Topic
Home / Berita / Silaturahim / Bersama ASPAC, UIN Syarif Hidayatullah Gelar Seminar 69 Tahun Pembagian Palestina

Bersama ASPAC, UIN Syarif Hidayatullah Gelar Seminar 69 Tahun Pembagian Palestina

Talk Show Palestine Solidarity Day di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (aspacpalestine.com)
Talk Show Palestine Solidarity Day di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (aspacpalestine.com)

dakwatuna.com – Jakarta. Hari ini bertepatan dengan tanggal 29 November 2016, yang merupakan tahun ke-69 dari ditetapkannya keputusan Resolusi PBB no.181 yang berisikan pembagian wilayah Palestina untuk bangsa Yahudi dan Palestina.

Dalam rangka memperingati hari bersejarah tersebut, ASPAC For Palestine bekerjasama dengan Jurusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Syarif Hidayatullah Jakarta, menggelar acara Talk Show Palestine Solidarity Day bertempat di auditorium FISIP UIN Jakarta, Selasa (29/11/2016).

Hadir sebagai narasumber yaitu Dr. Hani Awad, dosen asal Universitas Islam Gaza, Salman Alfarisi, Lc, Sekjend ASPAC for Palestina dan Eva Mushoffa, MA, sekretaris Jurusan HI FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dalam kuliah umumya dihadapan ratusan mahasiswa Hani menjelaskan secara runut sejarah Palestina sejak awal kali mereka diduduki oleh Inggris lalu Yahudi, hingga dibagi-bagi wilayahnya seperti sekarang.

“Permasalahan Palestina bukan milik bangsa Palestina saja, namun tanggungjawab di pundak kita semua selaku umat Islam,” ujar dia dihadapan peserta Talk Show.

Dosen asal Gaza ini kemudian menyampaikan kekagumannya terhadap bangsa Indonesia, karena sepanjang kunjungannya di negeri ini, berbagai lapisan masyarakat yang ia temui selalu menanyakan kondisi kekinian di Palestina.

“Termasuk acara memperingati hari solidaritas Palestina seperti sekarang adalah bentuk kepedulian bangsa Indonesia terhadap Palestina. Hal ini sekaligus memberikan pesan dari sikap kita yang menolak pembagian terhadap tanah Palestina,” jelas Hani.

Pembicara selanjutnya Eva Mushoffa yang merupakan dosen di Jurusan HI FISIP UIN Jakarta, memaparkan sejarah politik yang dilewati bangsa Palestina dari masa ke masa, termasuk di dalamnya proses munculnya resolusi PBB no. 181.

Agung, selaku ketua BEM FISIP UIN Jakarta yang juga menggagas acara ini mengaku senang dengan acara hasil kerjasama ASPAC dan UIN tersebut. Ia mengatakan peringatan hari Solidaritas Palestina ini merupakan yang kali pertama digelar di UIN Syarif Hidayatullah.

Mewakili ASPAC, Salman Alfarisi, sekjend ASPAC yang juga menjadi pemateri dalam acara talk show ini menyampaikan harapannya, agar nantinya terjadi kerajsama berkesinambungan antara ASPAC dengan UIN, khususnya dalam permasalahan Palestina. (msy/dakwatuna)

Redaktur: Muh. Syarief

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Wakil Direktur Studi Informasi Alam Islami (SINAI) Mesir 2008

Lihat Juga

Palestina Tolak Rekonsiliasi Tanpa Kemerdekaan

Figure
Organization