Home / Berita / Internasional / Asia / Arab Saudi Tetapkan Wukuf Jumat 3 Oktober 2014

Arab Saudi Tetapkan Wukuf Jumat 3 Oktober 2014

Jamaah Haji saat melaksanakan wukuf di Arafah.  (tribunnews.com)
Jamaah Haji saat melaksanakan wukuf di Arafah. (tribunnews.com)

dakwatuna.com – Jakarta.  Pemerintah Arab Saudi menetapkan 1 Zulhijah jatuh pada 25 September, sehingga puncak haji atau wukuf (9 Zulhijah) terjadi pada hari Jumat, 3 Oktober 2014.

“Baru saja kami dapat informasi dari Kepala Pusat Observatorium King Abdul Aziz tentang penetapan 1 Zulhijah, bahwa hasil pengamatan tim di Arab Saudi ada beberapa tempat melihat hilal,” kata Kasubdit Pembinaan Syariat dan Hisab Rukyah Kemenag RI, Ahmad Izzuddin, di Kantor Misi Haji Indonesia Daker Madinah, Rabu (24/9/2014).

Ada pendapat ketika wukuf jatuh di hari Jumat maka akan terjadi haji akbar. Pada saat ini masyarakat Arab Saudi banyak melaksanakan ibadah haji ini.

“Ini menjadi tradisi haji Akbar. Haji akbar terakhir pada tahun 2006,” ujarnya.

Sementara Pemerintah Indonesia menetapkan Idul Adha (10 Zulhijah) pada 5 Oktober 2014 seusai sidang itsbat penetapan awal Zulhijah 1435 H yang berlangsung di Kantor Kementerian Agama.

Sementara itu Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam Muhamadiyah telah menetapkan Idul Adha 10 Dzulhijah 1435 Hijriah jatuh pada hari Sabtu, 4 Oktober 2014. Penentuan itu berdasarkan perhitungan hisab atau dikenal dengan “hisab hakiki” yang dilakukan Majelis Tarji Muhammadiyah. (inilah/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Hamas Bantah Pernyataan Al-Amir Turky Al-Faishal