Topic
Home / Narasi Islam / Ekonomi / Bangkitnya Industri Pengolahan Hasil Perikanan

Bangkitnya Industri Pengolahan Hasil Perikanan

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi (inet)
Ilustrasi (inet)

dakwatuna.com – Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Mempunyai laut dengan luas 5,8 juta km2 dan garis pantai dengan panjang 91,181 km yang di dalamnya terkandung sumber daya perikanan dan kelautan yang mempunyai potensi besar untuk dijadikan sebagai tumpuan pembangunan ekonomi berbasis sumber daya alam. Saat ini, Indonesia telah menjadi bagian sebagai salah satu negara produsen perikanan dunia, di samping China, Peru, USA dan beberapa negara kepulauan lainnya.

Potensi lestari sumberdaya perikanan Indonesia diperkirakan sebesar 6,4 juta ton per tahun yang terbagi ke dalam beberapa titik perairan Indonesia dan perairan ZEEI (Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia). Meskipun sampai saat ini Indonesia masih belum memaksimalkan potensi yang ada, namun dalam beberapa tahun terakhir ini terlihat bahwa produksi ikan di Indonesia setiap tahunnya terus menunjukkan peningkatan, baik dari hasil tangkapan laut maupun dari hasil budidaya.

Kemajuan industri perikanan di Indonesia bukan hanya terlihat pada bidang tangkapan ataupun budidayanya. Akan tetapi industri pengolahan hasil perikanannya pun juga ikut mengalami kemajuan. Hal ini seperti yang diberitakan di Jawa Pos Edisi 8 Oktober 2015, bahwa salah satu perusahaan pengolah hasil perikanan PT. Central Pertiwi Bahari (CPB) yang merupakan anak perusahaan dari PT. Central Protein Prima pada tahun 2015 total penjualannya mencapai Rp 200 miliar. Atau naik 100 persen dibandingkan tahun lalu yang nilainya sekitar Rp 100 miliar. Dengan pencapaian yang telah didapat pada tahun ini, PT CPB optimistis menaikkan target pendapatan tahun depan yang mencapai Rp 400 miliar. Hal ini menunjukkan bahwa sektor industri pengolahan hasil perikanan telah mengalami kebangkitan.

Dalam beberapa tahun kedepan, peluang untuk pengembangan usaha kelautan dan perikanan Indonesia masih memiliki prospek yang sangat bagus. Jumlah penduduk Indonesia yang terus mengalami peningkatan, segmentasi pasar yang tepat sasaran, serta semakin tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya gizi dari sumberdaya alami, dan juga semakin besarnya peluang pasar ekspor, membuat Indonesia berpeluang besar untuk menjadikan sektor perikanan dan kelautan menjadi tumpuan perekonomian negara.

Sumber : http://agro.kemenperin.go.id/1994-Manfaatkan-Potensi-Ikan-Patin

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Nama saya Machfud Dwi Diantoro. Saya kuliah di Jurusan Buddaya Perairan Universitas Airlangga Surabaya. Sekarang aktif di Badan Legislatif Mahasiswa (BLM). Saya memiliki hobi membaca, menulis dan berolahraga seperti futsal, bulutangkis, dan tenis meja. Sekarang saya tinggal di Rumah Kepemimpinan PPSDMS Nurul Fikri. Disini saya dibina dan ditempa untuk disiapkan menjadi seorang pemimpin masa depan.

Lihat Juga

Gizi Buruk di Asmat Harus Jadi yang Terakhir

Figure
Organization