Home / Berita / Internasional / Asia / Blokade Gaza Berlanjut, Mesir Hanya Akan Buka Perbatasan untuk Jemaah Haji

Blokade Gaza Berlanjut, Mesir Hanya Akan Buka Perbatasan untuk Jemaah Haji

Perbatasan Rafah (aa.com.tr)
Perbatasan Rafah (aa.com.tr)

dakwatuna.com – Mesir. Otoritas perbatasan Mesir mengumumkan (8/8/2015) bahwa pihaknya akan membuka Perbatasan Rafah selama tiga hari dimulai 7 September 2015 mendatang untuk warga Gaza yang akan menunaikan ibadah haji ke Arab Saudi.

Selain untuk jemaah haji, perbatasan juga dibuka hanya untuk warga Gaza di Mesir yang akan kembali ke wilayah yang diblokade sejak 2006 itu.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri Palestina di Gaza menyebutkan bahwa sebenarnya sekitar 20 ribu warga Gaza telah mengajukan permohonan keluar Gaza melalui Pintu Rafah, untuk alasan kemanusiaan seperti berobat.

Meskipun demikian, permohonan tersebut belum dapat dipenuhi karena sepanjang tahun 2015, pihak Mesir baru membuka pintu perbatasan selama 15 hari.

Sejak Presiden Mursi digulingkan pada pertengahan tahun 2013 lalu, pihak Mesir tampak memperketat dan mempersulit pembukaan Pintu Rafah. Pihak Mesir menyebutkan meningkatnya serangan kelompok militan kepada aparat Mesir di Sinai Utara sebagai alasan utama untuk memperketat pembukaan Pintu Rafah. (rem/dakwatuna)

 

Sumber: Anadolu Agency

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Referendum Mesir, Cara As-Sisi Untuk Berkuasa Hingga 2030

Organization