Topic
Home / Berita / Nasional / Aksi Solidaritas dan Penggalangan Dana Solo Raya untuk Palestina

Aksi Solidaritas dan Penggalangan Dana Solo Raya untuk Palestina

Aksi Solidaritas Solo Raya untuk Palestina.  (Al Fatih)
Aksi Solidaritas Solo Raya untuk Palestina. (Al Fatih)

dakwatuna.com – Solo.  Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Peduli Palestina (AMP3) Soloraya, menggelar aksi dan penggalangan dana dengan tema “Solidaritas untuk Palestina”. Aksi tersebut digelar pada Jum’at, 11 Juli 2014 pukul 13.00 hingga 15.10 WIB.

Aksi yang diawali longmarch sepanjang Jalan Slamet Riyadi dan aksi teatrikal tersebut diikuti oleh ratusan mahasiswa dan elemen organisasi mahasiswa se- Soloraya diantaranya LDK JN UKMI UNS dan LDF se-UNS, BEM se-UNS (FMIPA, FK, FP, FEB, FT, FKIP, FISIP), FAROIS Surakarta, PUSKOMDA FSLDK Soloraya, KAMMI Daerah Soloraya, Komunitas One Day One Juz (ODOJ) Soloraya, Indonesia Tanpa JIL chapter Soloraya, Garuda Keadilan Soloraya, dan mahasiswa umum se-soloraya.

Sebelumnya, menurut berita dari Pusat Informasi Palestina yang diakses pada tanggal 10 Juli 2014 kemarin, Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan bahwa jumlah korban serangan militer zionis Israel ke Jalur Gaza terus bertambah. 82 warga Palestina Gaza gugur dan 500 orang luka-luka.

Sementara menurut Komite Nasional untuk Rakyat palestina (KNRP), data selama sebulan terakhir serangan Israel ke Jalur Gaza adalah 75 warga Jalur Gaza syahid, 764 terluka, 751 kali serangan udara dilancarkan Israel,768 balasan tembakan roket dari Gaza ke wilayah Palestina yang dijajah Israel, 103 masjid dan rumah hancur akibat serangan Israel.

Palestina merupakan satu dari dua negara yang mengawali pengakuan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. Namun, sejak tahun 1948, tanah Palestina dijajah oleh zionis Israel dan hampir setiap tahun terus dibombardir tanah dan bangunan rumah mereka hingga jutaan orang menjadi korban.

“Kami mengecam dan mengutuk tindakan keji zionis israel, jelas itu suatu pembantaian dan menyalahi prinsip kemerdekaan yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945 negara kita.” Ujar Ridwan, selaku koordinator AMP3. Di tengah bulan ramadhan seperti ini, zionis Israel terus melancarkan serangan biadabnya, dan korban yang berjatuhan kebanyakan merupakan warga sipil Palestina.

Di akhir aksi tersebut, Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Peduli Palestina Soloraya mengeluarkan pernyataan sikap yaitu :

1. Mengecam dan mengutuk pembantaian zionis Israel terhadap rakyat palestina.
2. Bahwa pembantaian yang terjadi di palestina bukan sekedar isu agama semata, tetapi sudah diluar batas kemanusiaan.
3. Menyerukan kepada mujahidin Palestina untuk terus menggencarkan jihad fi sabilillah untuk memertahankan kemerdekaan bangsanya.
4. Menuntut pemerintah Indonesia untuk terus menyuarakankutukannya terhadap zionis israel atas pembantaian rakyat palestina karena tidak sesuai dengan pembukaan UUD 45 kepada dunia internasional.
5. Menghimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk terus mendoakan dan turut membantu meringankan penderitaan rakyat palestina.

Aksi penggalangan dana ini menghasilkan sumbangan sebesar Rp 39.038.550,00, 1 handphone nokia tipe 1280, dan 1 cincin emas.  (Al Fatih/sbb/dakwatuna)

 

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Olah Raga. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Opick: Jangan Berhenti Bantu Rakyat Palestina!

Figure
Organization