Organization Archives: Unair

Guru yang Berhati Guru

Buku ini bukan hanya sekedar memaparkan informasi biasa, namun dikaitkan dengan ayat-ayat Al-Quran di dalamnya serta kisah-kisah yang berhubungan dengan materi. Najib Sulhan dalam menulis buku ini menggali Al-Quran sebagai dasar penulisan. Adanya gagasan baru menarik untuk dijadikan referensi oleh guru-guru Indonesia. Namun judul guru yang berhati guru ini tidak kita temukan dalam bab pembahasan maupun sub bab bahasan, saya menilai penulis membuat judul yang menarik sehingga membuat orang lain penasaran terhadap isi tulisan buku ini. Buku ini ditutup sedikit ulasan dari guru besar fakultas kedokteran UNAIR selaku ketua umum masyarakat Neurosain Indonesia.

Baca selengkapnya »

Dilematis Antara PTN-BH dan MWA: Studi Kasus Universitas Pendidikan Indonesia

Sangat strategis dan krusial tugas dari MWA ini, Namun sangat disayangkan dan menjadi permasalahan besar, dari 11 Kampus yang sudah PTN-BH, UPI belum melibatkan Mahasiswa dalam unsur MWA nya di dalam Statuta Univerisas. Padahal mahasiswa lah yang akan merasakan dampak langsung dari kebijakan MWA ini. kebijakan-kebijakan rektorat yang tidak pro terhadap Mahasiswa yang kerap kali dirasakan Mahasiswa UPI salah satu penyebabnya adalah karena tidak ada perwakilan mahasiswa dalam unsur Majelis Wali Amanat. Karena tentu logika rektorat sangat berbeda dengan logika Mahasiswa di lapangan.

Baca selengkapnya »

Jangan Bilang Amit-Amit Sama Kunyit

Meski ketahuan manfaatnya “segunung”, kunyit tidak bisa dikonsumsi sesukanya. Selain, khususnya yang tidak tahan terhadap phellandrena (sejenis minyak atsiri yang juga dikandungnya), bisa menyebabkan diare, disebut Made Astawan, guru besar di Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB, dan Andreas Leomitro Kasih, sebab dapat merangsang sekresi empedu, kebanyakan mengonsumsi kunyit dapat menyebabkan “kekosongan” kantung empedu.

Baca selengkapnya »