Topic
Home / Berita / Internasional / Survei: Sekutu AS Lebih Percaya Putin daripada Trump

Survei: Sekutu AS Lebih Percaya Putin daripada Trump

Donald Trump dan Vladimir Putin. (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Doha. Sebuah hasil survei dari Pusat Riset Pew, menunjukkan bahwa para sekutu Amerika Serikat (AS) lebih percaya terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin daripada dengan Presiden AS, Donald Trump. Dilansir dari Aljazeera.net, Sabtu (19/08/2017), Putin dinilai lebih dominan dibanding Trump dalam urusan kebijakan luar negeri.

Bahkan surat kabar Inggirs, Independent menyebutkan, para sekutu AS dan negara lain memang meyakini bahwa Presiden Putin merupakan ancaman. Namun begitu, mereka lebih memercayainya dibanding Presiden Trump.

Presiden Putin ternyata lebih dipercaya dalam urusan kebijakan luar negeri. Meskipun nilai yang ia dapat masih tergolong rendah.

Survei ini melibatkan 2464 responden dewasa dari 37 negara di dunia. Ini merupakan survei tingkat global keempat yang diadakan PEW sepanjang bulan Februari hingga April tahun 2017.

Selain kepercayaan terhadap Putin dan Trump, hasil survei juga mengungkap keyakinan sepertiga negara peserta bahwa Rusia merupakan ancaman besar bagi mereka. Hal ini hampir seperti tingkat kecemasan yang ditimbulkan oleh Tiongkok dan AS.

Sebanyak 60% responden–di antaranya dari AS–mengungkapkan ketidakpercayaan mereka terhadap Putin dalam urusan internasional. Namun, pada permasalahan yang sama, Presiden Trump hanya dipercaya oleh 22% responden.

Hasil survei juga mengungkap perbedaan besar keunggulan Putin dari Trump di beberapa negara, terutama Jerman. Menurut responden Jerman, Putin unggul pada 31 poin termasuk kepercayaan. Sedangkan Trump hanya memperoleh 11 poin saja.

The Independent menilai, jebloknya nilai Trump di Jerman disebabkan oleh ketegangannya dengan Kanseir Jerman, Angela Merkel. Diketahui, Trump sering berbeda pendapat dengan Merkel terkait Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), perdagangan dan perubahan iklim. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera.net

Redaktur: William

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Pemilu Turki; Erdogan ‘Digdaya’ Menurut Hasil Survei

Figure
Organization