Figure Archives: Abdurrahman Wahid

Khutbah Idul Fitri 1438 H: Belajar dari Sejarah Perselisihan Ulama dan Umara [1]

Jika kita belajar dari sejarah, ternyata akibat dari perselisihan antara ulama dengan umara sangat luas, merugikan semua pihak, dan dirasakan oleh seluruh masyarakat. Bagi para ulama. Sepintas mereka terlihat seperti pihak yang kalah dan dirugikan akibat dari perseteruannya dengan umara. Banyak ulama besar yang diuji ketabahannya akibat berselisih dengan umara. Keempat imam mazhab dalam Ahlus Sunnah wal Jamaah, semuanya tak luput dari ujian tersebut.

Baca selengkapnya »

Standar Ganda Para Penganjur Demokrasi, Pasca Gagalnya Upaya Kudeta di Turki

Fealy dari Australia menyoroti sisi buruk demokrasi yakni adanya standar ganda dan dilema demokrasi dalam penerapannya terutama di dunia Islam. Bahwa di suatu saat menurut Fealy, negara-negara Barat akan mendiamkan praktik pelanggaran HAM di negeri-negeri Muslim jika menguntungkan kepentingan mereka. Sebaliknya mereka akan bersuara lantang tentang suatu pelanggaran kecil jika itu terjadi di negeri Muslim yang menjadi ancaman bagi mereka.

Baca selengkapnya »

Silaturahim PKS, Antara Dakwah dan Manuver Politik

Gerakan sebuah partai politik yang diekspos media rasanya seperti sayur tanpa garam bila tidak dibumbui berbagai penafsiran oleh khalayak. Termasuk silaturahim PKS kepada Presiden RI Jokowi beberapa waktu lalu. Momen itu berdekatan pula dengan isu reshuffle kabinet. Jadilah berbagai teori menghiasi kehadiran Muhammad Sohibul Iman (MSI) dan kawan-kawan di istana negara pada 21 Desember 2015.

Baca selengkapnya »