Home / Berita / Agenda Umat / FOKMA Gelar Seminar ‘Siapkah Aku Menikah?’

FOKMA Gelar Seminar ‘Siapkah Aku Menikah?’

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Istimewa

dakwatuna.com – Jakarta. Seperti tahun- tahun sebelumnya, FOKMA (Forum Komunikasi Muslimah Indonesia di Malaysia) mengadakan seminar tahunan yang bertepatan dengan hari buruh, 1 Mei 2019. Kali ini,topik yang diangkat sekitar persiapan menuju pernikahan dengan judul ” Siapkah Aku Menikah? Yuk Bekali Diri dengan Pernikahan Rabbani”.

Seminar diadakan di main Auditorium International Islamic University Malaysia pada pukul sembilan pagi hingga empat sore.

Seminar dibuka secara resmi oleh Agung Cahaya Sumirat selaku perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia Kuala Lumpur bagian Konsuler Fungsi Sosial dan Budaya.

Fitriani selalu ketua panitia seminar menjelaskan bahwa tujuan dari seminar FOKMA 2019 adalah untuk memberikan panduan yg benar bagaimana seharusnya muslimah mempersiapkan pernikahan dari sisi syariah, ekonomi, psikologi dan kesehatan.

Ketua FOKMA Qurroh Ayyuniyah menambahkan bahwa peserta seminar tahun ini adalah terbanyak dibandingkan seminar di tahun-tahun sebelumnya. Seminar dihadiri oleh 800 muslimah yg berasal dari daerah-daerah di seluruh Malaysia yang mayoritas adalah para pekerja.

Seminar terbagi menjadi dua sesi yaitu sesi pagi dan siang. Sesi pertama membahas persiapan pranikah dr sisi syariah Islam dan keuangan yang disampaikan oleh ustaz Muntaha Artalim Zaim dan Muhammad Yusuf Abdillah. Ustaz Muntaha menjelaskan bahwa dari sisi syariah, peran orang tua sangat penting dalam mempersiapkan pernikahan anak-anaknya. Dari sisi keuangan, Muhammad Yusuf Abdillah menekankan tentang pentingnya skala prioritas di dalam manajemen keuangan keluarga.

Sesi kedua dimulai setelah sholat zuhur. Nara sumber pada sesi ini adalah Uly Gusniarni, yang membahas persiapan pranikah dr sisi mental dan psikologi. dr. Ruby Velly, SpKFR sebagai nara sumber kedua membahas persiapan pranikah dr sisi kesehatan yang menekankan pentingnya skrining kesehatan sebelum menikah.

Alhamdulilah seminar persiapan pernikahan berlangsung dengan lancar. Semoga FOKMA terus memberikan manfaat untuk muslimah Indonesia di Malaysia. (YYFarikha/kontributor Dakwatuna)

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

YY Farikha
muslimah yang saat ini tinggal di Malaysia, selalu berusaha memperbaiki diri dan memberikan manfaat untuk orang lain, suka berdakwah, belajar dan berbisnis

Lihat Juga

Trump Gelar Buka Puasa Bersama Tanpa Kehadiran Komunitas Muslim

Figure
Organization