Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Iran Mulai Hadapi Gelombang Unjuk Rasa dari Etnis Azeri

Iran Mulai Hadapi Gelombang Unjuk Rasa dari Etnis Azeri

Demonstrasi Azeri di Iran. (almoslim)
Demonstrasi Azeri di Iran. (almoslim)

dakwatuna.com – Tehran. Warga ibukota provinsi Kurdistan Timur, Tabriz, melakukan serangkaian unjuk rasa melawan pasukan keamanan Iran. Hal yang membuat presiden Hassan Rouhani mengunjunginya, Rabu (20/5/2015) kemarin, untuk meredam aksi protes tersebut.

Rouhani berbicara di depan para pengunjuk rasa di stadion kota, meminta mereka untuk menahan diri. Rouhani beralasan, “Sekarang kawasan ini sedang melalui masa yang sangat kritis dan mencekam. Bangsa-bangsa di kawasan ini menggantungkan harapannya kepada Iran dan pemerintahannya.”

Tabriz adalah salah satu kota di Iran yang berpenduduk mayoritas Non-Persia. Komunitas Azeri yang menjadi penduduk mayoritas kota ini melakukan demonstrasi menentang politik Iran yang banyak merugikan mereka.

Beberapa waktu lalu, bentrokan yang terjadi antara demonstran dan pasukan keamanan membuat puluhan orang terluka dan ditangkap. Demonstrasi dilakukan di antaranya untuk menuntut hak warga dalam mempelajari bahasa Azeri.

Azeri adalah bangsa penduduk Azerbaijan. Selain berada di Azerbaijan, Azeri juga ada di Iran dan Turki. bahkan kebanyakan orang yang berbahasa Azeri saat ini berada di Iran. (msa/dakwatuna)

Sumber: Al-Moslim

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Di Hadapan Ivanka Trump, Tun Mahathir Kecam Keras Amerika Serikat

Figure
Organization