Figure Archives: Syed Muhammad Naquib al-Attas

Falsafah Iqra’ dan Fenomena Kehidupan

Banyak fenomena yang melandai kehidupan manusia dewasa ini, seakan-akan tidak dapat dihindari dan telah menjadi sunnah ilahi. Fenomena tersebut dapat diamati dari kejadian-kejadian alam, gejala-gejala yang terjadi pada diri manusia, bahkan terhadap benda yang tak bernyawa sekalipun. Pemerhatian terhadap fenomena-fenomena inilah yang melatar belakangi hadirnya tulisan ini.

Baca selengkapnya »

Wajah Hakiki Peradaban Madani, Manifestasi Nilai Ketuhanan dalam Demokrasi Pancasila

Pada dasarnya semua agama menghendaki hukum Tuhan untuk diimplementasikan dalam sistem kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini menjadi suatu keniscayaan yang mutlak karena tidak ada satu agama pun yang menghendaki adanya kehancuran bagi umatnya. Inilah peranan Pancasila dirumuskan oleh generasi awal bangsa yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Baca selengkapnya »

Mengenal Klasifikasi Ilmu dalam Islam

Saat kecil kita telah belajar Islam di Madrasah atau TPA. Di sanalah kita belajar dasar-dasar Islam, mengenal ilmu dan wawasan. Ustadz atau Ustadzah memberikan penjelasan tentang macam-macam ilmu, melalui para Guru kita itu kita mengenal klasifikasi ilmu. Syed Muhammad Naquib al-Attas menjelaskan pembagian ilmu ini dalam buku Islam dan Sekularisme. Menurut beliau pembagian ini mengikuti tradisi Ulama Islam, klasifikasi ilmu terbagi menjadi 2 kategori yaitu Fardu ‘ain dan Fardu kifayah.

Baca selengkapnya »
Organization