Topic
Home / Berita / Silaturahim / HAI UEA – PKPU Berikan Layanan Kesehatan Gratis di Kampung Sindang Asih Bogor

HAI UEA – PKPU Berikan Layanan Kesehatan Gratis di Kampung Sindang Asih Bogor

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Prosmiling (Program Kesehatan Masyarakat Keliling) di Desa Pasarean Kecamatan Pamijahan, Kampung Sindang Asih, Bogor, Ahad (13/11/2016). (Dita/Putri/PKPU)
Prosmiling (Program Kesehatan Masyarakat Keliling) di Desa Pasarean Kecamatan Pamijahan, Kampung Sindang Asih, Bogor, Ahad (13/11/2016). (Dita/Putri/PKPU)

dakwatuna.com – Bogor.  Berdasarkan rekomendasi wilayah yang diperoleh dari Desa Pasarean Kecamatan Pamijahan, Kampung Sindang Asih merupakan salah satu daerah terisolir dan tertinggal yang ada di wilayah Desa Pasarean.

PKPU menindak lanjuti informasi tersebut dengan mengadakan survey langsung ke lokasi yang beralamat di Kampung Sindang Asih RT.01/RW.08 Desa Pasarean Kec. Pamijahan Bogor.

Akses jalan  menuju Kampung Sindang Asih rusak dan sempit serta hanya bisa dilalui oleh satu mobil. Jalan tersebut merupakan satu-satunya jalan menuju kampung Sindang Asih yang dikelilingi perkebunan di kanan kiri jalan.

Medannyapun sangat berbahaya karena banyak terdapat tanjakan dan jurang serta belokan yang sangat tajam membuat  Kampung Sindang Asih seperti terisolir dari daerah lain. Meskipun terpencil berada di tengah-tengah perkebunan, pemukiman yang ada di kampung Sindang Asih lumayan padat dan ramai. Masyarakatnya masih banyak yang berperilaku buang air besar sembarangan di sungai maupun persawahan.

Menurut keterangan dari  Ardji (56) ketua RT setempat, saat ini banyak warganya yang terserang wabah penyakit gatal-gatal disertai nanah. Penyakit ini banyak menyerang anak-anak dan balita. Para orang tuapun enggan membawa  anaknya ke Puskesmas terdekat karena meskipun jaraknya hanya sekitar 3 km, namun karena medannya yang sulit sehingga jarak tempuhnya menjadi lama.

Menindaklanjuti informasi tersebut, PKPU sebagai Lembaga Kemanusiaan Nasional bekerjasama dengan donatur HAI Uni Emirat Arab, mengadakan Prosmiling (Program Kesehatan Masyarakat Keliling) yang bertempat di Majelis Taklim RT 01, Ahad (13/11/2016).

Salah satu  tujuan dari program ini adalah untuk mendekatkan dan memberikan layanan kesehatan yang berkualitas bagi warga miskin yang tinggal di daerah terpencil dan jauh dari akses kesehatan. Dalam Aksi Prosmiling kali ini juga di adakan layanan preventif seperti penyuluhan mengenai Tumbuh Kembang  Anak serta Pemberian Makanan Tambahan untuk balita.

Prosmiling diawali dengan pengenalan PKPU dan penyuluhan mengenai  Tumbuh Kembang Anak oleh ahli gizi dari Puskesmas Pembantu (PUSTU) Desa Pamijahan. Yang spesial dari Prosmiling kali ini adalah Tim Medis yang semuanya berasal dari PUSTU Desa Pasarean.

Masyarakat tampak akrab dan tidak asing lagi dengan tenaga medis yang memberikan layanan, sehingga semua layanan ramai oleh masyarakat yang berobat.

Dokter Fery Feryandi yang menjadi koordinator dari  Tim Medis menyambut baik dengan adanya pengobatan gratis ini.

“Ini merupakan kegiatan yang sangat baik dan mulia dan sekaligus membantu program kesehatan dari PUSTU Desa Pasarean,” ujar Dokter Fery. Ia menambahkan akan terus mensupport kegiatan–kegiatan baksos kesehatan di wilayahnya, terutama untuk kebutuhan tenaga medis.

Majelis Taklim RT 01 yang dijadikan lokasi pengobatan sangat ramai didatangin oleh warga. Dari awal pembukaan pukul 09.00 hingga pukul 11.30 WIB, tak pernah sepi dari warga yang akan berobat. Jumlah penerima manfaatpun membludak, dari target yang direncanakan untuk pengobatan umum sebanyak 100 pasien menjadi  116 pasien. Layanan gizi balitapun tak kalah ramainya, dari target 50 balita menjadi 113 anak balita mendapatkan penimbangan serta konsultasi gizi dari tim medis PKPU. Mereka  juga mendapatkan makanan tambahan atau PMT untuk membantu perbaikan gizinya.

“Alhamdulillah kedatangan PKPU ke Kampung Sindang Asih ini sangat membantu dan sangat peduli pada kesehatan. Saya sebagai ketua RT mewakili warga mengucapkan rasa terima kasih kepada Tim Medis dan PKPU,atas kepeduliannya kepada masyarakat kami. Semoga PKPU dan donatur HAI Uni Emirat Arab semakin sukses dan Allah membalas kebaikannya” ujar Ardji, Ketua RT 01.  (Dita/Putri/PKPU/SaBah/dakwatuna)

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

‘Saudi dan Emirat Harus Ditekan Agar Hentikan Perang Yaman’

Figure
Organization