Topic
Home / Berita / Nasional / Jemuran Karya Mahasiswa UI ini Bisa Deteksi Perubahan Cuaca

Jemuran Karya Mahasiswa UI ini Bisa Deteksi Perubahan Cuaca

Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dari Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) yang tergabung dalam tim Sunsquare. (dailysocial.net)
Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dari Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) yang tergabung dalam tim Sunsquare. (dailysocial.net)

dakwatuna.com РDepok.  Cuaca tidak menentu kerap menjadi permasalahan tersendiri bagi mereka yang beraktivitas di luar rumah dan meninggalkan pakaian dalam kondisi basah usai dicuci. Terinsipirasi pada situasi tersebut, sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dari Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) yang tergabung dalam tim Sunsquare menciptakan sebuah alat penjemur pakaian yang peka terhadap perubahan cuaca.

Riza Herzego Nida Fathan (Sistem Informasi 2011), Yusuf Cahyo (Alumni Ilmu Komputer angkatan 2011), Muhammad Faris (Sistem Informasi 2013), Kurniagusta Dwinto (Ilmu Komputer 2011) dan Irfan Nur Afif (Ilmu Komputer 2011) menamakan alat tersebut dengan Jemurin (Jemuran Integrated System). Alat tersebut merupakan alat penjemur pakaian yang diintegrasikan dengan sebuah sistem untuk mendeteksi matahari dan hujan saat pemiliknya tidak ada.

“Jemurin mampu mendeteksi perubahan cuaca (matahari dan hujan) yang terjadi akan ditangkap oleh sistem sehingga sistem akan berfungsi sebagai pengangkat dan penjemur (tarik-ulur) pakaian secara otomatis,” ujar Ketua Kelompok Sunsquare, Riza Herzego, Jumat (13/3).

Riza menjelaskan, jemuran ini akan bekerja pada saat sistem menangkap cuaca hujan maka jemurin akan menarik pakaian yang telah terjemur dan sebaliknya apabila sistem menangkap cuaca matahari maka jemurin akan mengulur pakaian tersebut. Selain itu, Jemurin juga dapat diakses melalui website, aplikasi mobile serta dapat mengirimkan notifikasi SMS kepada pengguna.

Kreativitas mahasiswa UI ini berhasil membawa mereka ke ajang Hackathon Hardware, dan menjadi juara ke tiga dari kompetisi tersebut. Langka terbarukan seperti ini mulai banyak diminati oleh para peneliti muda. Universitas Indonesia melalui siaran tertulisnya mengaku terus berusaha untuk menjadi universitas riset terbaik di Indonesia. (ROL/sbb/dakwatuna)

Redaktur:

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

(Video) Mesin Raksasa Ini Mengganti Rel KA Secara Otomatis

Figure
Organization