Topic Archives: Dakwah Sekolah

Hubungan Baik Dakwah Sekolah dan Kampus

Permasalahan antar dakwah sekolah dan kampus tak henti-hentinya terjadi pada implementasinya. Terlihat mudah, ternyata aplikasi nya sulit. Ini pun yang terjadi pada diri saya ketika pada tahun kedua di kampus. Komunikasi dan frame berbeda menjadi kuncinya agar hubungan mereka tidak bergesekan terus. Dengan dakwah ammah harakah zhahir, petinggi-petinggi DK bisa dijangkau dan diakses, tidak hanya sesame aktivis dakwah, tetapi orang umum.

Baca selengkapnya »

Mentoring Telah Mendekap Erat Mimpi-Mimpi Kami

Meski tak sama mimpi yang ingin kami wujudkan, mentoring telah mendekap erat mimpi – mimpi kami. Bahkan telah memupuknya perlahan. Mimpi untuk mengantarkan hikmah ke segala ranah. Hingga kini, setelah tiga tahun berlalu. Rasti, Ninin, Khoir, Beta dan aku pun memang tak berada di satu daerah lagi. Kami menginjakkan kaki di bumi cinta Allah yang berbeda. Tapi satu yang slalu terkenang, bahwa mentoring telah mendekap erat mimpi – mimpi kami.

Baca selengkapnya »

Dalam Lingkaran Cinta

Teringat awal-awal perkenalan saya dan adik-adik. Dari dua puluh lebih, hanya tujuh sampai dua belas saja yang menyanggupi untuk hadir dalam halaqah-halaqah yang saya tentukan setiap hari Sabtu. Dari dua belas, terkadang hanya lima yang benar-benar bisa hadir istiqamah. Sebenarnya, saya sedih melihat adik-adik yang tak menyampaikan izinnya mengapa tidak bisa hadir, mereka lebih memilih menjadi silent reader saat saya membahas sesuatu di grup lingkaran cinta saya. Banyak yang lebih memilih diam saat dengan penuh harap saya tanya kondisi mereka, dan banyak lagi.

Baca selengkapnya »

Semanis Perjuangan Dakwah Sekolah

Setiap kader yang terlahir dari rahim perjuangan dakwah sekolah sepatutnya bersyukur karena diberi kesempatan oleh Allah untuk melanjutkan estafet dakwah ini, menyusun batu bata yang baik hingga menjadi pondasi-pondasi yang kokoh. Insya Allah. Wahai saudaraku tetaplah bersemangat meski kau lelah mencari pembina ke sana-sini, meski waktu, jarak bahkan materi seringkali menjadi hambatanmu dalam berjuang.

Baca selengkapnya »