Home / Narasi Islam / Hidayah / Aku Bersama Kitabullah

Aku Bersama Kitabullah

Keith Ellison“Aku bukan ulama, aku seorang politisi dan aku melakukan apa yang dilakukan oleh seorang politisi, yaitu mengesahkan undang-undang untuk membantu bangsa ini,” kata Keith mengomentari pernyataan-pernyataan miring terhadap dirinya.

Keputusan Keith Ellison untuk menggunakan kitab suci sesuai agama yang dianutnya menimbulkan kritik dan protes dari banyak pihak yang meyakini tak ada lagi kitab suci lainnya yang dapat digunakan dalam sumpah pelantikan anggota Kongres selain kitab suci agama mayoritas penduduk Amerika (Serikat).

“Inilah kitab suci yang aku baca setiap hari! Kitab yang mengilhamiku,” ujar Keith, yang memeluk agama Islam dari sebelumnya Katolik saat masih mahasiswa. Keinginannya disumpah dengan Al-Qur’an yang diumumkan menyusul kemenangannya pada Nopember lalu memicu kontroversi, terutama dari kalangan konservatif dan sejumlah komentator.

Keith Ellison, seorang muslim Amerika Afrika membuat kejutan dalam kancah perpolitikan Amerika. Di tengah penatnya kebijakan anti-Islam Presiden George W. Bush yang sudah tidak populis di mata rakyatnya sekarang. Rakyat Amerika telah dibuai Bush dengan isu terorisme internasional yang didalangi oleh Islam. Sehingga Islam tersudutkan dengan stigmatisasi agama kekerasan. Di tengah situasi seperti itu, Keith Ellison yang memeluk Islam saat menjadi mahasiswa muncul selaku anggota Kongres AS pertama yang beragama Islam, pada pemilihan anggota Kongres Amerika November lalu.

Kemunculannya pada pemilu kemarin melalui Partai Demokrat telah membuat banyak pihak terperanjat. Betapa tidak! Ellison muncul saat masyarakatnya dibuai propaganda anti Islam yang sangat negatif. Belum pernah terjadi sejak Amerika merdeka 200 tahun lalu, udara phobia Islam menyelubungi negara itu dan dunia dibandingkan dengan saat berkuasanya Bush yang melancarkan perang terhadap Afghanistan dan Iraq.

Seruan Bush untuk menghidupkan ‘crusade’ selepas peristiwa 11 September 2001 memunculkan rasa kebencian terhadap Islam hingga ada kuturunan Sikh di Amerika dibunuh karena disangka Islam lantaran dia bersurban. Berturut-turut terjadi serentetan black propaganda dilancarkan seperti karikatur Nabi Muhammad saw. oleh koran Denmark dan terakhir apa yang ditudingkan Paus Benedict tentang perkataan raja Konstantine prihal Nabi Muhammad saw sebagai pembawa agama kekerasan.

Apakah hal itu disengaja atau kebetulan saja, semuanya yang jelas telah menyulut api phobia orang kulit putih tentang Islam terutama di Amerika. Api kemarahan terhadap upaya memperkaya uranium oleh Iran di kalangan Amerika dan Eropa sebenarnya juga berangkat dari semangat anti-Islam itu.

Dalam suasana campur aduk antara phobia Islam dan kemarahan Bush itulah Keith Ellison tampil dalam kampanye untuk calon bagi Partai Demokrat pada pemilihan anggota Kongres. Dia seorang Amerika Afrika dan beragama Islam. Kemunculannya lebih menonjolkan sosok Islamnya.

Sikap Partai Demokrat sejak semula lebih terbuka dalam isu kelompok dan agama dibandingkan Partai Republik. Walaupun ada orang kulit hitam yang berkiprah di kongres dan politik Amerika, sudah barang tentu itu bukanlah suatu yang mudah. Penerimaan terhadap orang kulit hitam itu lebih mudah jika dibandingkan dengan orang yang beragama Islam.

Berbeda dengan Keith dia berhasil menjadi calon partai itu untuk pemilihan anggota Kongres. Isu Islam kian mengental dalam kampanye pemilihan angota Kongres itu. Anehnya calon dari kalangan Yahudi tidak menjadi isu sejak sekian lama, baru sekali ini seorang Islam menjadi calon, tetapi menimbulkan reaksi yang keras.

Selanjutnya Keith membuat kejutan, dia menjadi muslim pertama dari Partai Demokrat asal Minnesota. “Aku seperti mimpi menjadi salah satu dari 435 anggota Kongres yang baru di sebuah Negara yang mayoritas Nasrani.” Ujar Keith saat usai pelantikan anggota legislatif November lalu.

Kalau Partai Demokrat menerima dia sebagai seorang muslim, maka rakyat Amerikapun di daerah pemilihannya memilihnya meski dia orang Islam. Tidak kecuali warga kulit putih, Protestan, Katholik bahkan Yahudi tidak menghalangi memilih seorang calon beragama Islam.

Hal itu lebih dikarenakan kekesalan rakyat atas kepala batunya Bush, pengaruh antiperang dan kejenuhan atas propaganda yang mengatasnamakan anti terorisme yang sebenarnya anti-Islam. Pengaruh anti-Bush itu lebih menonjol dibanding phobia terhadap Islam.

Sebagai seorang muslim ada keinginan luhur yang terpendam. Sebuah keinginan sederhana yang muncul begitu saja saat dirinya yakin akan tampil sebagai public figure, yakni ingin menyemai Islam di negerinya! Ingin menepis tudingan miring terhadap Islam yang dianutnya. Dia seakan ingin mengatakan kepada Amerika! Kepada dunia internasional tentang Islam yang rahmatan lil ‘alamin. “Inilah kitab suci yang aku baca setiap hari! Kitab yang mengilhamiku,” ujar Keith mantab.

Tidak pernah ada dalam sejarah Kongres sejak merdeka dan sejak Amerika didirikan, seorang angota Kongres menggunakan kitab lain selain Bible sewaktu mengangkat sumpah. Banyak orang Yahudi menjadi anggota Kongres tetapi mereka tidak menggunakan kitab sucinya. Tetapi mengapa ada seorang Islam ini mesti menggunakan Al-Qur’an?

Keith Ellison berdalih, Islam adalah agamanya, maka dia mesti menggunakan kitab suci agamanya. Yahudi tidak menggunakan kitabnya masalahnya adalah ketika Kongres pertama kali didirikan, rakyat masih dipengaruhi rasa anti-Sematik yaitu anti-Yahudi. Baru sesudah usai perang dunia kedua anti-Sematik itu reda.

Bagi Yahudi menyembunyikan isu agama itu jauh lebih penting sebagai upaya untuk mengusai rakyat, ekonomi, politik, militer dan sebagainya. Seandainya mereka ngotot ingin menggunakan kitabnya, boleh jadi memunculkan kembali semangat anti-Sematik.

Meski mengaku sebagai negara paling demokratis dan menghormati hak asasi manusia, pada kenyataannya masih banyak pejabat AS yang kerap melontarkan pernyataan yang tidak demokratis, bahkan terkesan paranoid, khususnya terkait dengan Islam dan umat Islam.

Baru-baru ini, seorang anggota legislatif AS, Virgil Goode mengatakan bahwa terpilihnya Keith Ellison, warga Muslim pertama AS yang berhasil menjadi anggota senat, membahayakan “nilai-nilai dan keyakinan tradisional AS.” Pernyataan itu disampaikan dalam surat Goode kepada seorang rekannya.

Virgil Goode, salah satu anggota Kongres yang menentang permintaan Ellison, mengatakan, keinginan politikus 43 tahun itu tidak sesuai dengan tradisi AS. Karena itu, dia berusaha menggagalkan keinginan Ellison tersebut dengan menggalang dukungan dari anggota-anggota Kongres yang lain. Menurut dia, Ellison tetap harus menjalani upacara pelantikan dan mengikrarkan sumpahnya melalui cara yang sama dengan anggota-anggota Kongres yang lain.

Dalam surat yang ditujukan kepada para konstituennya, Goode menyatakan kekhawatirannya atas pengaruh budaya imigran terhadap nilai-nilai tradisi AS. “Jika kita tidak menerapkan kebijakan imigrasi yang ketat, saya khawatir tradisi AS akan terkikis dengan lebih banyaknya Muslim yang tinggal di negeri ini pada abad mendatang. Karena itu, kita perlu melindungi tradisi yang ada,” papar Goode dalam suratnya.

Council on American-Islamic Relations (CAIR) menilai pernyataan itu merupakan sikap tidak toleran yang seharusnya tidak ditunjukkan oleh orang yang sudah terpilih sebagai perwakilan publik. Dalam pernyataan resminya, Direktur Legislasi Nasional CAIR, Corey Saylor mengatakan, tidak ada alasan yang bisa diterima atas pernyataan tersebut.

“Perwakilan dari Minnesota yang kebetulan seorang Muslim dipilih oleh para pemilih di distrik tersebut. Jika warga Amerika sadar dan tidak mengadopsi sikap Goode terhadap masalah imigrasi, rasanya akan lebih banyak lagi warga Muslim yang akan terpilih dan meminta agar Al-Qur’an digunakan dalam acara pengambilan sumpah,” kata Saylor.

Saylor menyatakan hal itu, karena Goode adalah orang yang menginginkan untuk menghentikan secara total masuknya imigran ilegal dan mengurangi masuknya imigran legal ke AS.

“Saya takut di abad mendatang kita akan memiliki lebih banyak lagi warga Muslim di AS, jika kita tidak memberlakukan kebijakan imigrasi yang ketat. Saya meyakini sangat penting untuk menjaga nilai-nilai dan keyakinan tradisional di AS dan mencegah agar sumber-sumber daya kita tidak tenggelam,” tukas Goode.

Saat ini ada sekitar enam sampai tujuh juta warga Muslim di AS, atau kurang dari 3 persen dari 300 juta jumlah total penduduk AS.

Sebelum Goode, pejabat AS lainnya, anggota United States Holocaust Memorial Council, Dennis Prager, menyebut keinginan Ellison agar disumpah dengan Al-Qur’an dalam acara pelantikannya sebagai anggota senat, sebagai tindakan yang “merongrong peradaban AS.”

Bagaimana mereka bisa menuduhku seperti itu? Padahal aku bukan imigran. Aku adalah orang Amerika-Afrika,” tegas Keith. Ia menyatakan, nenek moyangnya sudah tinggal di AS sejak 1742.

“Aku akan menunjukkan padanya bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Faktanya, ada banyak keyakinan yang berbeda-beda, banyak warna yang berbeda dan banyak budaya yang berbeda di AS, menjadi kekuatan yang hebat,” tegas Keith lagi. Dan ternyata sikapku juga banyak yang mendukung tidak kalah dukungan datang dari seorang pengurus Council on American-Islamic Relations (CAIR) menilai pernyataan itu merupakan sikap tidak toleran yang seharusnya tidak ditunjukkan oleh orang yang sudah terpilih sebagai perwakilan publik. Dalam pernyataan resminya, Direktur Legislasi Nasional CAIR, Corey Saylor mengatakan, tidak ada alasan yang bisa diterima atas pernyataan tersebut.

“Perwakilan dari Minnesota yang kebetulan seorang Muslim dipilih oleh para pemilih di distrik tersebut. Jika warga Amerika sadar dan tidak mengadopsi sikap Goode terhadap masalah imigrasi, rasanya akan lebih banyak lagi warga Muslim yang akan terpilih dan meminta agar Al-Qur’an digunakan dalam acara pengambilan sumpah,” kata Saylor.

Saylor menyatakan hal itu, karena Goode adalah orang yang menginginkan untuk menghentikan secara total masuknya imigran ilegal dan mengurangi masuknya imigran legal ke AS.

Anggota legislatif lainnya, Bill Pascell Jr dalam suratnya pada Goode menyatakan kecewa termasuk pada surat yang ditulis oleh konstituen Goode yang memberikan komentar miring soal keinginan Ellison disumpah dengan Al-Qur’an.

Pascell mengatakan, konstitusi AS melarang menyinggung hal-hal yang berbau agama di antara anggota Kongres. Penggunaan Injil atau Al-Qur’an hanya dilakukan dalam event-event bersifat terbatas yang dilakukan setelah anggota legislatif secara resmi diambil sumpahnya.

“Keith Ellison adalah contoh warga Muslim AS yang paling baik dan dia tidak perlu menjawab pada Anda, pada saya atau siapa pun terkait dengan keyakinannya,” kata Pascell.

Ia meminta Goode untuk merangkul warga Muslim di Virginia, daerah pemilihannya dan belajar untuk “membuang jauh-jauh pandangan-pandangan yang salah daripada mencuatkannya ke permukaan.”

“Saya menunggu untuk bersahabat dengan Goode, atau paling tidak lebih mengenalnya,” sambung Ellison yang sejak terpilih menjadi anggota senat sering menerima pesan dan telepon berisi ancaman akan dibunuh.

“Saya akan menunjukkan padanya bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Faktanya, ada banyak keyakinan yang berbeda-beda, banyak warna yang berbeda dan banyak budaya yang berbeda di AS, menjadi kekuatan yang hebat,” tegas Ellison lagi.

Keith Ellison cuma ingin melihat sesuatu yang perlu dilengkapi pada masyarakatnya, pada negaranya yang dicintai. Yaitu sebuah kehidupan religius. Kehidupan yang menjunjung tinggi nilai-nilai ketuhanan. Selama ini nuansa itu seakan hilang dari kehidupan masyarakatnya. Mereka tenggelam dalam semangat sekularistik.

Keith menilai upacara pelantikan anggota Kongres kurang religius. Biasanya, anggota Kongres yang disumpah bebas memilih untuk menempatkan tangan mereka di atas Alkitab, Kitab Taurat ataupun Kitab Mormon. “Saya rasa, belum pernah ada upacara pengambilan sumpah yang secara serius memperhatikan teks-teks religius yang tertulis dalam kitab tersebut. Karena itu, marilah kita mulai memusatkan perhatian pada teks-teks religius yang bisa mempersatukan kita,” serunya.

Walau bagaimanapun kemauan Keith dapat dibenarkan. Dia tidak menggunakan naskah Al-Qur’an tetapi dia bersumpah dengan terjemahan Al-Qur’an koleksi Thomas Jefferson, Presiden Amerika yang ketiga yang tersimpan dalam perpustakaan Kongres.

“Nanti, dalam upacara pelantikan pribadi, aku akan mengucapkan sumpah sambil meletakkan tanganku di atas kitab suci yang menjadi dasar keyakinanku, yakni Islam. Perbedaan yang ada di negara kita adalah sesuatu yang agung. Kita harus merengkuh perbedaan itu. Tidak perlu takut,” papar tokoh Demokrat asal Minnesota itu. []

Foto: dari sini

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (30 votes, average: 9,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Aidil Heryana, S.Sosi
"Aidil" adalah panggilan kesehariannya. Lahir di Jakarta pada tahun 1964 dan sekarang telah dikaruniai Allah 4 orang anak. Manajer SDM di Ummigroup Media ini adalah lulusan dari SMA Negeri 8 Jakarta, LIPIA (I'dadul Lughoh Masa'iyah), dan Institut Agama Islam Al-Aqidah. Pernah aktif di Kerohanian Islam (Rohis) SMAN 8 Jakarta, dan di Bi'tsatud Du'at PKPU. Saat ini mengemban amanah sebagai Pembina Yayasan Sahabat Insani. Moto hidupnya adalah "Hidup Mulia atau Mati Mulia".
  • shidik

    Selamat untuk Keith yang tlah berjuang tuk tunjukkan identitas diri sbagai sorang muslim. Lebih dari itu smoga menjadi awal berkibarnya Islam di konggres As menuju white house, Insya Allah

  • Lukman Hakim

    Hai orang-orang yang beriman, jadilah kamu penolong-penolong (agama) Allah sebagaimana isa putra Maryam telah berkata kepada pengikut-pengikutnya yang setia: “Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku (untuk menegakkan agama) Allah?” Pengikut-pengikut yang setia itu berkata: “kamilah penolong-penolong agama Allah”, lalu segolongan dari Bani Israel beriman dan segolongan (yang lain) kafir; maka kami berikan kekuatan kepada orang-orang yang beriman terhadap musuh-musuh mereka, lalu mereka menjadi orang-orang yang menang.(qs.61:14)

    dan puncak dari tawaran Allah adalah tawaran untuk menjadi penolong Allah (anshorullah)maukah kita menjadi tentara Allah? Maukah kita menjadi penolong Allah? Padahal sejatinya Allah tidak membutuhkan pertolongan kita. Tetapi inilah bahasa yang sangat indah, bujukan yang sangat halus, ajakan yang tidak ada yang bisa menangkapnya kecuali orang-orang yang beriman dan para da’i yang hatinya hidup serta siap memberikan sesuatu yang terbaik untuk agama Allah. Dan sebagai buahnya adalah dominasi dan kemenangan Islam serta kejayaan umat Islam. Wallahu a’lam bishawaab.

  • nr anto

    adakah politisi di sini yg kayak dia????

  • DJoko Y

    Mari berdoa semoga beliau sukses dgn dakwahnya

  • Said

    amien pak Djoko Y

  • Subhanallah…

  • Irwan Muhammad Amien

    Masya Allah! Uhibbuka fi Llah, Mr Keith Ellison.

  • subhanallah

  • Sigit Parluk

    Allahu Akbar!!!, selamat berjuang Mr. Keith Ellison. Tunjukan bahwa Islam adalah rahmatan lil 'alamin, doa kami menyertaimu, wahai sang pemimpin.

  • Henik

    Subhanallah….Allahu Akbar, Allah SWT telah menunjukkan kebesaranNya kepada rakyat Amerika khususnya dan seluruh penduduk bumi pada umumnya lewat seorang KEITH ELLISON. Selamat berjihad di jalan Allah SWT, Mr. KEITH

  • Abdullah Hadits Born

    Mr.Keith, tak banyak politisi seperti Anda di negeri korup ini. Bahkan bisa dibilang tidak ada. Kalaupun ada mungkin hanya di salah satu partai Islam di negeri ini. Partai itu tak hanya slogan mainded.

    Kepada kaum muslimin saya serukan, amerika sekarang memang sedang menjadi "pemenang", entah sampai kapan.Yang jelas sinyal-sinyal keterpurukannya smkn tampak jelas dengan munculnya Mr.Keith dan Mr-2 mujahid yang lain. Lihatlah masyarakat Amerika sudah mulai mual-2 melihat ulah Bush,sbntr lagi pasti muntah!!!

    Allah tidak pernah Tidur. Amerika pasti kalah, hanya kaum muslimin harus berani membuktikan bahwa tipu daya mrk amat lemah.

  • Faozan

    Subhanallah. Saya sangat yakin Islam akan jaya di negeri Keith. Mudah-2an saya bisa menyaksikan kemenangan Islam di negeri ini. Semoga berkah Allah tercurah kepada Keith dan orang-2 yang berjuang di jalan Allah.

  • koes

    kemenangan islam hanyalah masalah waktu krn sesungguhnya telah dijanjikan Allah SWT. bagaimana dg kita? apakah kita terlibat dalam proyek kebangkitan dan kemenangan islam? jika tidak, istighfarlah sebanyak2nya. jika ya, istiqomahlah.

  • Tanto

    Inilah bentuk keimanan kita yg sesungguhnya dan akan terekspresi melalui segala gerak dari tubuh ini yg senantiasa mencerminkan ketinggian Al-Islam. "Nahnu du'aatun qobla kulli syai'in"

  • Bangkit Melawan atau Diam Tertindas….4JJ1 bersama kita lanjutkan perjuanganmu Saudaraku Keith…..

    yakinlah tipu day mereka amat lemah…. kami selalu bersamamu

    Jadilah Singa-singa Padang Pasir..

    Best Regards…

  • Selamat berjihad Mr Keith….Alloh bersamamu….Allohu akbar

  • Keih Ellison, Huhuy!!!

  • Ilham

    4JJI will always take care of you Mr. Keith,… just be patiet n 4JJl will show his power…

  • Papanya Nayla

    Saat arus dunia timur ke arah liberalisasi -westernisasi agama-agama melemah, kini dunia barat malah menuju islam , masya Allah. Maju terus …

  • Dzul Lujjain

    Mr. Keith…. Tetaplah Minta Pertolongan Allah dengan sabar dan Sholat….. Allahu Akbar..!!!

  • ALANGKAH BAIKNYA KITA BISA SEPERTI BELIAU DAN BERUSAHA LEBIH GIAT LAGI.

  • Abdul Raup

    Congratulation, My Brother, Mr. Keith!

    Be a little star in the darkness of America!

  • zulkarnain M isa

    subhanallah..

  • Suubhanallah,

    Semoga keberaniannya mengilhami kita semua dalam menegakan kebenaran. Dan semoga Allah memberikan hidayah bagi para pemimpin bangsa ini yang berbuat zalim

  • Delvi Andriadi

    Luar biasa Bah, semoga semanggat yang kau muliki juga mengalir kapada kami, untuk tetap istiqamah di jalan da'wah ini

  • Yudhi

    Subhannallah, Allah akan selalu menolongmu Mr. Keith. Nur Illahi akan menerangumu. Berjuang terus untuk agama Allah. Niscaya Dia akan menolongmu. Amin

  • Allahu Akbar…

  • abuy alias (mabrur)

    Keith ellison it’s true…
    because AL-QUR’AN is the kitab…

    kebenaran yg sejati harus dinyatakan… karna kenaranx…
    setiap manusia di muka bumi ini yg mengikuti ajaran islam dan mengikuti perintah al-Qur’an dan hadist akan selalu benar dalam kehidupannya….

  • Hadi Nata

    DI AMERIKA PENJABAT MUSLIM PINGIN DI SUMPAH DENGAN ALQURAN DI INDONESIA SUMPAH DENGAN ALQURAN MALAH JADI TRADISI BUAT MEMBOHONGI RAKYATNYA

  • romli

    subhanalllah

Lihat Juga

Foto yang dirilis ISIS. (Aljazeera)

ISIS Rilis Jatuhnya Pesawat AS, Washington: Itu Tidak Benar

Figure