Home / Berita / Internasional / Cina Dorong Penyelesaian Konflik Negara-negara Teluk

Cina Dorong Penyelesaian Konflik Negara-negara Teluk

Cina dan krisis Teluk (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Cina. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Cina kembali secara terbuka mendorong agar krisis negara-negara Teluk segera diakhiri, dan menegaskan posisi negaranya tidak berubah.

Dalam jawaban atas pertanyaan yang diajukan kantor berita Aljazeera, jubir Kemlu Cina menggarisbawahi (29/8/2017) bahwa posisi Peking berdasarkan pada tiga prinsip utama.

Dirincikan, ketiga prinsip tersebut adalah: penyelesaian damai melalui Dewan Kerjasama Teluk, saling menghormati dan tidak mencampuri urusan dalam negeri negara lain, dan kerja sama memerangi terorisme.

Tanggapan resmi yang dikeluarkan Peking ini setelah sejumlah laporan media Uni Emirat Arab (UEA) yang menuduh Cina tidak lagi netral dalam melihat krisis Teluk (baca: ketegangan Qatar dengan Arab Saudi dan UEA).

Sebulan lalu, Menlu Qatar, Syaikh Muhammad bin Abdurrahman Ali Tsani, berkunjung ke Cina guna membahas upaya pengokohan hubungan bilateral kedua negara.

Sementara Pemerintah Cina dalam berbagai kesempatan menyerukan penyelesaian ketegangan di Teluk tersebut melalui dialog dalam Dewan Kerjasama Teluk, di mana ketiga negara berseteru menjadi anggotanya. (rem/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Ikuti Jejak Turki, Rusia Akan Melakukan Kunjungan ke Negara Teluk

Figure
Organization