Topic
Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Bagaimana Cara Renovasi Rumah Minimalis Tropis yang Islami?

Bagaimana Cara Renovasi Rumah Minimalis Tropis yang Islami?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

DWI ANDJAR eks.view 2dakwatuna.com – 

 

Pertanyaan: 

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan yang saya hormati, saya memiliki rumah 1 lantai dengan kamar tidur 2 buah. Data – data terlampir. Rencana nya saya ingin membangun rumah 2 lantai.

Di atas ingin ada 2 kamar tidur anak, ruang cuci jemur. Ruang pelayan atau gudang, kamar mandi dan balkon kecil untuk tempat anak – anak bermain.

Di bawah saya ingin tidak banyak perubahan, agar biaya hemat. Hanya saja rumah saya bagian belakang tidak mendapat hawa segar. Bagaimana caranya membuat agar lantai 1 menjadi lebih nyaman dan sejuk ?

Pak Andan, saya ingin membuat rumah Islami dengan tampilan minimalis tropis. Dengan dinding expose , pet beton carport yang minimalis dan warna – warna yang cerah. Hingga tampilan rumah menarik, namun tetap sesuai syariat Islam.

Demikian pertanyaan saya.  Terimakasih atas tanggapannya.

Dwi Andjar – Bekasi

 

Jawaban:

Wa’laikum salam wrwb

Ibu Dwi Andjar yang saya hormati, beserta segenap netters dakwatuna.com dimanapun anda berada,  alhamdulillah saya bisa on line kembali. Beberapa waktu ini saya mendapat ujian sakit tipes dan demam berdarah. Bahkan anak bungsu saya ikut sakit juga dan sempat di rawat di rumah sakit.

Mohon doa agar proses penyembuhan keluarga kami dapat berlangsung dengan cepat. Hingga dapat kembali aktif seperti sedia kala. Kembali menyapa netters dakwatuna dengan materi rumah islami atau desain masjid yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Bu Dwi Andjar, untuk membuat desain rumah Islami, saya buat pintu masuk rumah ibu menjadi 2. Karena awalnya hanya satu saja dari ruang tamu. Kini saya buka ruang tidur depan dengan meletakkan pintu ke teras.

Teras depan sekaligus saya besarkan hingga mampu menerima tamu dan bisa menjadi akses samping bagi tuan rumah jika ada tamu di ruang dalam. Akses samping ini juga bisa digunakan untuk meletakkan motor dan sepedanya anak – anak.

Ruang tidur depan saya ubah menjadi ruang multi fungsi. Bisa jadi perpustakaan atau juga ruang kerja. Atau bisa juga menjadi ruang tidur tambahan jika ada tamu. Dengan pola ini kita tidak merubah banyak bangunan lantai satu yang memang sudah bagus.

Hanya bagian belakang saja saya buka. Dengan membuat taman kecil di belakang. Dapur dan kamar mandi belakang tetap tidak dibongkar. Hingga taman tersebut bisa berfungsi sebagai akses hawa bagi dapur, ruang keluarga, kamar mandi belakang, dan ruang makan.

Kini kita beralih ke lantai 2. Area atas saya cor dak beton di bagian depan nya. Hingga saya bisa meletakkan balkon di depan dan bagian atap belakang bisa saya buat pola setengah lantai untuk menyelipkan tangga ke lantai 2.

Jalur kamar mandi atas dan bawah saya buat berdekatan. Jalur struktur ruang tidur atas dan bawah saya buat menerus ke atas. Dengan pola ini kita dapat meraih hasil yang optimal dan hemat dari segi pola kerja dan pola pendanaan rumah ini.

Terakhir, jalur service area. Ia berada di sisi kanan tengah dan depan rumah. Saya buat demikian agar jika dana terbatas kita bisa membuat pola rumah tumbuh di area ini. Kita hanya membuat cor dak beton nya saja. Namun bangunan di atas  nya bisa ditunda pelaksanaannya.

Alhamdulillah, selesai sudah desain kita kali ini. Rumah tropis dengan tampilan dinding bata dan dinding Hebbel  expose. Lalu perpaduan dinding warna yang cerah ceria serta atap pet beton di balkon dan carport. Semua campuran desain ini membuat tampilan rumah ini bergaya minimalis tropis yang tidak membosankan.

Semoga bermanfaat artikel ini. Mohon doa agar kami dapat istiqamah berjalan dan berdakwah di dunia maya ini. Kita ketemu lagi di lain waktu dengan artikel yang berbeda. Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

 

Andan Nadriasta, ST

Kirimkan email pertanyaan /order desain/pelaksanaan ke : [email protected]

(sbb/dakwatuna)

DWI ANDJAR DENAH AWALDWI ANDJAR DENAH renov.  lt. atasDWI ANDJAR DENAH renov.  lt. dasarDWI ANDJAR eks.view 1DWI ANDJAR eks.view 2DWI ANDJAR eks.view 3DWI ANDJAR eks.view 6DWI ANDJAR kiri

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Rumah Klasik Rumah Minimalis, Lebih Murah Yang Mana? (1)

Figure
Organization