Topic

Topic Archives: Bahasa Arab

Istimewanya Bahasa Arab

Kata salama adalah fi'il maadhi dengan arti "dia menyerahkan". Perubahannya berdasarkan jenis dan waktu yaitu salama, yusalimu, aslamu. Isim fa'ilnya menjadi Saalim yang artinya penyelamat. Dan, kata Muslim berarti “yang berserah diri” atau “orang yang diselamatkan”. Kata salama juga merupakan isim yang berarti selamat. Bila ia ditempatkan dalam isim tafdhil, maka kata Islam berarti "Paling Selamat."

Baca selengkapnya »

Bahasa Arab Bahasa Masa Depan

Penulis lebih condong percaya akan bertahannya bahkan meningkatnya bahasa Arab di kancah dunia (internasional), meski pada saat ini bahasa Arab masih menjadi nomor empat di bawah bahasa Inggris, Mandarin, dan Prancis dari segi popularitas dan eksistensinya, tapi dengan adanya Islam plus 23 negara yang resmi menggunakannya, hemat penulis rasanya eksistensi bahasa Arab setidaknya untuk beberapa dekade ke depan tidak usah dicemaskan.

Baca selengkapnya »

Bahasa Arab, Pentingkah?

Hidup di negara yang mayoritas Islam, adalah faktor pendorong pentingnya mempelajari bahasa Arab. Mengapa? Karena sumber utama agama Islam yaitu Al Quran dan Al Hadits. Keduanya menggunakan bahasa Arab. Tentunya bahasa Arab menjadi salah satu yang harus dipelajari, dikuasai atau minimal dipahami oleh seorang muslim.

Baca selengkapnya »
Figure
Organization