Topic

Topic Archives: introspeksi diri sendiri

Introspeksi Diri Sebelum Menyalahkan Orang Lain

Suatu kondisi akan memiliki penilaian yang berbeda ketika dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Peribahasa Indonesia mengatakan, “Kuman di seberang lautan Nampak, gajah di pelupuk mata tak Nampak”. Maka mari kita membiasakan introspeksi terlebih dahulu sebelum menyalahkan orang lain. Jangan sampai kita menjadi sindiran dari peribahasa tersebut.

Baca selengkapnya »

Etika Seorang Muslim Terhadap Diri Sendiri

Setiap muslim harus memerangi hawa nafsunya jika hawa nafsunya menyukai kehidupan santai, maka ia membuatnya lelah. Jika hawa nafsunya menginginkan syahwat, maka ia melarangnya. Jika dirinya tidak serius dalam ketaatan dan kebaikan, maka ia menghukumnya dan memarahinya, kemudian mewajibkan dirinya mengerjakan apa yang tidak ia kerjakan dengan serius, dan mengganti apa yang ia sia-siakan dan apa yang ia tinggalkan.

Baca selengkapnya »

Terlalu Egoiskah Kita?

Maka sesungguhnya, hati ini berisi kecintaan yang amat besar terhadap umat ini. Sebagaimana Rasul telah mencontohkan, seorang Rasul betapa lebih mencintai umatnya dibandingkan dirinya sendiri, dibandingkan istri atau anaknya yang ditinggal. Tentu kita tahu persis bagaimana kronologi menjelang wafatnya Rasulullah? Apalah arti diri ini, apalah arti waktu, pikiran, tenaga, jiwa, dan harta jika hanya memikirkan diri kita sendiri? Apakah orang seperti kita yang hanya memikirkan diri sendiri pantas untuk meraih surga-Nya? Pantas memperjuangkan permasalahan umat ini?

Baca selengkapnya »
Figure
Organization