Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Muslimah Rusia Terkesima dengan Jilbab Klaten

Muslimah Rusia Terkesima dengan Jilbab Klaten

Perdagangan kerudung dan busana muslim (ANTARA/Irsan Mulyadi)
Ilustrasi - Perdagangan kerudung dan busana muslim (ANTARA/Irsan Mulyadi)

dakwatuna.com – London. Muslimah Rusia terkesima ketika melihat jilbab-jilbab cantik khas Indonesia yang berasal dari Klaten pada pameran “Moscow International Halal Exhibition 2011”. Busana muslimah dari Bunda Collection tersebut didatangkan dari tanah air untuk dipamerkan di stand Indonesia, ujar Sekretaris Kedua Pensosbud KBRI Moskow Lailal K. Yuniarti kepada ANTARA London, Kamis.

 

Selain menampilkan jilbab unik dan menawan, stand KBRI Moskow juga memamerkan produk-produk makanan halal dari tanah air. Muslimah Rusia yang terkenal modis sangat tertarik dengan jilbab-jilbab berasal dari Klaten, Jawa Tengah tersebut yang ditata rapi dengan warna-warni cerah sesuai untuk musim semi dan musim panas seperti pink, ungu dan hijau.

Selain warnanya yang menarik perhatian, penampilan jilbab dengan bunga dan payet tersebut sangat sesuai dengan jiwa orang Rusia yang senang tampil modis dan glamour. Dalam kesempatan itu, KBRI Moskow juga akan menampilkan peragaan busana muslim dengan menghadirikan seorang perancang busana dari Indonesia, Toto Supangat.

Peragaan busana yang menampilkan lebih dari 20 busana muslim dengan tema batik dan tenun akan menghiasi puncak kegiatan Moscow International Halal Exhibition 2011 pada 28 Mei mendatang. Tahun ini untuk yang kedua kalinya, KBRI Moskow kembali berpartisipasi dalam “2nd Moscow International Halal Exhibition”.

Pameran produk dan industri halal ini diselenggarakan oleh Dewan Mufti Rusia didukung oleh beberapa kementerian dan instansi terkait di Rusia. Pameran telah dibuka secara resmi oleh Ketua Dewan Mufti Rusia, Sheikh Ravil Gaynutdin, pada Kamis dan berlangsung hingga 28 Mei mendatang.

Menurut Mufti Rusia, Sheikh Ravil Gaynutdin, produk dan industri halal di Rusia saat ini menunjukkan perkembangan yang sangat pesat. Diharapkan dengan semakin banyaknya peserta Moscow International Halal Exhibition 2011 ini akan semakin memperluas cakrawala masyarakat Rusia mengenai potensi produk-produk halal di Rusia.

Sementara Duta Besar Hamid Awaludin menyatakan dengan jumlah muslim Rusia yang cukup besar, yaitu 23 juta dari 140 juta penduduk atau 18 persen dari total populasi Rusia, Indonesia memiliki kesempatan yang sangat besar untuk memasukkan produk-produk halal Indonesia ke pasar Rusia. Tidak saja produk makanan dan minuman, tetapi juga pakaian-pakaian muslim dan kosmetik halal yang dibutuhkan oleh masyarakat muslim Rusia, ujarnya.

Moscow International Halal Exhibition 2011 ini diadakan di salah satu expo center terbesar di Rusia diikuti oleh sekitar 75 perusahaan dan beberapa negara Islam. Produk-produk yang ditampilkan cukup beragam, mulai dari industri makanan olahan dan minuman bersertifikat halal, cafe dan restoran halal, biro-biro perjalanan, percetakan buku-buku Islam serta produsen pakaian muslim. (Krisman Purwoko/ant/RoL)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (21 votes, average: 9.62 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Bukan Mau tapi Siap, Inilah 4 Hal yang Wajib Dilakukan Muslimah Sebelum Menikah

Figure
Organization