    akh beny betul bgt tuh
    emang artikelnya bgs, kapan ente nikah………………….

  • tsabita aslam

    subhanallah…T.o.p b.g.t. ust…tp kenapa ya…. ikhwan pada sulit tergugah hati? ayoooo akh… para akhwat pada menanti hadirnya …..?

  • mujahidah

    subhanallah, …………

    adakah kriteria ikhwan yg baik u dipilih sbg pndamping hidup pr akhwat???

    biar seimbang gitu

  • zero_ones

    subhanallah…
    laki-laki yang baik memang untuk wanita yg baik-baik, dan wanita yang baik-baik untuk laki-laki yang baik-baik pula… insya allah.

  • Firman

    perhiasan yang paling indah di dunia adalah wanita sholehah..untuk itu para ikhwan carilah wanita karena agamanya. Boleh kita memilih wanita karena kecantikannya, hartanya dan keturunannya, tapai yang utama adalah karena agamanya. karena dengan itu akan membawa kebahagian di dunia dan akhirat….wallahualam…….

  • dovy

    Subhanallah…… Merinding membaca artikel ini. Bagus lagi kalo di buat penyeimbangnya ya, ciri laki2 sholih.

  • http://jakartafire.com sofyan

    Subhanallah………nikmat Allah yang mana lagi yang kamu dustakan……..

  • aris

    Ini yang komentar pasti para ikhwan dan akhwat lajang yaaa………ketawan bangt semangat menggebu-gebu. Bagus sih tapi yang penting sekarang kita kudu ngaca diri dulu… menimbang kualitas diri… memperbaiki diri yang benar benar bagus… baru bisa blumayan kalo berdo'a….

  • fajR

    assalamualaikum..

    hmmm.. gimana ya supaya dapat istri yg solehah..???i, mau dunk tips2nya. tapi bukannya kalo kita mengajak orang yang bukan solehah maka ganjaran yg akan kita terima lebih besar??. tapi emng kita harus ngaca dulu lah… mungkin masih berlaku bahwasannya orang yg baik akan mendapat pasangan yg baik pula dan begitupun sebaliknya.

  • http://rfachrianyahoo.co.id fachri

    ass.Wr.WB
    Ini baru tips untuk mencari pasangan hidup yang sakinah mawadah warahmah
    Semoga kita dapat pasangan jodoh yang diinginkan Allah .
    Amin

  • yenti

    bang rizal udah nikah, kapan reno nyusul nih

  • http://www.yahoo.com indry_wnt muslimah

    Subhanallah….*_*

    aku mau banget jadi wanita shaliha

    supaya dpt pasangan hati yang memiliki iman dan pemimpin yang bertanggung jawab.

    doain,indry yah dpt pasangan dunia dan akhirat….

  • anton fatoni

    ass. indry alhamdulillah mba udah ada niat baik untuk mendapatkan yang lebih baik. mba harus berukur , mdh-mdhan apa yang yang anda harapkan dapt terwujud. soalnya saya sendiri sedang berbahagia karena sebentar lagi akan segera melangsungkan walimah, subhanalloh mba saya mendaptkan wanita yang saya harapkan/insa allah dia itu baik agamanya,dan selalu menjaga aurotnya. mdah2 mba bisa.amin

  • fahmi

    Semoga Allah memberikan jodoh kepada teman-teman yang masih lajang dan dapat mengugah hati mereka untuk cepat menikah

  • trio segara

    Insya4JJI istri saya hampir memenuhi kriteria ini.

  • http://www.dakwatuna.com sheila

    mencintai seorang wanita, harus dadi hati yang dalam n tulus, jangan karna nafsu semata,

    adakalnya bila sepasang kekasih boleh melakukan ciuman itu untuk menambah keharmonisan

    dlm berhubungan/menjalin keakraban, seorang pria akan mencintai kekasihnya jika benar2

    wanita itu tdk mengharap sesuatu yang lebih dari calon suaminya , insya Allah hub itu akan langgeng

    selamanya.

  • arimbi

    Ass. wr. wb semoga Allah SWT mempertemukan Arim dengan jodoh yang soleh, yang bisa mengantarkan arim dan keluarga menjadi kesayangan Allah SWT, Aamiin !!

  • http://selfpag3.com Santi

    Assalamu'alaikum,
    Iya ya.. ada gak hadist yang menyebutkan tentang memilih suami? kriteria2nya gitu.. Rasa-rasanya ada deh. Kalo gak salah sih ya..
    Jazakumullah khairan katsiraa atas artikel nya yang bagus2!

  • Fatah
  • Lala

    "Ya Allah.. Semoga Engkau memperbanyak wanita sholihah di dunia ini dan menjadikan aku termasuk di dalamnya. Namun jika Engkau belum memperkenankanku untuk mennjadi perhiasan indah di dunia ini, maka pintaku jadikanlah aku sebagai bidadari syurgamu." Amiin…

  • abu maryam

    semoga Allah memudahkan urusan para ikhwa yang mengidamkan akwhat yang sholehat demikian pula sebaliknya,,,jodoh merupakan taqdir Allah namun kita selaku manusia berupaya memoerbaiki diri demi mencapai kebahagian dunia akhirat dengan Taqwa keada Allah

  • http://www.haveyouknow.com RAMON

    Design yang bagus

  • Pingback: 13 Hal Yang Disukai « SPANAUTAMA Berjaya Indonesia()

  • iman

    ass.subhanallah artikel anda ini sangat bagus utuk memotifasi para wanita yang membacanya. karna jika seorang wanita itu hanya sekedar wanita biasa maka dia tidak akan berharga di mata allah. oleh karna itu jadilah wanita yang istimewa yang di idamkan oleh syurga. dan yakinlah jika kamu ingin mendapatkan orang yang istimewa maka kamu harus terlebih dulu jadi orang yang istimewa pula.tetapi jangan lupa tidak semua keinginan kita bisa tercapai dengan baik, karna kita bukan lah orang yang tau akan segalanya. nah … jikakejadianya demikian maka terimalah dengan lapang dada dan ikhlas hanya karna rido allah. jazakallah……………..

  • http://friendster the p

    alhamdullilah,
    mampu berjuang d rahmat Allah,dan tiak menyakiti perasaan OK!

  • qonita

    Baca Aja Dech

  • http://ilyasak.blogspot.com ilyasak

    assalamualaikum,

    bagus sih isi, mohon izin untuk meletakkan artikelnya diblog saya untuk bacaan saya dan teman-teman.

  • Sarah

    Asw.

    Semua…

    saling mendo'akan saja.

    smg di bumi Allah ini banyak diisi oleh wanita2 yang mmng shalehan yang mmnuhi kriteria di atas.

    berbanggalah bagi kaum wanita.

    karena sesungguhnya wanita dimuliakan oleh Rasul dan Allah.

    buat yang ikhwan saya do'akan smg antuma semua mndptkn istri yg mmnuhi kriteria di atas.

  • http://www.dakwatuna.com MOET

    bismillahirrohnmanirrohim, artikel in bagusss sekali, dapat menjadi penuntun para wanita untuk menjadi wanita yang didambakan dalam islam yaitu wanita sholehah, aaamiin.

  • http://www.dakwatu.com Anita

    ass..Alhamdulillah dgn artikel ini ana punya sedikit banyak gambaran utk menjadi wanita idaman surga…utk mnjd yg baik mang tak mudah khususnya zaman skrang tp tidak menutup kemungkin jk da seseoarng utk menjadi yg lebih baik akan diberi kemudahan oleh Allah aminnnnnnn….

  • mujahid

    subhanallah…..

    jadi pengen ni

  • http://angkog Arkam Bandovol
  • http://adnan iqbal

    "manusia itu memiliki nafsu,dengan nafsu itu kita mempunyai perasaan cinta,kasih sayang terhadap sesuatu"
    yaaaa..kita jg harus ingat bahwa mencintai, lalu melupakan akhirat adalah merupakan sesuatu kerugian, baik didunia apalagi diakhirat nanti…..

  • http://345 aries

    saya seneng dg tlisan diatas,tp alangkah lebih baiknya kl ada tulisan ttg sesuatu hal dari ikhwan untuk wanita.trima kasihhhhhhhhh…………?????????????

  • sahid

    swegwera ya….tadz makalah pewnyewimbangnya…tanks

  • tyas

    Wahh,,,Subhanalloh,,bahagia banget ya ikhwan2 yang bisa dapetin istri yang punya 13 kriteria diatas,,,,,,,,,,,

  • LIES

    Aduh…….rasanya saya tidak bisa memenuhi ke 13 hal tsb, kemana belajarnya yah?……..

  • Aji

    Cari wanita yg memenuhi kriteria itu pasti sgt susah, tp Smoga istriku kelak seperti itu,Amin…
    Doakan ya Ustadz!!!^_^

  • RUHAMA rumah bekam &

    kesaya aja mbak Lies,tiap senin dirumah ada forum pengkajian perempuan agar kita dapat memenuhi ke 13 kriteria tsb

  • Akhmad Kharis

    Ya Allah…..mdah2an sj kelak dapat istri yang shalehah Amiiiiin. tp pasti sangat ssuah yang penting berusaha, sabar dan do'a

  • ikhsan

    trima kasih atas artikelnya semoga bermanfaat bagi kaum nabi muhammad

  • http://www.yahoo.com sharly

    insya Allah ana amalkan…!

  • Ribut Widodo

    Subhanallah,,,, andaikan semua orang mau membaca situs-situs seperti ini, pasti kehidupan akan semakin indahm tidak ada yang namanya perceraain,,,
    terus berkarya,,,
    karena disini saya bukan hanya jadi penggemar tapi juga akan berusaha berdakwah pada lingkungan sekitar saya

  • Si Manis

    Setelah membaca artikel ini semoga Allah SWT Menjadikan saya wanita yang disukai pria yang saleh dan mendapatkan pria yang di ridhoi Allah SWT. Amin….

  • Fauzan

    Ada ga' ya wanita shalihah yang mau ma orang kaya aku?

  • meidiana

    HATI-HATI KRITERIA BISA MEMBUAT SAKIT HATI, LIHATLAH ISTRI ANDA ADALAH ORANG PALING HEBAT SEDUNIA.YANG BELUM PUNYA ISTRI ALLAH AKAN MEMBERI YANG TERBAIK.AMIN

  • Muhammad Arham

    Alhamdulillah

    Semoga Akhwat yang saya pilih dah sesuai AMIIN

  • Pingback: Sifat Wanita yang Disukai Pria « Learning by Doing()

  • A'a

    Sebelum dpt yg kaya tadi..sebaeknya ikhwan2 haruz lebih dulu jd lelaki sholeh

  • anel

    kalaupun para wanita terlanjur mendapatkan suami yang tidak disukai,insya allah dengan tetap sabar dan soleh,Allah akan menolong, dan tidak akan terduga pertolongannya

  • yusrin

    ok banget, cocok untuk panduan bagi masih single. Tapi kalau ada yang selengkap ini, saya mau nambah lagi ……………….Ingin yang baik ??
    jadi lah orang baik dulu ok.!

  • nuri

    Kalo menurut saya sih, tetaplah menjadi wanita sholihah karena Allah semata, bukan karena pria atau suami kita ( tujuan akhir ), rasanya sakit kalo tidak dapat balasannya. So tetaplah ikhlas, berharap pahala-Nya semata

  • http://www.yahoo.co.id fattah

    huh….!alhamdulillah dapet ilmu. thanks???

  • tia

    Sedihnya pernah mnjdi seseorang yang jauh dari agama….(biasa de,,penyesalan yg dtg blakangan)
    Sdg mencoba memperbaiki diri ni… Mohon dukungan dan bantuannya ya! jazakumullah infonya….

  • ro’il

    thanks a lot of………….

  • eckings

    aing pisan

  • umu salma

    wahai ukhty, fastabiqul khoirot yuk…

  • abie fawwaz

    layak untuk disebarkan.

  • http://takaful99.blogspot.com rusni

    Alhamdullilah, semoga benar adanya.

    Karena pada kenyataannya mayoritas masih mengutamakan kecantikan fisik, banyak yg menyatakan:
    – bgmn kita akan menikahinya klo untuk melihat nya saja kita enggan.
    – bgmn kita akan berjanji hidup bersama saling…klo ga ada klik dihati
    – bgmn kami akan melanjutkan taaruf klo ga ada sedikitpun “debar” didada? dlsb.

    Padahal doa terbaik adlh “Ya Allah berikanlah cintaMu, cinta orang2 yg mencintaiMU, dan jadikanlah kami mencinta/bercinta karenaMU, untuk MU. …..

  • fa

    Assalam..artikel ini sangat memotivasi akhwat untuk menjadi lebih baik lagi…insyaAllah
    tapi alangkah indahnya jika motivasi kita menjadi wanita shaleha bukan sekedar untuk mendapatkan suami yang shaleh, ada yang lebih indah bukan??
    jadilah wanita shalehah karena cinta kita kepada yang meciptakan lelaki shaleh,jadilah wanita shaleha karena mengharapkan cinta dari sang pencinta rabbul izzati…

    • Ana …

      Ukhti benar
      Semoga kita bisa menjadi wanita shalehah seperti yang ukhti maksudkan

  • http://- yoedia

    Setuju dgn ukthi Nuri dan Meidina. Kriteria yang diberikan Ustadz Bugi sebaiknya tidak dijadikan syarat mutlak dan lengkap bagi para pencari istri. Bukankah dibalik ‘kekurangan’ itu ada rahmat ALLAH yg banyak bagi pasangannya?. Memotivasi akhwat u menjadi lebih baik demi apa..? Demi dipilih u dinikahi (baca:dicintai calon suami/lawan jenis), atau untuk dicintai ALLAH..? Kesempurnaan itu hakikatnya, hanya milik ALLAH.. Adapun ikhtiar & tawakkal itu adalah arena ‘pertempuran’ yg sesungguhnya… Fasta biqul khoirot duhai akhwat.., karena ALLAH.., demi cinta ALLAH…. Bukan untuk siapapun…! U ikhwan, jgn lupa, anda adalah qowwam, terlepas dari siapapun yg dipilihkan ALLAH menjadi pendamping perjuangan anda. ‘Tulang Rusuk yg Bengkok’ ini memerlukan bimbingan agar menjadi lurus dgn ketulusanan dan kelemahlembutan anda sekalian…! Semoga kelak, tegaklah Islam di bumi pertiwi ini, amiin…

  • hamasah

    Duh, perfect banget.Seorang teman pernah berkata, ketika pasangan kita tidak sesuai kriteria, dari 1-10 skor misalanya, kita ingin 9, dan dia masih di bawah itu, maka jadi tugas bersama meningkatkannya. Sekali lagi, tugas bersama, kerjasama yang baik, agar dia menjadi seperti kriteria kita. Saya rasa itulah salah satu tujuan pernikahan. Semoga. Wallahu’alam

  • Fitra

    Sangat trenyuh membaca penilaian baiknya perempuan dari banyaknya anak. Bagaimana dengan perempuan (dan laki-laki juga bisa lho), yang ditakdirkan mandul. Padahal takdir itu datangnya dari Allah? Hadits ketidakanjuran untuk menikahi mereka perlu dianalisis, dan ditelaah dulu konteksnya apa, agar tidak dengan mudah kita menyikapi takdir Allah tidak selalu manis… WaLlaahu ‘alam Bishawab

  • trie

    assalamu’alaiku
    dengan membaca materi ini subhanalloh membuat semangat untuk menjadi lenih baik lagi semakin besar, tetapi…….untuk zaman sekarang susah ikhwan jarang yang memperhatikan semua itu, hanya ikhwan – ikhwan tertentu yang benar – benar mengutamakan agama dari seorang akhwat…..

  • http://kartino.blog.ugm.ac.id Kartino

    Assalamu’alaykum…
    Minta ijin untuk dipublish di blog saya kartino.wordpress.com/kartino.blog.ugm.ac.id.
    Semoga kebaikan bagi anum dan keluarga..

  • http://13HalYangdisukaiPriadariWanita. Aminah

    Semua wanita hendak lah mengambil contoh sifat isteri2 Rasulullah saw. jika ingin menjadi isteri2 yang solehah dan di sayangi suami.

  • http://dakwatuna.com raudhatul isyqa

    wanita tidak diciptakan dari tulang ubun, karna berbahaya membiarkannya dalam sanjung dan puja. tidak pula dari tulang kaki, karna nista menjadikannya diinjak dan diperbudak. tp dari rusuk kiri, dekat ke hati utk dicinta,, dekat ke tangan utk dilindungi……

    wanita shalihah adalah rembulan bagi ikhwan yang shalih

  • dian

    membaca artikel ini saya termotivasi lagi untuk memperbaiki diri, sebenarnya artike semacam ini sudah sering dibahas, jadi ustad tolong buat (perbanyak) artikel tentang para iklhwan dalam memimpin rumah tangganya, karena ia adalah qowwam.

  • tami

    aslm ust, mohon izi tuk di copy yang artikenya bagus banget, jadi tambahan ilmu nich.

  • anin

    sempurna……………………………………..

  • ucon

    makasih postingnya. bermanfaat.. ^_^

  • afriyanti

    saya jdi lbh tau,
    mksh pk.ustad

  • irma

    Ass….pak ustadz..
    ini bs mnjd masukan yg positif bagi kita semua….terimakasih
    wasalam………..

  • Hasan Manurung

    Semoga insan yang suka membuat kebajikan mendapat rahmat Allah. Kehidupan dunia memerlukan seperangkatan alat hidup yaitu sandang dan pangan. Tolong hantar cara untuk membeli saham bagi yang tidak dapat datang ke kebursa saham syari’ah caranya bagaimana minimal dana berapa, halal adalah menjadi tujuan utama.

  • fairish

    menurut saya artikel ini benar2 bagus,dan setiap perempuan harus membacanya.Karena artikel ini bisa menambah wawasan kita,dan membuat kita harus merubah sifat2 kita yang tidak disukai para lelaki.

  • IBNU AZUKA

    kegadisan wanita g masalah,,, apa si lelaki juga bisa mnjamin kalo dia perjaka????
    kadang emg lelaki terlalu egois buat dpt yg masih “gadis” tapi apa bisa buat sadar diri….

    • Sujito Atmoko

      Klo Belum menikah Insya Allah bisa menjamin…

    • Sujito Atmoko

      Belum menikah Insya Allah bisa menjamin…

  • wangsa jaya

    mohon ijin copas, akhi,…

  • erni

    ijin copy juga ya ustadz…. ulasan no 1 – 4 sudah sering dengar yang selanjutnya baru tahu nih.. sukron

  • mustasim

    assalamu alaikum
    sebenarnya mau bertanya kepada (p’ Ustadz) penulisnya tapi g tau caranya.malalui ini aja ya.
    gmana misalnya seorang pemuda sebenarnya sudah mampu menikah tapi di undur2 untuk membiayai pendidikan ke 3 adiknya, smentara dari segi umur ya mungkin dah lebih dari cukup usia sekitar 27 tahun. mohon penjelasan, klo bisa langsung ke email saya. jazakalla..

    • Adi Rahadi

      Gw bukan ustadz, tp gw mo nyoba bantu.
      menikah tidak harus dengan resepsi dan pesta yg WOW.. Perihal resepsi maupun acara pesta, itu mubah, artinya boleh-boleh saja.
      Cukupi syarat² sah nikah berdasar hukum agama (mengesahkan dari segi agama), dan mencukupi syarat² hukum negara (untuk mengesahkan dari segi pencatatan).

  • Rokim kobar

    Yaallah smg aku dapat istri seperti disitu

  • Evi

    makasih banyak ust…izin copy dan share..

  • insan

    aslm.. afwan ustadz mw tanya. boleh ngga mengungkapkan prasaan cinta pada wanita yg dcintai dan disaat yg bersamaan mengazamkan diri untuk menikahinya kelak??

  • dina haryani

    assalammu’alaikum
    Subhanallah…afwan ustadz….tulisan ini memotivasi saya untuk menjadi lebih baik lagi…hingga saya pantas menjadi wanita yang disukai pria…tentunya pria sholeh…
    Amin Allahuma Amin…

    Izin copy yach…^_^
    wassalam.

    • ikhsan__

      Amiin Ya Robbal ‘alamin.

  • richie

    assalamu’alaikum wb…
    afwan yaa ustadz.. izin copy juga yaach. . .
    syukron katsir…
    wassalam.

  • sri rahmawaty

    izin copy ya ust… mksh.

  • Dhevie

    subhanAllah…..indahnya saLing mencintai karena Allah.. ^_^

  • saffron

    ustaz.. mohon izin copy artikel di blog sy ye.. terimakasih,artikel ini sgt menarik untuk dikongsi dgn rakan2 sebaya.

  • Kamila_izzah

    izin share ya ustadz

  • Herryzone777

    ijin share ya Ustaz ….

  • Kura_kucumbaba

    Semoga kita semua diberi kemudahan untuk mendapatkan seorang Istri yang demikian….!!!!
    Amiiin….

  • Ummulathifa

    jazakallah khoiron atas ilmunya,numpang copy untuk di share ke group ana ya ustadz……!!!

  • Yulisar Rupoko

    subhanallah…..mohon ijin copas ustadz……

  • Ahs Rusli

    Izin share pak ustadz

  • Jockerali

    ijin copast ya… ^_^

  • http://www.facebook.com/people/Aini-Nur/1202808914 Aini Nur

    mhn ijin share ya, mksh^_^

  • Pingback: 13 Hal Yang Disukai Pria Dari Wanita « Nanangchairudin's Blog()

  • kausar

    Assalamua’laikum…mohon izin share..artikel yg menarik…Alhamdulillah…syukran jazilan..^_^..

  • Cegokizsagi

    Ingn rasa na menjadi 13 cir2 diatas………
    subhanallah….
    ana jd sedih…

  • hamba Allah

    subhanallah….semga Allah memberikan ana jdoh wanita sholeha,walaupun ana tau ana msh bnyk kekurangan…

  • Chew Niezt

    Assalamu alaikum….
    Mohon izin share ya…Trima kasih
    Wassalam :)

  • oki alkahfi

    insyaAlloh jika kita menginginkan istri yg sholihah maka solehkan dulu diri kita.
    sudahkah kita termasuk orang yg soleh???? karena janji Alloh adalah benar Wanita baik2 adalah untuk Laki2 yg baik pula. InsyaAlloh You find a way

  • ella

    izin share yaa..