Topic
Home / Berita / Daerah / Gunung Sinabung Masuk Level Awas, Warga 4 Desa Kembali Mengungsi

Gunung Sinabung Masuk Level Awas, Warga 4 Desa Kembali Mengungsi

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Posko Besar PKPU untuk korban Sinabung - Foto: PKPU
Posko Besar PKPU untuk korban Sinabung – Foto: PKPU

dakwatuna.com – Medan. Erupsi Gunung Sinabung kembali terjadi. Tujuh orang dari Tim Pendayagunaan PKPU yang diketuai Joko Supranoto dikirim ke lokasi pengungsian Lau Buah, Desa Batu Karang, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo.

Ada sekitar 327 kepala keluarga atau 923 jiwa pengungsi yang ada di lokasi pengungsian tersebut. Sebagian besar pengungsi berasal dari Desa Guru Kinayan.

Dalam bantuannya kali ini, PKPU melakukan Prosmiling (Program Kesehatan Keliling), dengan mengirimkan tim kesehatan yang terdiri dari 2 dokter, 2 apoteker, 2 perawat, dan 2 relawan.

Tim masuk ke desa yang berjarak 7,8 kilometer barat daya gunung, sehingga jika ingin ke lokasi pengungsian ini harus melewati zona merah, jarak ke kota kabanjahe sendiri berkisar 12 km.

Sekarang pemerintah setempat sudah menetapkan Gunung Sinabung di level awas. Zona merah yang sebelumnya berjarak 3 km dari bagian tenggara dan selatan, kini bertambah hingga 7 km. Saat ini pengungsian berjarak 7,8 km dari arah barat daya.

“PKPU terus berkoordinasi dengan BPBD dan dinas sosial setempat untuk pemenuhan kebutuhan dasar pengungsi,” kata  Joko Supranoto, Senin (15/6/2015).

PKPU juga berencana melakukan aksi kesehatan berupa dapur air, sebar masker, hygiene Kit dan pelayanan Kesehatan

Menurut laporan tim di lapangan, adanya peningkatan status Awas (level 4) dari Gunung api Sinabung di Karo telah menyebabkan 2.428 jiwa (764 KK) mengungsi. Pengungsi berasal dari 4 desa yang terdapat di sisi selatan dan tenggara dari kawah G. Sinabung.

Sebanyak 929 jiwa (285 KK) warga Desa Tiga Pancur mengungsi ke Pos Paroki. 767 jiwa (268 KK) dari Desa Gurukinayan mengungsi ke Jambur Lau Buah.

Kemudian  275 jiwa (76 KK) asal Desa Pintu Besi mengungsi ke Pos Serbaguna KNPI Kabanjahe, dan 457 jiwa warga Desa Berastepu mengungsi ke Gedung Serbaguna GBKP Simpang enam Kabanjahe.

BPBD menetapkan zona merah bertambah hingga 7 km bagian tenggara dan selatan. Aktivitas G. Sinabung terus dipantau.

“Kita terus mengamati  guguran lava pijar dari puncak sejauh 1-2 km ke arah selatan dan 1 km ke tenggara. Terjadi 42 kali guguran dan tremor menerus.(kis/pkpu).

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Respon Letusan Freatik Merapi, PKPU Human Initiative DIY Bagikan Masker dan Pembersihan Debu di Sekolah

Figure
Organization