Home / Berita / Internasional / Dubes Qatar untuk Turki: Kunjungan Erdogan ke Qatar Sangat Penting

Dubes Qatar untuk Turki: Kunjungan Erdogan ke Qatar Sangat Penting

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan bersama dengan Emir Negara Qatar, Syaikh Tamim bin Hamad Al Tsani. (Arsip/@trpresidency)

dakwatuna.com – Ankara. Duta Besar (Dubes) Qatar untuk Turki, Salim bin Mubarak Al Shafy, menekankan pentingnya kunjungan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Ia menyebut, kunjungan kali ini bahkan terjadi di tengah meningkatnya berbagai tantangan. Lebih-lebih karena Turki juga berperan dalam upaya menengahi krisis Teluk.

“Kami selalu percaya bahwa kunjungan diplomatik resmi tingkat tinggi antara Qatar dan Turki akan sangat penting dan utama. Kunjungan seperti itu akan menjaga momentum hubungan bilateral, dan membantu dalam musyawarah serta koordinasi dalam hal perubahan yang sangat cepat pada situasi regional maupun internasional yang menjadi perhatian bersama,” kata Al Shafy, seperti dilansir aa.com.tr/ar, Selasa (14/11/2017).

Disebutkan, Presiden Erdogan akan berkunjung ke Doha pada Selasa hari ini. Setelah sebelumnya juga melakukan kunjungan ke Kuwait untuk bertemu dengan Emir Sabah.

Dubes menjelaskan, kunjungan Erdogan kali ini bertepatan dengan tahun ketiga dari pembentukan Komite Strategis antara kedua negara. Pada 02 Desember 2015 lalu, untuk pertama kalinya Komite Strategis Qatar dan Turki bertemu di Doha dengan dipimpin langsung oleh Erdogan dan Syaikh Tamim. Dalam pertemuan tersehut, berhasil ditandatangani 15 kesepakatan. Sedangkan pertemuan kedua digelar di Turki pada 18 Desember 2016.

Dubes menerangkan, kerjasama dan koordinasi kedua negara dalam bidang-bidang yang disepakati berjalan dengan sangat terorganisir. “Kami sangat menyambut baik terhadap tingkatan yang dicapai oleh hubungan ini. Terutama karena telah berhasil dalam melalui ujian yang sulit dalam dua tahun terakhir,” lanjutnya.

Terkait hasil pertemuan yang akan digelar, Dubes yakin akan sangat positif. Hal ini karena adanya nota kesepahaman dan kerjasama yang berjalan efektif.

“Kami yakin pertemun yang akan digelar akan sangat berguna dalam hal menilai kinerja semua pihak pada tahap akhir. Begitu juga untuk menilai hasil yang dicapai dari hubungan bilateral, serta hal-hal atau yang perlu intensifikasi dan upaya yang besar untuk mendorongnya ke depan,” tambahnya.

Selain itu, Dubes juga membahas hal-hal yang berkaitan dengan hubungan bilateral. Menurutnya, dalam pertemuan itu para pemimpin bidang akan membahas semua hal penting baik dari segi politik, ekonomi serta militer. Ia juga menegaskan, ada selalu ada keinginan bersama untuk meningkatkan volume perdagangan. Dijelaskan, situasi yang dihadapi Qatar menjadi peluang bagus untuk menambah kerjasama di bidang ekonomi dan investasi dengan Turki.

“Tak diragukan lagi, bahwa kunjungan itu juga akan membahas krisis teluk dan upaya mediasi yang tengah berjalan. Serta juga inisiatif lain untuk penyelesaian krisi dan hasilnya akan dievaluasi,” imbuhnya lagi. (whc/dakwatun)

Sumber: Anadolu Ajansi Arabic

Advertisements

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
William Ciputra

William Ciputra dilahirkan di Jakarta, 16 Agustus 1993. Pemuda yang juga berdarah Tionghoa dari sang ayah itu mengenyam pendidikan dasar dan menengah pertama di Kab. Tulungagung Jawa Timur. Setelah itu, ia hijrah dan melanjutkan sekolah menengah atas di Madrasah Aliyah (MA) As-Salam Rimbo Bujang Jambi. Kemudian, ia melanjutkan studi di Ma’had Aly An-Nuaimy Jakarta dan Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Qudwah Depok.

Saat ini, selain sebagai redaktur di Dakwatuna.com, ia juga tercatat sebagai Staf Tarbawi di Ma’had An-Nuaimy. Selain itu, ia juga tercatat sebagai Sekretaris Yayasan Fii Zhilalil Quran Jambi. Sebuah yayasan yang membawahi lembaga pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

Lihat Juga

Menteri Turki: Ada Kelompok Besar yang Terus Musuhi Islam dan Turki