Topic
Home / Berita / Silaturahim / Unnes Canangkan Gerakan Subuh BerJamaah

Unnes Canangkan Gerakan Subuh BerJamaah

Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) Unnes semarang melaunching program Gerakan Subuh Jamaah, Rabu (14/10/15). (Imam Bukhori/cah unnes)
Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) Unnes semarang melaunching program Gerakan Subuh Jamaah, Rabu (14/10/15). (Imam Bukhori/cah unnes)

dakwatuna.com – Semarang. ┬áTidak seperti biasanya, sebelum subuh Masjid Kampus Ulul Albab Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah disesaki 350-an jamaah. Mereka adalah para mahasiswa yang bersiap menjalankan ibadah salat subuh. Rabu (14/10/15) pagi, merupakan launching program Gerakan Subuh Jamaah yang dicanangkan Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) Unnes.

Ketua UKKI Unnes Bayu Kurniawan mengatakan shalat subuh menjadi kewajiban bagi kaum muslimin. Shalat subuh juga mempunyai manfaat yang tidak bisa dianggap remeh, kata bayu.

“Shalat subuh berjamaah membiasakan seseorang bangun lebih pagi. Ketika bangun lebih pagi, seseorang akan memulai pekerjaan lebih awal. Selain itu juga akan menjadikan seseorang lebih disiplin dalam kehidupannya. Dari sudut pandang sosial, salat berjamaah akan menguatkan solidaritas dan kebersamaan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Bayu juga mengungkap pengaruh bangun pagi terhadap etos kerja dan kecerdasan. Menurutnya orang yang membiasakan diri bangun pagi akan lebih semangat dalam menjalani hari. Karena, ia bangun dalam kondisi fisik dan pikiran yang lebih segar.

“Jika setiap mahasiswa muslim di Unnes membiasakan diri bangun pagi dan diawali dengan shalat subuh jamaah, maka tidak mustahil jika peradaban Indonesia bangkit dari masjid. Hal itulah yang mendasari UKKI Unnes untuk ikut berpartisipasi dalam gerakan Subuh Jamaah,” tandasnya.

Bayu menambahkan, Gerakan Subuh Jamaah merupakan gerakan yang dimotori oleh Forum Silaturrahmi Lembaga Dakwah Kampus Nasional. Karena itu, ada berbagai universitas lain yang juga turut berpartisipasi dalam menggemakan Gerakan Shalat Subuh Berjamaah ini.

“Gerakan ini serentak dilaksanakan di 23 masjid kampus seluruh Indonesia. Kalau di Unnes dipusatkan di Masjid Ulul Albab,” pungkasnya.

Sementara itu Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Unnes Muhammad Mughnil Labib mendukung penuh dan memberikan apresiasi terhadap gerakan ini. Untuk menambah kuantitas peserta, Ia berharap UKKI Unnes dapat melakukan sosialisasi secara maksimal.

“Setidaknya UKKI Unnes bersilaturrahmi ke seluruh elemen kampus baik itu LK/BSO maupun birokrasi. Selain itu, libatkan ulama’ dan masyarakat di sekitar kampus,” ungkapnya. (cahunnes/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Gerakan Subuh Jamaah, Sejarah Baru Universitas Konservasi

Figure
Organization