Topic
Home / Berita / Daerah / PKPU-Bank bjb Gelar Pelatihan Masyarakat Berpendidikan Rendah

PKPU-Bank bjb Gelar Pelatihan Masyarakat Berpendidikan Rendah

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Pelatihan Wirausaha, kerjasama PKPU Bandung dengan Bank bjb, Rabu (25/2/15). (Arini/kis/pkpu)
Pelatihan Wirausaha, kerjasama PKPU Bandung dengan Bank bjb, Rabu (25/2/15). (Arini/kis/pkpu)

dakwatuna.com – Bandung.  PKPU Bandung bersama Bank bjb menggelar pelatihan wirausaha dan kursus gratis yang ditujukan untuk  masyarakat menengah kebawah dengan pendidikan rendah, putus sekolah ataupun korban PHK di Bandung dan sekitarnya.

Pelatihan yang  memberikan wawasan kewirausahaan serta kursus keterampilan praktis ini,  diadakan di Alifa Moeslem’s Shopping Center Jl. BKR Lingkar Selatan Bandung, pada rabu (25/2/15).

Pelatihan diisi pembekalan dan motivasi dari pengusaha-pengusaha sukses, diantaranya Tri Astuti selaku Owner Mutif Collection yang menyampaikan materi “Succes Story”.

Mereka berbagi cerita pengalaman berwirausaha dan cara pengembangan usaha, apa saja kunci sukses berwirausaha, bagaimana memanfaatkan peluang menjadi uang dan tips memulai usaha.

Owner Rumah Makan Ponyo Rijal Asy’ari dalam paparannya memberikan motivasi bagaimana meraih sukses.

Peserta diharapkan  akan tergerak  mengikuti contoh orang-orang sukses dan  termotivasi  memulai usaha dari nol meskipun dengan modal yang kecil dan memiliki pendidikan rendah.

Pelatihan yang juga diisi oleh perwakilan dari Dinas KUKM dan Perindag Kota Bandung sebagai Keynote Speaker ini dihadiri sekitar 175 orang peserta pelatihan dari wilayah Bandung dan sekitarnya.

Pasca mengikuti pelatihan wirausaha ini, para peserta pelatihan nantinya akan diarahkan  memilih kelas pelatihan praktis diantaranya, Kursus Menjahit, Desain Grafis, Sablon, Cukur Rambut dan Salon Muslimah.

Supriadi, perwakilan Dinas KUKM dan Perindag Kota Bandung mengatakan,  mewujudkan Kota Bandung yang kokoh, maju dan berkeadilan perlu dengan meningkatkan SDM.

“Upaya peningkatan SDM Kota Bandung dengan target menciptakan 100.000 wirausaha baru tentunya tidak akan berjalan tanpa adanya kerjasama dan sinergi dengan berbagai pihak lain”, ujarnya.

Supriadi merasa bangga pada PKPU yang sudah menyelenggarakan program wirausaha hingga sampai angkatan 17 dan sekarang angkatan baru kerjasama dengan Bank bjb.

“Terima kasih kepada PKPU dan Bank bjb atas kontribusinya yang dapat membantu pencapaian target pemerintah meningkatkan SDM masyarakat Kota Bandung,” tambahnya.

Pelatihan wirausaha kali ini merupakan pelatihan angkatan pertama kerjasama PKPU Bandung dan CSR Bank bjb. Ini merupakan program penyaluran dana sosial bank bjb dalam bidang ekonomi sebagai bentuk sosial pengabdian perusahaan kepada masyarakat.

Pelatihan dan kursus gratis bank bjb ini diharapkan dapat menjadi salah satu jalan untuk membantu masalah kemiskinan dan pengangguran di Indonesia, khususnya masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya.

Pada hari yang sama juga dilaksanakan Wisuda Peserta Kursus Gratis Inkubator Mandiri PKPU Bandung Angkatan 17 yang dihadiri Kepala Disdik Kota Bandung.

Sebanyak 60 orang siswa kursus gratis diwisuda pada hari ini, diantaranya kursus cukur sebanyak 8 orang, kursus sablon 5 orang, kursus salon muslimah 10 orang, kursus desain grafis 11 orang, dan kursus menjahit 26 orang.

Inkubator Mandiri sendiri merupakan salah satu program pemberdayaan ekonomi yang berada di bawah naungan Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU.

Pelatihan Wirausaha ini telah PKPU jalankan sejak tahun 2007, dan lebih dari 1.000 orang telah mengikuti pelatihan di Inkubator Mandiri PKPU Bandung.

Peserta bervariasi mulai dari pemuda pengangguran, PHK dan putus sekolah. Mulai tingkat lulusan SD, SMP, SMU, Mahasiswa dan karyawan.

Program ini terlaksana dengan dukungan dari berbagai donatur, baik perusahaan, perorangan ataupun komunitas masyarakat. (Arini/kis/pkpu/sbb/dakwatuna)

IMG_3584IMG_3607IMG_3673IMG_3750IMG_3773

 

 

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar

Lihat Juga

Kesembilan Kalinya, Forjim Adakan Roadshow One Masjid One Jurnalist

Figure
Organization