Topic
Home / Berita / Internasional / Asia / Israel Angkat Pemimpin Agresi Gaza sebagai Panglima Militer

Israel Angkat Pemimpin Agresi Gaza sebagai Panglima Militer

Yuav Galant (Getty Images)

dakwatuna.com – Nazaret. Pemerintah Zionis, Ahad (5/9), menyetujui penunjukan Jenderal Yu’av Galant (51 tahun) sebagai panglima baru militer Israel. Dia adalah pemimpin perang agresi terakhir ke Jalur Gaza yang lalu.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan kantor PM Israel Benyamin Netanyahu, dinyatakan bahwa “pemerintah telah menyetujui penundukan (Jenderal Galant) sebagai panglima militer selama 3 tahun, dan bisa diperpanjang satu tahun bila ada kondisi pengecualian.”

Benyamin Netanyahu mengomentadi penunjukan ini dengan mengatakan bahwa Golant telah membuktikan kelayakannya sebagai pemimpin yang berani selama 33 tahun bertugas di militer dan terus komitmen mengikuti pendahulunya Jenderal Gabi Ashkenazy.

Pada tahun 2005 Jenderal Golant menjabat sebagai komandan tertinggi wilayah selatan (mencakup Jalur Gaza, perbatasan dengan Mesir dan padang gurun Nagev). Pada tahun yang sama dia memimpin penarikan pasukan Israel dari Jalur Gaza.

Tiga tahun kemudian Jenderal Golant memimpin agresi berdarah yang meluluh-lantakkan Jalur Gaza yang sudah berada di bawah kekuasaan gerakan Hamas. Dalam agresi berdarah ini sedikitnya 1400 warga Palestina, mayoritas warga sipil gugur. PBB menuduh Israel melakukan “kejahatan perang” dan mungkin “kejahatan terhdap kemanusiaan”.

Organisasi kemanusiaan non pemerintah di Israel Bet Selem telah meminta dilakukan “penyelidikan independent” mengenai peran Golant dalam agresi ke Jalur Gaza. Untuk memastikan bahwa dia mampu memimpin militer Israel dengan tetap menjaga prinsip-prinsip perilaku yang patut. (asw/pip)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 5.67 out of 5)
Loading...

Tentang

Tim dakwatuna adalah tim redaksi yang mengelola dakwatuna.com. Mereka terdiri dari dewan redaksi dan redaktur pelaksana dakwatuna.com

Lihat Juga

Opick: Jangan Berhenti Bantu Rakyat Palestina!

Figure
Organization