Topic
Home / Berita / Internasional / Amerika / Puluhan Mahasiswa Meksiko yang Hilang Teridentifikasi

Puluhan Mahasiswa Meksiko yang Hilang Teridentifikasi

Tim forensik menyisir lokasi dekat Cocula untuk mencari petunjuk (bbc.co.uk)
Tim forensik menyisir lokasi dekat Cocula untuk mencari petunjuk (bbc.co.uk)

dakwatuna.com – Meksiko. Setidaknya satu dari 43 mahasiswa Meksiko yang hilang di negara bagian Guerrero berhasil diidentifikasi dari sisa-sisa jenazah yang hangus terbakar, kata pejabat resmi.

Sebagaimana diberitakan BBC (7/12/2014), keluarga seorang mahasiswa bernama Alexander Mora mengkonfirmasi bahwa itu adalah sisa jenazahnya. Kerabat mengatakan keluarga menerima informasi dari tim pakar forensik.

Para mahasiswa diduga ditangkap oleh polisi lokal di kota Iguala pada September dan diserahkan kepada geng kriminal. Jaksa penuntut mengatakan geng kriminal ini membunuh mereka dan membakar jenazahnya di tempat pembuangan sampah di dekat kota Cocula sebelum menebar sisa abu ke sungai.

Hilangnya puluhan mahasiswa ini memicu protes luas di Meksiko, menentang praktik korupsi dan kekerasan. Popularitas Presiden Enrique Pena Nieto turun ke titik terendah sejak dia terpilih dua tahun lalu.

Menanggapi protes massa, dia sudah mengajukan paket reformasi ke Kongres, termasuk mengganti 1.800 polisi lokal dengan polisi nasional. Para pelajar sebelumnya datang ke Iguala untuk melakukan protes terhadap apa yang mereka sebut sebagai praktik perekrutan guru yang diskriminatif.

Polisi melepas tembakan ke arah pelajar, yang sudah berada di bus untuk kembali ke kampus mereka. Tiga pelajar tewas dan tiga lain yang berada dekat bus juga meninggal.

Bus penuh dengan mahasiswa berusaha untuk melarikan diri tetapi dikejar oleh sejumlah polisi. Mereka kemudian dibawa ke kantor polisi lokal. Sejumlah polisi yang ditangkap atas dugaan penculikan siswa mengatakan kepada para penyidik bahwa mereka menyerahkan mereka kepada geng narkoba Guerreros Unidos. (bbc/rem/dakwatuna)

Redaktur: Rio Erismen

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Avatar
Alumnus Universitas Al-Azhar Cairo dan Institut Riset dan Studi Arab Cairo.

Lihat Juga

Rawan Imigran, Trump Kirim Ribuan Tentara ke Perbatasan

Organization