14:36 - Jumat, 30 Januari 2015

Sepuluh Sahabat Yang Dijamin Masuk Surga

Rubrik: Sejarah Islam | Oleh: dakwatuna.com - 22/12/06 | 13:53 | 01 Dhul-Hijjah 1427 H

dakwatuna – “Dan orang-orang yang terdahulu lagi yang petama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang Muhajirin dan Anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridho kepada mereka dengan mereka dan mereka ridho kepada Allah. Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang agung.” (Qs At-Taubah : 100)

Berikut ini 10 orang sahabat Rasul yang dijamin masuk surga (Asratul Kiraam).

1. Abu Bakar Siddiq ra.

Beliau adalah khalifah pertama sesudah wafatnya Rasulullah Saw. Selain itu Abu bakar juga merupakan laki-laki pertama yang masuk Islam, pengorbanan dan keberanian beliau tercatat dalam sejarah, bahkan juga didalam Quran (Surah At-Taubah ayat ke-40) sebagaimana berikut : “Jikalau tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekah) mengeluarkannya (dari Mekah) sedang dia salah seseorang dari dua orang (Rasulullah dan Abu Bakar) ketika keduanya berada dalam gua, diwaktu dia berkata kepada temannya:”Janganlah berduka cita, sesungguhya Allah bersama kita”. Maka Allah menurunkan ketenangan kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Allah menjadikan seruan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” Abu Bakar Siddiq meninggal dalam umur 63 tahun, dari beliau diriwayatkan 142 hadiets.

2. Umar Bin Khatab ra.

Beliau adalah khalifah ke-dua sesudah Abu Bakar, dan termasuk salah seorang yang sangat dikasihi oleh Nabi Muhammad Saw semasa hidupnya. Sebelum memeluk Islam, Beliau merupakan musuh yang paling ditakuti oleh kaum Muslimin. Namun semenjak ia bersyahadat dihadapan Rasul (tahun keenam sesudah Muhammad diangkat sebagai Nabi Allah), ia menjadi salah satu benteng Islam yang mampu menyurutkan perlawanan kaum Quraish terhadap diri Nabi dan sahabat. Dijaman kekhalifaannya, Islam berkembang seluas-luasnya dari Timur hingga ke Barat, kerajaan Persia dan Romawi Timur dapat ditaklukkannya dalam waktu hanya satu tahun. Beliau meninggal dalam umur 64 tahun karena dibunuh, dikuburkan berdekatan dengan Abu Bakar dan Rasulullah dibekas rumah Aisyah yang sekarang terletak didalam masjid Nabawi di Madinah.

3. Usman Bin Affan ra.

Khalifah ketiga setelah wafatnya Umar, pada pemerintahannyalah seluruh tulisan-tulisan wahyu yang pernah dicatat oleh sahabat semasa Rasul hidup dikumpulkan, kemudian disusun menurut susunan yang telah ditetapkan oleh Rasulullah Saw sehingga menjadi sebuah kitab (suci) sebagaimana yang kita dapati sekarang. Beliau meninggal dalam umur 82 tahun (ada yang meriwayatkan 88 tahun) dan dikuburkan di Baqi’.

4. Ali Bin Abi Thalib ra.

Merupakan khalifah keempat, beliau terkenal dengan siasat perang dan ilmu pengetahuan yang tinggi. Selain Umar bin Khatab, Ali bin Abi Thalib juga terkenal keberaniannya didalam peperangan. Beliau sudah mengikuti Rasulullah sejak kecil dan hidup bersama Beliau sampai Rasul diangkat menjadi Nabi hingga wafatnya. Ali Bin Abi Thalib meninggal dalam umur 64 tahun dan dikuburkan di Koufah, Irak sekarang.

5. Thalhah Bin Abdullah ra.

Masuk Islam dengan perantaraan Abu Bakar Siddiq ra, selalu aktif disetiap peperangan selain Perang Badar. Didalam perang Uhud, beliaulah yang mempertahankan Rasulullah Saw sehingga terhindar dari mata pedang musuh, sehingga putus jari-jari beliau. Thalhah Bin Abdullah gugur dalam Perang Jamal dimasa pemerintahan Ali Bin Abi Thalib dalam usia 64 tahun, dan dimakamkan di Basrah.

6. Zubair Bin Awaam

Memeluk Islam juga karena Abu Bakar Siddiq ra, ikut berhijrah sebanyak dua kali ke Habasyah dan mengikuti semua peperangan. Beliau pun gugur dalam perang Jamal dan dikuburkan di Basrah pada umur 64 tahun.

7. Sa’ad bin Abi Waqqas

Mengikuti Islam sejak umur 17 tahun dan mengikuti seluruh peperangan, pernah ditawan musuh lalu ditebus oleh Rasulullah dengan ke-2 ibu bapaknya sendiri sewaktu perang Uhud. Meninggal dalam usia 70 (ada yang meriwayatkan 82 tahun) dan dikuburkan di Baqi’.

8. Sa’id Bin Zaid

Sudah Islam sejak kecilnya, mengikuti semua peperangan kecuali Perang Badar. Beliau bersama Thalhah Bin Abdullah pernah diperintahkan oleh rasul untuk memata-matai gerakan musuh (Quraish). Meninggal dalam usia 70 tahun dikuburkan di Baqi’.

9. Abdurrahman Bin Auf

Memeluk Islam sejak kecilnya melalui Abu Bakar Siddiq dan mengikuti semua peperangan bersama Rasul. Turut berhijrah ke Habasyah sebanyak 2 kali. Meninggal pada umur 72 tahun (ada yang meriwayatkan 75 tahun), dimakamkan di baqi’.

10. Abu Ubaidillah Bin Jarrah

Masuk Islam bersama Usman bin Math’uun, turut berhijrah ke Habasyah pada periode kedua dan mengikuti semua peperangan bersama Rasulullah Saw. Meninggal pada tahun 18 H di urdun (Syam) karena penyakit pes, dan dimakamkan di Urdun yang sampai saat ini masih sering diziarahi oleh kaum Muslimin.

Redaktur: Hendra El-Bugeri

Keyword: , , ,


Beri Nilai Naskah Ini:

Nilai 1Nilai 2Nilai 3Nilai 4Nilai 5Nilai 6Nilai 7Nilai 8Nilai 9Nilai 10 (308 orang menilai, rata-rata: 9,43 dalam skala 10)
Loading...Loading...


Akses http://m.dakwatuna.com/ dimana saja melalui ponsel atau smartphone Anda.
Iklan negatif? Laporkan!
  • Abdullah Hadits Born

    Dari 10 sahabat di atas adalah para pemuda kecuali ABu Bakar ra. Mengapa? Wallahu a'lam. Yang jelas pemuda itu memiliki potensi yang jauh lebih besar dari pada orang-orang tua. Potensi besar yang tersimpan dalam darah muda adalah:

    -potensi akal yang kuat dapat menyimpan banyak memori untuk mengingat dan menghafal sesuatu

    -potensi otak yang cerdas untuk berfikir jernih, cepat dan akurat.

    -potensi kinerja yang penuh vitalitas, handal, terukur dan jelas targetnya.

    -potensi pergerakan. Pergerakan apapun yang dikendalikan anak-anak muda seringkali sukses besar.

    -potensi perubahan. Pemuda ideal punya karakter unik, yakni "suka mempengaruhi" orang lain, lalu mengajaknya berubah.

    Yang tua-tua?

    Cukuplah mereka ditaruh pada posisi sebagai syaikh dalam fatwa, nasehat,sharing pengalaman dll.

  • wahyu

    ya Allah masukkan kami ke surga-Mu

  • saif al fadani

    membaca sejarah, selalunya pendukung dakwah dan tulang punggungnya adalah para pemuda dan para penentang dakwah malah byk dari orang2"sepuh".

    Ya Allah perbaikilah akhlak dan keadaan para pemuda/pemudi islam,

    tunjukilah mereka ke jalanMu yang lurus.Amin

  • http://xxx fajar

    loh..siti khadijah RA ga termasuk yah..???bukannya ada akhwatnya??

    • http://www.facebook.com/people/Ahmad-Aat/100000638615139 Ahmad Aat

      ummu Siti Khadijah RA kan bukan Sahabat Nabi, Jadi tidak perlu diomongin lagi alias sudah pasti masuk syurga…insyaALLAH

  • Malsah

    Semoga kita dapat menemani mereka di surgaNya. Amin. Afwan, dari tulisan itu, kami pernah ditanyakan oleh kawan-kawan tentang dalil yang menyebut ke 10 sahabat tersebut dijamin masuk surga. Saya sampe sekarang belum menemukannya. Bisa bantu kami? Jazakallah khoir.

  • tita

    Alhamdulillah, dengan adanya website ini, ana mendapat ilmu tidak hanya dari buku. Semoga kita menjadi orang yang lebih baik dan bermanfaat bagi sesama seperti para sahabat Rasul.

  • http://[email protected] teguh wahyu

    Alhamdulillah..semoga allah merahmati beliau2 dan kita yang masih hidup…mudah2an kita menyusul mereka di surga allah yg penuh kenikmatan…di dunia ini hanya sebentar….hidupkanlah aku dalam iman&islam, dan matikan aku dalam keadaan khusnul khatimah….amin

  • http://plasa.com Diya

    ko' beda2 y,,orang2 yang dijamin masuk surga…di dalam buku yang pernh sya bc,Ja'far bin Abu Thalib termasuk yang dijamin masuk surga…
    di sini malah ng' ada…Jadi yang mana yang benar..

    • http://www.facebook.com/people/Ahmad-Aat/100000638615139 Ahmad Aat

      insyaALLAH di sini yang benar…Ja’far bin abu thalib bukan sahabat nabi…

  • ikhwan

    kok… cma 10 shbt rosul yg dijmin masuk surga, pada hal banyak kok sahabat rosul yang mati syahid dalam peperangan dlm membela agama islam apakah itu tidak dijamin masuk surga?????

  • farid

    memang ada jaminan masuk surga tetapi tidak ada jaminan untuk tidak masuk neraka… oleh karena itu para sahabat tersebut diatas tetap takut terhadap siksa Alloh SWT meski dijamin akhirnya masuk surga…

  • maria

    tolong keterangan dari tiap-tiap shohabat di perluas karna masih banyak yang ingin ane ketahui dan pelajari untuk di contoh!kalo boleh tau ada g buku khusus yang menerangkan tentang 10 sahabat tersebut?kalo ada apa judulnya pengarangnya siapa kira-kira berapa harganya?trimakasih

  • http://www.yahoo.com.my ukhti bidadari

    assalamualaikum saudara seagamaku sekalian..bagus krn anda dapat menyediakan information tentang 10 org sahabat yang dijamin Allah utk masuk syurga ini..jzklh

  • http://nadareeda.multiply.com Rida

    subhanallah

  • ayu chan

    assalamualaikum,Abu bakar keren….! keren banget malah,walaupun masih kerenan nabi MUHAMMAD SAW sih….

  • http://dakwatuna.com/2006/sepuluh-sahabat-yang-dijamin-masuk-surga/ uni chan

    assalamualaikum….alhamdulillah dengan adanya situs ini,bisa membantu tugas saya dalam mempresentasikan 10 sahabar Rasulullah yang dijamin masuk syurga….mudah2an yang membaca situs ini bisa bertemu dengan sahabat2 rasullah disyurga nanti…Aamiin..

  • ikhwan_Solid

    Assalamualaikum.wr.wb,subhanallah walau hanya 10 sahabat saja yang dijabarkan,tetapi ana salut sama antum yang sudah menyediakan situs ini,tetapi masih banyak lagi sahabat2 nabi yang dijamin masuk syurga,
    syukron atas situsnya,
    walaikumusslam.wr.wb

  • Dayat

    Assalamualaikum.wr.wb,sahabat Rosul yang 10 itu sangatlah istimewa dibandingkan kita banyak lalai lagi bergelimang dosa,wahai para sahabat janganlah sia-siakan waktu yang sebentar ini GUNAKANLAH dengan Beramal soleh sebanyak-banyaknya, J A N G A N T U N G G U L A G I

  • ai

    subhanallah

  • http://www.gudalbau.blogspot.com hamba allah

    menurut saya situs ini kurang komplit. seharusnya situs ini di komplitkan dan tersusun rapi lagi, agar yang mencari di situs ini lebih mudah.

  • rizki

    memang patutlah sahabat nabi ini masuk surga karena dukungan nya yang begitu besar ketika tak ada orang yang mau membantunya

  • udin

    magus amat situs nya aku bisa mencari sesuatu tentang islam sukron

  • http://- dicky

    maha suci allah yang telah memberikan anugerah kepada 10 sahabat nabi semoga kita dapat mengikutinya masuk surga amin………

  • http://www.yahooo.com ali makki

    terima kasih ustad! jika boleh nanyak lagi mgapa ushul fiqh secara definitif baru lahir setelah fiqih berkembang sedemikian cepat? atas jawabanya disampaikan terima kasih.

  • ukhti

    Assalamualaikum,saudaraku seiman terimakasih atas adanyan situs islam ini,dengan adanya situs ini ana bisa mengetahui banyak tentang islam.jazakillah!tetap semangat,Allah Akbar….

  • muslim

    kenapa tidak disertai alasan kenapa mereka dijamin masuk surga

  • bening

    subhanaallah,,
    berbahagialah orang2 yang sudah punya investasi buat kehidupan akhirat dan dijamin keselamatanya.
    semoga aku termasuk didalamnya amin.
    sayang banget rincianya kurang detail, low bisa sekalian ma julukan2nya gtuh

  • http://www.islamworld.tv Islam World

    Semoga Alloh merahmati mereka semua …..amin

    Islam World

  • http://www.dmi-tanahkaro.blogspot.com Erwin Tanjung

    Ya…Allah akan kuraih surga-MU, Kuingin bersama rassul-Mu dan para sahabat-sahabatnya.

  • khansa

    asm…
    afwan,, btw Bilal bin Ra’bah gak masuk ya????
    kn Rasul pernah dengar bunyi terompahnya di surga, karena wudhu’nya,…,,
    smoga kita senua bisa menemani mereka di surgaNya, Amieeenn…….

  • juli

    ya ALLAH sesungguhnya kami takut akan siksa api neraka tapi pantaskah kami di surga

  • http://- ilham

    bagus bung,jd termotivasi nieh pengen ke surga

  • indah

    Subhanallah..begitu besar ghirah para sahabat Rosullulah. Semoga tulisan bukan hanya sebuah bacaan tapi jadi motivasi ghirah kita,seperti para sahabat

  • Abuqital1

    Subhanalloh!!!
    Ternyata harga surga itu tidak murah. Tidak cukup hanya dengan menangis saja atau ikut dzikir bersama.

    Para sahabat tersebut rela meninggalkan harta bendanya, kerabatnya. Mereka berhijrah demi mentaati Perintah Alloh dan Rosul-Nya. Mereka tidak mau diatur oleh hukum kafir Pemerintah Mekkah pimpinan Abu jahal. Mereka juga tidak mau KOMPROMI dengan pemerintah Mekkah, malah justru sebaliknya mereka HIJRAH (meninggalkan) tempat kemaksiatan tersebut menuju MADINAH sebagai tempat yang diterangi cahaya Alloh karena telah berlaku hukum islam.

    Mari kita teladani perjuangan 10 sahabat tersebut yang telah mengorbankan jiwa, raga, nyawa serta apapun yang ada pada mereka demi mencapai mardhotillah dan tegaknya kalimat Alloh

    Wallohu a’lam bish showab

  • http://www.abdul-rohim.blogspot.com abdul rohim

    thanks infonya

  • husnulbadri

    hampir semua sahabat rasulullah terlibat dalam peperangan, mudah-mudah negeri ini aman damai dengan
    perilaku akhlak suri tauladan rasul dan para sahabat dalam perjuangka agama allah swt amiiiin.

  • susi

    get spirit and keep istiqomah

  • hamba allah

    allahu akbar!!!!!!!!!!!!!!

  • Nurul Ariyati

    Alhamdulillah PRku udah selesai…trims ya!

  • Ina

    Subhanallah, sedapnya dah dapat jaminan………

  • ulul

    alhamdulillah : artikelnya bermanfaat banyak….jazakalloh

  • http://Dakwah Neng kelokl

    Sesungguh-a sahabat-sahabat Rasulullah adlh para agnhia kecuali Ali bin Abi Thalib. Tdkkah kt umat muslim t’motivasi to sprt mrk, dgn kekayaannya mereka meraih surga…

  • http://hamdiyya.ning.com Hamdiyya

    Surga i’m coming

  • didiet

    indahnya sahabat yang dijami syurga oleh Allah…sesungguhnya kami hanya memohon untuk menjadi hamba Allah yang terbaik seperti mereka…

  • RIKHA

    ASS.. IZIN COPY YA, UNTU ILMU,, HATUR NUHUN

  • cHa jiLbabers

    AssLmuaLaikum…….
    Indahnya menjadi sahabat nabi,, sayang aku dilahirkan bkan pada zaman tersebut,

  • sulaimann

    Asifni. Ana mau kroscek tentang nama 10 sahabat yang dijamin masuk jannah. Yang saya ingin kroscek adalah Thlahah bin Abdullah dan Abu Ubaidillah bin Jarrah. Sepertinya ada yang keliru dengan nama tersebut. Ana cek ke literatur ada nama Thalhah bin Ubaidillah dan Abu Ubaidah bin Jarrah. Mohon kroscek kebenarannya. Syukran.

  • Th

    Izin ngopi untuk Bagi-bagi Ilmu….

  • muryanto

    assalamu’alaikum
    kula badhe ijin ngupy nggih…

  • asep

    alangkah berbahagianya mereka yg dijamin oleh ALLOH masuk SURGANYA,KEKAL dan ABADI.

  • ui syahidah

    icin copy yach…… buat mengumpulkan rangkuman liqo’ jazakalloh khoiron jaza’

  • elri

    maaf, bisa dijelaskan mengapa ke 10 orang tersebut dijamin masuk surga (keunggulan sifat masing2nya atau amalan rutin yg mereka kerjakan yg bs diteladani kita)

  • taufik

    subhanallah..ya ALLAH jdkan kami sbgmana mereka..

  • lukman

    selain mengikuti rasullah berperang apa lagi yang menjadi kelebihan dari masing2 orang ini.

  • Amir

    Apakah hanya 10 sahabat Rasulullah saja yang dijamin masuk Surga..????

  • andre

    dijamin maksudnya sperti apa ?
    apakah “dijamin” berarti tidak di hisab dahulu di dalam neraka ?
    ..
    bukankah semua umat muslim akan dimasukkan ke dalam surga ?
    hanya saja, mampir terlebih dahulu di dalam neraka untuk menebus dosa yang pernah diperbuat ?

    bagaimana dg 10 shbat tsb ?
    apakah mereka tidak mampir ke neraka dahulu ??
    atau bagaimana arti kata “dijamin” yang sesungguhnya ..
    trims..

  • Bali beach villa

    Terima kasih atas informasinya..
    Semoga kita semua masuk surga amin..
    Salam kenal

  • WIDIA

    SUBHANALLAH SAYA INGIN SEKALI SEPERTI MEREKA,,,,, KALAU ANDA BAGAIMANA???????

    • Onenir

      pengen baget seperti beliau

    • Onenir

      pengen baget seperti beliau

  • WIDIA

    semua umat islam itu tidak akan masuk surga sebua, itu tergantung dengan amalan yang dia lakukan…. walaupun mereka beragama islam, jika mereka melakukan perbuatan yang buruk, amalan yang dilakukan itu lebih banyak amal buruk daripada amal baik, maka mereka masuk NERAKA. tapi jika amal baik dan amal buruk mereka seimbang, maka orang tersebut akan masuk ke neraka dulu baru masuk surga, nah begitu yang benar

    • HM Soleh

      Allah punya hak memasukkan hambanya ke Surga atau Neraka sesuai kehendakNya. 10 Shahabat dijamin masuk surga adalah salah satu yang dikehendakiNya. Bagaimana dengan kita? Terganting amal sholih yang kita perbuat di dunia fana ini. Mari kita isi hari-hari kita dengan amal sholih sebagai pemberat timbangan amal di yaumilhisab kelak. Insya Allah

  • Pingback: MTT : Majelis Taklim Telkomsel » Quantum Qur’anic Business (Berbisnis yang Tidak Pernah Mati)()

  • Misranirifai

    Lahaulawalakuwatailabillah hilalihilazim tiada day dan upaya selain kekutan mu Ya ALLAH 

  • Shieerahasasz25

    Subhanallah.. Ya Allah,jadikan lah aku seorang insan ya solehah sepanjang kehidupan ku di dunia ini supaya aku mendapat tempat di kalangan2 Rasullah&sahabat2 baginda di akhirat kelak. Allahuakbar.

    • Odang Laut

      Aamiin

    • Irham Bin Hadri

      amin..

  • Anuar Safian

    Ada yang berpandangan 30 sahabat dijaminkan syurga. Yang mana satu benar. Boleh tuan perjelaskan

  • http://darminto.web.id/ Darminto

    Terimakasih

  • Muhammad Habibi Putra Jaya

    Afwan, sahabat bilal qo ga msuk ya?

Iklan negatif? Laporkan!
90 queries in 1,197 seconds.