Home / Berita / Internasional / Survei: Sekutu AS Lebih Percaya Putin daripada Trump

Survei: Sekutu AS Lebih Percaya Putin daripada Trump

Donald Trump dan Vladimir Putin. (aljazeera.net)

dakwatuna.com – Doha. Sebuah hasil survei dari Pusat Riset Pew, menunjukkan bahwa para sekutu Amerika Serikat (AS) lebih percaya terhadap Presiden Rusia Vladimir Putin daripada dengan Presiden AS, Donald Trump. Dilansir dari Aljazeera.net, Sabtu (19/08/2017), Putin dinilai lebih dominan dibanding Trump dalam urusan kebijakan luar negeri.

Bahkan surat kabar Inggirs, Independent menyebutkan, para sekutu AS dan negara lain memang meyakini bahwa Presiden Putin merupakan ancaman. Namun begitu, mereka lebih memercayainya dibanding Presiden Trump.

Presiden Putin ternyata lebih dipercaya dalam urusan kebijakan luar negeri. Meskipun nilai yang ia dapat masih tergolong rendah.

Survei ini melibatkan 2464 responden dewasa dari 37 negara di dunia. Ini merupakan survei tingkat global keempat yang diadakan PEW sepanjang bulan Februari hingga April tahun 2017.

Selain kepercayaan terhadap Putin dan Trump, hasil survei juga mengungkap keyakinan sepertiga negara peserta bahwa Rusia merupakan ancaman besar bagi mereka. Hal ini hampir seperti tingkat kecemasan yang ditimbulkan oleh Tiongkok dan AS.

Sebanyak 60% responden–di antaranya dari AS–mengungkapkan ketidakpercayaan mereka terhadap Putin dalam urusan internasional. Namun, pada permasalahan yang sama, Presiden Trump hanya dipercaya oleh 22% responden.

Hasil survei juga mengungkap perbedaan besar keunggulan Putin dari Trump di beberapa negara, terutama Jerman. Menurut responden Jerman, Putin unggul pada 31 poin termasuk kepercayaan. Sedangkan Trump hanya memperoleh 11 poin saja.

The Independent menilai, jebloknya nilai Trump di Jerman disebabkan oleh ketegangannya dengan Kanseir Jerman, Angela Merkel. Diketahui, Trump sering berbeda pendapat dengan Merkel terkait Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO), perdagangan dan perubahan iklim. (whc/dakwatuna)

Sumber: Aljazeera.net

Advertisements

Redaktur: William Ciputra

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Alumni Mahad Aly An-Nuaimy Jakarta

Lihat Juga

Trump dan Macron Bahas Peningkatan Pengaruh Iran