Topic Archives: Feminisme

Tetap Menolak!

Berbagai teori yang diungkapkan untuk melegalkan perilaku homoseksual sebenarnya hanyalah upaya mencari pembenaran atas perilaku buruk yang mereka lakukan. Mereka yang tak dapat menghindari buruknya perilaku itu maupun sudah menaruh hati kepada para pelaku homoseks tidak tega bila dikatakan homoseksual adalah perilaku yang menyimpang. Dibuatlah berbagai pembenaran, salah satunya melalui jalur para ilmuan.

Baca selengkapnya »

Fenomena Feminis Menyerang Poligami

Dengan dinikahinya gadis dari keluarga miskin ini, berarti sang laki-laki telah mengangkat derajat perempuan itu dan juga keluarganya. Perempuan yang tidak kunjung menikah akan menimbulkan akibat fatal. Tidak menutup kemungkinan sang perawan tua akan meniti hidupnya dalam kegetiran, depresi dan menderita dalam kesendirian. Seorang janda, harus melaksanakan dua peran sekaligus. Peran ayah pencari nafkah dan peran ibu pendidik anaknya.

Baca selengkapnya »

Masalah Feminisme, Masalah Kita

DR. Yusuf Al-Qaradhawi memberikan suatu nasihat yang sangat baik tentang bagaimana seharusnya sikap wanita dan perannya dalam usaha "shahwah Islamiyah." Menurut beliau, ada tiga hal yang harus dilakukan kaum wanita. Pertama: peningkatan taraf pendidikan. Kedua: pembagian tugas kerja dan Ketiga: hormati mahligai rumah tangga. Ketiga poin ini sekilas nampak simpel tapi bila tidak mudah untuk merealisasikannya. Dibutuhkan kerja yang sungguh-sungguh dan dukungan semua pihak agar wanita memainkan peran yang optimal sesuai ajaran Islam.

Baca selengkapnya »

Kemudian, Ia Kembali…

“Bagaimana dengan keluargamu?” tanyaku dengan penuh semangat seraya merapikan jilbab yang menari-nari diterpa angin pantai yang cukup kencang. Akan tetapi perempuan cantik yang ada di hadapanku terdiam dengan senyumnya. Ada gurat kelelahan di wajahnya, membuat senyumnya seolah dipaksakan. Entah itu apa maksudnya.

Baca selengkapnya »

Radikalisme Feminis Mazhab Chicago

Istilah mazhab Chicago mencuat saat saya mengikuti seminar Feminisme dan Kesetaraan Gender pada 22/12/2011 lalu. Istilah ini dilontarkan oleh seorang Doktor Sosiologi perempuan di perguruan tinggi Islam negeri di Jakarta ketika ia menjadi salah satu pembicara seminar. “Dulu saya ini memang bermazhab Syafi’i tapi sekarang saya bermazhab Chicago”, ungkapnya saat seminar.

Baca selengkapnya »