Topic
Home / Berita / Internasional / Sidang Umum PBB ke-72, Trump Peringatkan Iran dan Korut

Sidang Umum PBB ke-72, Trump Peringatkan Iran dan Korut

Presiden AS saat berpidato di Sidang Umum PBB. (aljazeera.net)

dakwatuna.com – New York. Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ke-72, masih berlangsung. Banyak hal disampaikan oleh para pemimpin negara-negara saat berpidato. Di antaranya Presiden AS Donald Trump yang memberi peringatan keras pada Korea Utara (Korut) dan Iran.

“Amerika punya kekuatan dan kesabaran yang banyak. Tapi jika sekutu kami mendapatkan ancaman, maka kami akan luluh lantakkan Korut,” katanya, seperti dilansir dari Aljazeera.net, Rabu (20/09/2017).

Trump juga menyinggung para penyokong Korut. Menurutnya, pihak-pihak yang memasok senjata dan dana ke Korut, sama dengan menyalakan perang nuklir.

Presiden AS itu juga menyerang Iran dalam pidatonya. Katanya, kesepakatan nuklir dengan Iran adalah kesepakatan terburuk dalam sejarah AS. Kesepakatan itu juga memalukan menurutnya.

Trump melanjutkan, Iran menggunakan pendapatan minyak untuk menebar kematian dan kehancuran di Timur Tengah.

Presiden AS itu juga menegaskan, negaranya bertekad untuk memberantas yang ia namai Ekstrimis Islam. “Seluruh negara harus bekerja sama untuk memberantas tempat berlindung bagi terorisme. Juga untuk mengungkap dan meminta pertanggungjawaban negara-negara yang mendukung dan mendanai teroris seperti Al-Qaeda dan Taliban,” tambahnya.

Ia melanjutkan, “AS telah mengubah aturan pelibatan dalam perang melawan Taliban dan teroris lainnya. Ia juga mengklaim kemenangan negaranya melawan ISIS di Suriah dan Irak.

Di akhir, Trump menyebutkan negaranya berupaya untuk meredakan perselisihan di Suriah. Selain itu juga untuk mencapai solusi politik berdasar kehendak rakyat Suriah. (whc/dakwatuna)

Sumber: Al-Jazeera

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Di Hadapan Ivanka Trump, Tun Mahathir Kecam Keras Amerika Serikat

Figure
Organization