Home / Narasi Islam / Life Skill / Mengubah Mindset Negatif Menjadi Positif

Mengubah Mindset Negatif Menjadi Positif

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Ilustrasi. (inet)
Ilustrasi. (inet)

dakwatuna.com – Acap kali kita sering mendengar, seorang mengklaim dirinya bahwa dirinya tidak bisa begini, tidak bisa begitu, pemalas, bodoh, sangat tidak berani dan sangat tidak pantas menjadi orang yang sukses. Namun, semua itu akan selalu melekat kepada diri kita, tatkala kita memfrekuensikan kata-kata tersebut sehingga menjadi makanan yang wajib untuk kita serap dalam otak.

Rasulullah al ma’ shum mengingatkan, “ Jangan seorang di antara kalian mengatakan, alangkah buruknya diriku (habusyat nafsi), melainkan ucapkanlah, alangkah sempitnya diriku (laqisat nafsi)” (HR Bukhari & Muslim).

Dari hadits di atas dapat diambil kesimpulan bahwa yang pertama sebagai manusia yang dhaif, hendaknya kita menjaga ucapan kita (hifdhul lisan), karena apa yang sering kita ucapkan dan kitapun meyakininya maka Allah SWT akan mengabulkannya. Kedua, janganlah kita langsung menjudge diri kita itu buruk, karena itu masih hanya penilaian diri sendiri. Rubrik apa yang sudah kita gunakan sehingga kita bisa mengevaluasi diri kita. Sesungguhnya penilaian Allah SWT jauh lebih indah dibandingkan dengan penilaian manusia. waAllahu’allam, hanya kepada Allah saya berserah diri. Semoga bermanfaat…

Redaktur: Deasy Lyna Tsuraya

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Relawan Sekolah Guru Indonesia Dompet Dhuafa. Penempatan Kab. Pandeglang-Banten.

Lihat Juga

Seminar Nasional Kemasjidan, Masjid di Era Milenial