Topic
Home / Berita / Internasional / Eropa / Presiden Kosovo: Turki Paling Berjasa dalam Kemerdekaan Kosovo

Presiden Kosovo: Turki Paling Berjasa dalam Kemerdekaan Kosovo

Presiden Kosovo, Fatmir Sejdiu. (almoslim)
Presiden Kosovo, Fatmir Sejdiu. (almoslim)

dakwatuna.com – Izmir. Presiden Kosovo, Fatmir Sejdiu, menyatakan bahwa Turki adalah negara sahabat yang sangat dekat dengan Kosovo. Turkilah negara yang paling berjasa dalam kemerdekaan Kosovo.

Dalam sambutannya memperingati kemerdekaan Kosovo di Izmir, Turki, seperti dilansir Almoslim, Senin (23/2/2015), Sejdiu mengatakan, “Setelah membantu kemerdekaan, Turki tidak pernah berhenti membantu perekonomian Kosovo. Turki saat ini memberikan dukungan dalam banyak sektor.”

Sementara itu, Rifat Sait, dari AK-Parti Turki, mengatakan bahwa Kosovo mempunyai posisi yang sangat strategis di kawasan ini. Oleh karena itu, Turki terus menghidupkan perekonomiannya dengan banyaknya perusahaan Turki yang menanam modal di sana.

Dulunya, Kosovo adalah sebuah wilayah yang dipimpin pemerintah otonomi. Kemudian, pada tahun 2008, negeri ini merdeka secara sepihak dari Serbia. Sejak tahun 1999 hingga tahun 2008, Kosovo berada di bawah pemerintahan internasional (PBB) setelah terjadi perang etnis dengan Serbia.

Kemerdekaannya diakui banyak negara, termasuk negara-negara Eropa. Namun hingga kini Serbia masih menolak mengakuinya. (msa/dakwatuna)

Redaktur: M Sofwan

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Ketua Studi Informasi Alam Islami (SINAI) periode 2000-2003, Kairo-Mesir

Lihat Juga

Ini Alasan Turki Beli Sistem Pertahanan dari Rusia

Figure
Organization