Topic
Home / Berita / Internasional / Halangi Masuknya Bantuan Kemanusiaan, Laporan PBB: Koalisi Arab Saudi Ancam Stabilitas Yaman

Halangi Masuknya Bantuan Kemanusiaan, Laporan PBB: Koalisi Arab Saudi Ancam Stabilitas Yaman

Blokade atas Yaman akan mengakibatkan krisis kelaparan terbesar di dunia. (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Washington. Sebuah laporan dari para peniliti di PBB mengungkapkan, Koalisi yang dipimpin Arab Saudi mengancam perdamaian, keamanan dan stabilitas di Yaman. Disebutkan, hal itu terjadi karena adanya larangan akses bantuan kemanusiaan bagi yang memerlukan.

Dilansir Aljazeera.net, Sabtu (18/11/2017), para peneliti itu juga menyeru Koalisi untuk mengajukan bukti atas tuduhan Saudi tentang Iran yang mempersenjatai Syiah Hutsi. Jika bukti tidak dapat dikeluarkan, maka itu sebuah pelanggaran terhadap resolusi DK yang dikeluarkan pada Februari lalu.

Pada (06/11) lalu, Koalisi Saudi menutup seluruh akses darat, laut dan udara di Yaman. Tindakan itu diambil dengan tujuan memutus arus senjata bagi Syiah Hutsi dari Iran, setelah sebelumnya sebuah ruda ditembakkan ke Riyadh dari Yaman.

Sebelumnya, pihak koalisi menyebut bantuan bisa masuk melalui pelabuhan-pelabuhan yang terbebas. Bukan melalui pelabuhan Al-Hudaydah uang masih di bawah kendali Milisi Hutsi.

Sejauh ini, PBB telah menekan koalisi untuk mengakhiri penutupan akses di Yaman. Disebutkan, jika masih berlanjut maka akan menyebabkan krisis kelaparan terbesar di dunia sejak beberapa dasawarsa.

Laporan terakhir menyebutkan, sebanyak tujuh juta rakyat Yaman mengalami kelaparan. Sedangkan sekitar 900 ribu lainnya menderita kolera. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Laporan PBB: Putra Mahkota Saudi Bertanggung Jawab Atas Kematian Jurnalis Jamal Khashoggi

Figure
Organization