Topic
Home / Berita / Silaturahim / Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa Adakan Pelatihan Pengembangan Tenaga Pendidik

Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa Adakan Pelatihan Pengembangan Tenaga Pendidik

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Pelatihan Pengembangan Tenaga Pendidik olehPusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa. (Wulan/DD)
Pelatihan Pengembangan Tenaga Pendidik oleh Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa. (Wulan/DD)

dakwatuna.com – Bogor.  Pada Rabu dan Kamis (11- 12/02/2015) lalu, Pusat Sumber Belajar (PSB) Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa menyelenggarakan pelatihan Pengembangan Tenaga Pendidik dengan tema “Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Kelas”. Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini dihadiri oleh 25  guru dari MI (Madrasah Ibtidaiyah) dan SDI (Sekolah Dasar Islam) yang ada disekitar Lembaga Pengembangan Insani Dompet Dhuafa (LPI DD).

Permasalahan yang sering muncul di sekolah seperti manajemen sekolah yang masih tradisional dan ala kadarnya serta kualitas pembelajaran yang belum efektif menjadi pencetus diadakannya pelatihan ini.

Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa kemudian menggagas sebuah konsep pengembangan sekolah berdasarkan parameter penilaian yang terdiri dari kriteria-kriteria efektif untuk mereformasi sekolah dasar melalui pendekatan yang dikembangkan dari dua perspektif permasalahan di atas. Tujuan diadakannya pelatihan ini yakni untuk mengembangkan kompetensi dan kemampuan tenaga pendidik agar mampu memberikan yang terbaik kepada anak didik dan sekolah masing-masing.

Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan yang dimulai pukul 08.00 pagi sampai 15.30 sore tersebut. Senyum dan gelak tawa memenuhi ruangan Aula Sekolah Guru Indonesia ketika para pemateri memberikan materi dengan pembawaan yang serius namun santai. Zayd Syaefullah dan kang Iwan didapuk menjadi trainer pelatihan hari itu, Keduanya membawakan materi yang membangkitkan semangat mengajar para guru yang hadir.

“Pelatihannya keren dan saya semakin bersemangat untuk memberikan yang terbaik untuk murid-murid dan tidak sabar untuk menerapkan ilmu yang didapat di sekolah nanti”, ujar Ida salah satu peserta pelatihan. Pelatihan Pengembangan Tenaga Pendidik ditutup dengan kuis seputar media pembelajaran dan disudahi dengan foto bersama. Seru sekali. (nhr/dd/sbb/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Avatar
Media Relations - Marketing Komunikasi Divisi Pendidikan Dompet Dhuafa, Alumni Manajemen Sumberdaya Lahan Fakultas Pertanian IPB, Jaringan Muslimah Nasional FSLDK Indonesia 2012-2015. Hobi membaca, menulis dan travel.

Lihat Juga

Kesembilan Kalinya, Forjim Adakan Roadshow One Masjid One Jurnalist

Figure
Organization