Topic Archives: Persahabatan

Sahabat Akhirat

Kutahu keimananku tak sekuat Khadijah binti Khuwailid. Yang rela ikhlas menyumbangkan hartanya di jalan Allah. Kutahu kecakapanku jauh dibanding Aisyah binti Abu Bakr. Yang sanggup menghafal beribu-ribu hadits. Kutahu kesetiaanku tak sebanding Fatimah binti Muhammad. Yang menerima Ali bin Abi Thalib dengan segala kesederhanaannya.

Baca selengkapnya »

Mencintai Karena Allah

Rasulullah bersabda, Al mar’u ma’a man ahabba. Seorang itu beserta orang yang dicintainya. “Orang itu akan dihimpunkan bersama orang-orang yang dicintainya,” ujar Ustadz Salim A Fillah, “Maka perbanyaklah teman yang sholeh karena mereka punya syafaat di hari kiamat.” Penting bagi kita untuk mencari teman-teman yang shalih sebanyak-banyaknya. Mengenal mereka dan mereka kenal dengan kita. Mencintai mereka karena Allah dan dicintai oleh mereka karena Allah pula.

Baca selengkapnya »

Jika Punya Teman Sejati Kau tak Butuh Cermin Lagi

Memang, teman yang jujur akan mengusahakan kebaikan untuk sahabatnya dengan berbagai cara terutama ketika mendapati tanda-tanda bahwa sahabatnya mulai menjauh dari akhlak yang mulia. Itulah peran seorang sahabat sejati, seseorang yang dirindukan oleh salah satu ulama generasi tabiin, Muhammad bin Wasi’ dengan ucapannya: “Aku tak menginginkan dari dunia ini kecual tiga hal: Saudara yang meluruskanku jika aku bengkok, rezeki sederhana yang tak sulit saat dipertanggungjawabkan, serta shalat jamaah yang menghapus kelalaian shalatku dan keutamaan yang akan ditulis untukku”. Semoga Allah memberi kita teman dan sahabat sejati, yang banyak jumlahnya, baik dari keluarga dekat kita sendiri, maupun dari orang-orang yang jauh, yang Allah kirimkan sebagai anugrah untuk kita

Baca selengkapnya »

Sahabatlah yang Menguatkan

Sahabat yang tetap menjaga hati dan perasaan sahabat lainnya, adalah seseorang yang sukses memimpin dirinya dan sahabatnya. Seperti dalam ayat Alquran surat Al-Hujurat ayat 13 “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”.

Baca selengkapnya »

Sahabat Surga

Suatu ketika, Rasulullah pernah ditanyakan oleh sabahat tentang sahabat manakah yang paling baik, Rasulullah menjawab bahwa sahabat yang baik adalah yang mengingatkan kamu kepada Allah apabila melihatnya, dan bertambah ilmumu apabila mendengar pebicaraanya, dan mengingatkan kamu kepada Allah apabila melihat amalannya. Di dalam hadits yang lain, Rasulullah juga memberikan perumpaan sahabat yang baik seperti penjual minyak wangi, dan sahabat yang buruk seperti tukang besi. Bersahabat dengan penjual minyak akan keciprat harumnya, sedangkan bersahabat dengan tukang besi akan terbakar atau kerkena asabnya.

Baca selengkapnya »

Adi dan Tanda Persahabatan

“Bu, sini pinjam tangannya.”kata Adi. “Untuk apa, di?” Tukas ku. “Sini dulu tangannya bu,” perintah Adi kepadaku. “Baiklah, ini telapak tangan ibu,” ujarku sambil memberikan telapak tanganku. “TANDA PERSAHABATAN, tidak boleh dihapus,” teriak Adi sambil mencolekkan correction pen ke telapak tanganku.

Baca selengkapnya »

Yang Jarang Disadari Tentang Persahabatan

Islam membekali kita dengan prinsip-prinsip yang harus selalu kita pegang; dengan siapa saja kita bisa bersahabat, apa saja yang boleh dan tidak boleh kita lakukan, dan apa hal yang ingin kita capai dalam dunia persahabatan kita. Terlalu panjang tulisan ini kalau kita membahas semua itu di sini. Bi‘aunillah, saya sudah menuliskan satu buku tentang persahabatan dalam Islam, judulnya Cahaya Untuk Persahabatan, mudah-mudahan buku sederhana ini bisa menjadi rujukan.

Baca selengkapnya »
Organization