Topic Archives: Pembakaran Bendera Tauhid

Bendera, Literasi, dan Titik Temu

Pada kesempatan ini penulis mencoba menelaah wujud penyikapan kedua kelompok ini dalam kerangka persepsi ketika disajikan sebuah case pembakaran bendera tauhid. Pada kesempatan pertama, penulis mencoba membedah persepsi yang digunakan oleh kelompok modernis ketika menyikapi polemik pembakaran bendera tauhid. Hal pertama yang disoroti adalah dari aspek sejarah bendera tauhid tersebut.

Baca selengkapnya »

Pernyataan Sikap PP Pemuda PUI Tentang Insiden Pembakaran Bendera Tauhid di Garut

Pengurus Pusat Pemuda PUI menyatakan sikap: Pemuda PUI menyesali atas terjadinya insiden itu. Semestinya hari santri dimaknai sebagai hari bersejarah bagi santri atas jasanya membela NKRI dan memerdekakan Indonesia dari penjajah. Insiden pembakaran bendera tauhid “Laa ilaaha illallah Muhammadun Rasulullah” adalah tindakan ceroboh yang dapat membuat resah di masyarakat Islam. Sebab, kalimat tauhid bagi umat Islam adalah sakral. Bukan milik kalangan tertentu.

Baca selengkapnya »

Seperti Apakah Bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) Itu?

Mencuatnya kasus pembakaran bendera yang bertuliskan kalimat tauhid di Garut oleh oknum Banser pada tanggal 22 Oktober 2018, memunculkan kesimpangsiuran soal bentuk bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Karena pelaku mengaku berniat membakar bendera HTI, tapi publik menilai yang dibakar bukanlah bendera HTI, tapi bendera tauhid. Tulisan ini hendak menganalisis untuk pengidentifikasian bendera HTI.

Baca selengkapnya »