Topic
Home / Narasi Islam / Khutbah / Khutbah Istisqa: 5 Alasan Kita Menggelar Shalat Istisqa

Khutbah Istisqa: 5 Alasan Kita Menggelar Shalat Istisqa

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (١)الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ (٢)الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (٣)مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ (٤)

لَا إِلَهَ إِلَّا اَللَّهُ يَفْعَلُ مَا يُرِيدُ, اَللَّهُمَّ أَنْتَ اَللَّهُ, لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ, أَنْتَ اَلْغَنِيُّ وَنَحْنُ اَلْفُقَرَاءُ, أَنْزِلْ عَلَيْنَا الْغَيْثَ وَاجْعَلْ مَا أَنْزَلْتَ قُوَّةً وَبَلَاغًا إِلَى حِينٍ

“Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam, Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yang menguasai hari Pembalasan. (Al-Fatihah: 2-4).

Tidak ada sembahan yang berhak disembah kecuali Dia, Dia melakukan apa saja yang dikehendaki. Ya Allah, Engkau adalah Allah, tidak ada sembahan yang berhak disembah kecuali Engkau Yang Maha kaya sementara kami yang membutuhkan. Maka turunkanlah hujan kepada kami dan jadikanlah apa yang telah Engkau turunkan sebagai kekuatan bagi kami dan sebagai bekal di hari yang di tetapkan).”

Kemudian beliau terus mengangkat kedua tangannya hingga terlihat putihnya ketiak beliau. Kemudian beliau membalikkan punggungnya, membelakangi orang-orang dan membalik posisi selendangnya, ketika itu beliau masih mengangkat kedua tangannya. Kemudian beliau menghadap ke orang-orang, lalu beliau turun dari mimbar dan shalat dua rakaat. Lalu Allah mendatangkan awan yang disertai guruh dan petir. Turunlah hujan dengan izin Allah.

Beliau tidak kembali menuju masjid sampai air bah mengalir di sekitarnya. Ketika beliau melihat orang-orang berdesak-desakan mencari tempat berteduh, beliau tertawa hingga terlihat gigi gerahamnya, lalu bersabda:

“Aku bersaksi bahwa Allah adalah Maha kuasa atas segala sesuatu dan aku adalah hamba dan Rasul-Nya” (HR. Abu Daud no.1173, dishahihkan Al Albani dalam Shahih Abi Daud)

مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ…

Kedua, shalat istisqa ini digelar agar semua hamba-hamba-Nya mengakui akan Kebesaran Allah sebagai Penguasa satu-satunya di jagat raya ini. Tidak ada Penguasa yang mampu menurunkan hujan kecuali Allah Azza Wajalla. Sebagaimana firman-Nya:

Redaktur: Samin Barkah

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Lahir di Jakarta dan telah dikaruniai Allah 7 putra dan 1 putri. Latar belakang pendidikan dari S1 FIP IKIP Jakarta (1990), dan S2 Administrasi Publik STIA YAPPAN (2007). Saat ini bekerja sebagai Dirut Edutraco Mitra Utama dan sebagai owner Azhari Islamic School di Lebak Bulus. Dalam berorganisasi, pernah diamanahkan sebagai Ketua Brigade PII Pengurus Wilayah, Ketua Forsil SDIT Se-Indonesia, dan Ketua JSIT Indonesia. Moto hidupnya adalah "Mencari Kemuliaan di Sisi Allah SWT dengan Iman, Ilmu, dan Prestasi".

Lihat Juga

Grand Launching SALAM Teknologi Solusi Aman Covid-19 untuk Masjid

Figure
Organization