Home / Berita / Daerah / RZ Beri Pelatihan Yatim Menjahit

RZ Beri Pelatihan Yatim Menjahit

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.
Yatim penerima Beasiswa OKP mendapat pelatihan  menjahit dari RZ.  (sari/rz)
Yatim penerima Beasiswa OKP mendapat pelatihan menjahit dari RZ. (sari/rz)

dakwatuna.com – Aceh. RZ (Rumah Zakat) cabang Aceh berikan pelatihan menjahit kepada 7 anak yatim SMP dan SMA penerima beasiswa OKP (Orphan Kafalah Program), program beasiswa yang diberikan oleh OKI (Organisasi Kerja sama Islam). Pelatihan diadakan di dua tempat berbeda, yaitu di Montasik, Kab. Aceh Besar dan di Kampung Laksana, Kota Banda Aceh.

Pelatihan dilakukan sebagai upaya untuk memberikan keterampilan kepada anak yatim. Setelah 4 bulan mengikuti pelatihan, mereka sudah dapat membuat beberapa model pakaian. Masing-masing anak pun telah membuat 5 hingga 8 pakaian. “Agar mereka memiliki skill setelah keluar dari beasiswa OKP,” ungkap Muharrahman, koordinator proyek RZ Aceh, Rabu (17/09/14).

Program dapat berjalan berkat kerja sama RZ, OKI dan beberapa penjahit di wilayaah anak yatim tersebut. Dekatnya rumah penjahit yang akan mengajar dan anak yatim yang akan diajar memudahkan anak yatim menjangkau rumah para pengajarnya. “Kami mengupayakan agar program ini terus berjalan dan semakin luas wilayah cakupannya. Sehingga anak binaan yang memiliki potensi dalam bidang fashion design, dapat mengembangkan potensi tersebut,” tutur Muharramah.

Beberapa waktu lalu diadakan juga pemeriksaan kesehatan 30 yatim penerima beasiswa OKP dan walinya. Kegiatan yang dilakukan di MTsN Lhoknga Kab. Aceh Besar ini bertujuan untuk mengontrol kesehatan anak yatim binaan, “Agar jika ada anak yang sakit, dapat ditangani sesegera mungkin, sehingga sakitnya belum terlalu parah,” ujar Muharramah.

OKI merupakan organisasi internasional yang mewadahi warga muslim dunia di 57 negara yang tergabung dalam organisasi ini. OKI memiliki seorang perwakilan tetap di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). RZ adalah satu dari beberapa organisasi di Indonesia yang dipilih sebagai mitra kerja sama OKI. Saat ini RZ diamanahi 800 anak yatim oleh OKI. Beberapa anak yang dibina dibina oleh RZ menjadi yatim karena tsunami dan konflik. Seluruh anak yatim yang mendapat beasiswa OKP mendapat pembinaan dan pendampingan akademik, spiritual, pemeriksaan kesehatan, dan beberapa agenda lain yang akan meningkatkan kualitas hidupnya. (sari/rz/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Lihat Juga

BI Perwakilan Riau Bersama PKPU Selenggarakan Khitanan Massal