Home / Berita / Profil / Lewat Karya Tulis, Ika Kenalkan BJ Habibie pada Masyarakat Jepang

Lewat Karya Tulis, Ika Kenalkan BJ Habibie pada Masyarakat Jepang

Farikhatul Jannah, Mahasiswi UNNES pemenang dalam Japanese Experience Contest yang diadakan PT Kyoritsu.  (unnes.ac.id)
Farikhatul Jannah, Mahasiswi UNNES pemenang dalam Japanese Experience Contest yang diadakan PT Kyoritsu. (unnes.ac.id)

dakwatuna.com – Jakarta. Mengenalkan tokoh terkemuka Indonesia kepada negara lain bisa dilakukan lewat beragam cara. Karya tulis menjadi media yang digunakan Farikhatul Jannah untuk mengenalkan mantan presiden BJ Habibie kepada masyarakat Jepang.

Ika, begitu panggilan akrabnya,  merupakan mahasiswa jurusan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang (Unnes). Lewat tulisan tersebut, dia keluar sebagai jawara dalam Japanese Experience Contest yang diadakan PT Kyoritsu. Demikian, seperti dilansir dari laman Unnes, Jumat (3/10/2014).

Keluar sebagai pemenang, Ika menerima hadiah berupa kunjungan ke Jepang selama tujuh hari dengan biaya penuh dari penyelenggara. Bersama empat pemenang lainnya, Ika akan menjelajah Negeri Sakura itu pada Januari mendatang.

Dalam lomba tersebut, Ika mengambil tema “Watashi ga nihonjin ni shoukai shitai indonesia no yuumeijin” atau “Memperkenalkan orang terkenal di Indonesia kepada orang Jepang”. Pada kesempatan itu, dia mengambil subjek BJ Habibie.

Tercatat 100 peserta dari seluruh Indonesia mengikuti seleksi awal. Namun setelah seleksi berkas berhasil tersaring 58 peserta untuk mengikuti babak final di Jakarta. Kemudian, 58 orang itu diseleksi lagi dengan kuis mengenai ekonomi, bisnis, budaya, politik, dan sebagainya yang terkait dengan Jepang.

Dari 58 orang peserta dipilih 15 orang terbaik untuk final pidato bahasa Jepang selama lima menit. Setiap peserta diberikan tiga tema oleh panitia dan harus memilih salah satunya. Setelah pidato tersebut maka dipilihlah lima orang pemenang utama yang akan berangkat ke Jepang.

Pencapaian Ika patut dicatat secara khusus. Sebab, di antara lima pemenang, tiga orang di antaranya merupakan peserta yang berprofesi dalam bidang bahasa Jepang dan bahkan pernah pergi ke Jepang.  (okezone/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Penolakan pangkalan perang AS di Okinawa (youtube.com)

Ribuan Warga Jepang Protes Pangkalan Perang AS di Okinawa

Organization