Topic Archives: Toleransi beragama

Salah Paham Dalam Memaknai Toleransi

Orang yang toleran atau bertoleransi ialah orang yang memberikan kebebasan kepada siapapun baik dalam beragama, berpendapat dan lain-lain. Tetapi tidak dengan memaksanya untuk ikut serta sesuai apa yang diinginkan. Tetapi jika melakukan yang sebaliknya maka perbuatan tersebut telah mencederai sikap toleransi itu sendiri, dan bahkan sikap seperti itulah yang dikatakan intoleran atau tidak toleransi.

Baca selengkapnya »

Natal, Pluralisme, dan Toleransi Beragama

Sebuah photo spanduk besar dari partai X mampir ke dinding laman Facebook saya. Isinya mengajak perayaan natal bersama dengan pembicara Pdt. Gilbert Lumoindong, S.Th. Entah benar atau tidak photo itu, namun – kandungannya menarik untuk dicermati. Mengapa? Jika ajakan perayaan itu datang dari gereja, saya mafhum. Sebab itu berarti ajakan kepada jamaat dari gereja tersebut untuk merayakan natal.

Baca selengkapnya »

“Mengapa Kantor-Kantor Mesti Ada Masjid?” Ini Dia Jawaban Jusuf Kalla di Hadapan Umat Kristiani

Jusuf Kalla atau yang biasa dipanggil JK melanjutkan bahwa toleransi itu harus dari kedua belah pihak, artinya dari umat Kristiani pun juga harus toleran. “Apa salahnya pembangunan dipindah lokasi sedikit saja? Tuhan tidak masalah kamu mau doa di mana. Izin membangun gereja bukan urusan Tuhan, tapi urusan walikota”, jawab JK dengan nada khasnya yang tinggi.

Baca selengkapnya »

Ini Juga Intoleran, Bung!

Penolakan terhadap kehadiran Irsyad Manji dan Lady Gagal beberapa waktu terakhir hadirkan stempel “Indonesia Religious Intolerance” di mata Internasional. Berbagai media internasional secara global menyuarakan “kebobrokan” Indonesia dalam penyelarasan dan toleransi kehidupan beragama, bahkan turut menjadi isu hangat dalam sidang PBB. Beragam berita tanpa cek dan kroscek yang jelas pun dibeberkan secara sepihak oleh berbagai pekerja HAM Internasional yang mengaku melihat langsung aksi-aksi intoleran di Indonesia tersebut di berbagai media.

Baca selengkapnya »

Hasyim Muzadi: Tidak Ada Negara Muslim Setoleran Indonesia

Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Hasyim Muzadi menyesalkan tuduhan intoleransi agama di Indonesia seperti yang disampaikan dalam Sidang PBB di Jenewa, Swiss, beberapa waktu lalu. "Pembahasan di forum dunia itu, pasti karena laporan dari dalam negeri Indonesia. Selama berkeliling dunia, saya belum menemukan negara Muslim manapun yang setoleran Indonesia," kata Hasyim melalui layanan pesan singkat (SMS) yang diterima di Jakarta, Sabtu (2/6).

Baca selengkapnya »
Organization