Topic
Home / Narasi Islam / Khutbah / Khutbah Istisqa: 5 Alasan Kita Menggelar Shalat Istisqa

Khutbah Istisqa: 5 Alasan Kita Menggelar Shalat Istisqa

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ وَأَنْزَلَ مِنَ

السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجَ بِهِ مِنَ الثَّمَرَاتِ رِزْقًا لَكُمْ وَسَخَّرَ لَكُمُ الْفُلْكَ لِتَجْرِيَ فِي الْبَحْرِ بِأَمْرِهِ وَسَخَّرَ لَكُمُ الأنْهَارَ (٣٢)

Allahlah yang telah menciptakan langit dan bumi dan menurunkan air hujan dari langit, kemudian Dia mengeluarkan dengan air hujan itu berbagai buah-buahan menjadi rezki untukmu; dan Dia telah menundukkan bahtera bagimu supaya bahtera itu berlayar di lautan dengan kehendak-Nya, dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu sungai-sungai. (Ibrahim: 32)

وَأَرْسَلْنَا الرِّيَاحَ لَوَاقِحَ فَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَسْقَيْنَاكُمُوهُ وَمَا أَنْتُمْ لَهُ بِخَازِنِينَ

Dan Kami telah meniupkan angin untuk mengawinkan (tumbuh-tumbuhan) dan Kami turunkan hujandari langit, lalu Kami beri minum kamu dengan air itu,dan sekali-kali bukanlah kamu yang menyimpannya. (Al-Hijr: 22)

وَلَقَدْ صَرَّفْنَاهُ بَيْنَهُمْ لِيَذَّكَّرُوا فَأَبَى أَكْثَرُ النَّاسِ إِلا كُفُورًا

Dan sesungguhnya Kami telah mempergilirkan hujan itu di antara manusia supaya mereka mengambil pelajaran (daripadanya); maka kebanyakan manusia itu tidak mau kecuali mengingkari (nimat). (Al-Furqan: 50)

مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ…

Ketiga, Sholat istisqa’ dilakukan oleh hamba-hamba Allah SWT menyadari bahwa setiap bencana yang menimpa manusia disebabkan karena tangan manusia itu sendiri. Sebagaimana  bencana  kabut asap yang sedang dihadapi oleh sebagian saudar-saudara kita di Riau, Palembang, Jambi, Kalimantan Barat, Tengah dan Timur. Sebagai akibat pembakaran lahan gambut yang ingin dijadikan lahan jutaan hektar perkebunan sawit dan pertanian. Padahal lahan gambut bukan untuk investasi tetapi sebagai lahan konservasi. Maka terjadilah bencana yang dahsyat dari tahun ke tahun. Lebih-lebih sekarang ini, tahun ini merupakan musim kemarau terpanjang. Simaklah firman Allah SWT:

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ أَيْدِي النَّاسِ لِيُذِيقَهُمْ بَعْضَ الَّذِي عَمِلُوا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُونَ (٤١)قُلْ سِيرُوا فِي الأرْضِ فَانْظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الَّذِينَ مِنْ قَبْلُ كَانَ أَكْثَرُهُمْ مُشْرِكِينَ (٤٢)

Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). 42. Katakanlah: “Adakanlah perjalanan di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang terdahulu. kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah).” (Ar-Ruum: 41-42)

وَلا تُفْسِدُوا فِي الأرْضِ بَعْدَ إِصْلاحِهَا وَادْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا إِنَّ رَحْمَةَ اللَّهِ قَرِيبٌ مِنَ الْمُحْسِنِينَ(٥٦)

dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya

Tetapi Allah SWT dengan kasih sayangnya yang tanpa batas memberi way out jalan keluar dari setiap bencana kepada orang-orang dengan berharap dan berdoa hanya kepada-Nya,

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Lahir di Jakarta dan telah dikaruniai Allah 7 putra dan 1 putri. Latar belakang pendidikan dari S1 FIP IKIP Jakarta (1990), dan S2 Administrasi Publik STIA YAPPAN (2007). Saat ini bekerja sebagai Dirut Edutraco Mitra Utama dan sebagai owner Azhari Islamic School di Lebak Bulus. Dalam berorganisasi, pernah diamanahkan sebagai Ketua Brigade PII Pengurus Wilayah, Ketua Forsil SDIT Se-Indonesia, dan Ketua JSIT Indonesia. Moto hidupnya adalah "Mencari Kemuliaan di Sisi Allah SWT dengan Iman, Ilmu, dan Prestasi".

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization