Topic
Home / Berita / Nasional / Tanggal 27 Agustus Akan Ada “2 Bulan” di Angkasa, Benarkah?

Tanggal 27 Agustus Akan Ada “2 Bulan” di Angkasa, Benarkah?

Ilustrasu - Garis edar "planet luar" dan "planet dalam" di Tata Surya. (Heavens-above.com via tdjamaluddin.wordpress.com)
Ilustrasi – Garis edar “planet luar” dan “planet dalam” di Tata Surya. (Heavens-above.com via tdjamaluddin.wordpress.com)

dakwatuna.com – Saat ini sedang beredar kabar mengenai fenomena alam yang mengatakan bahwa pada tanggal 27 Agustus 2014 akan ada “dua bulan” di angkasa. Kabar tersebut mengatakan bahwa seluruh dunia sedang menunggu kejadian tersebut. Karena pada tanggal 27 Agustus itu, planet Mars akan sangat cerah dan tampak seperti bulan sehingga semua orang dapat melihatnya dengan mata telanjang, sehingga seperti kembar dengan bulan. Kabar tersebut juga mengatakan bahwa fenomena ini akan terulang lagi pada tahun 2287.

Benarkah?

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Thomas Djamaluddin, mengatakan dalam akun Facebooknya, Sabtu (23/8/2014), bahwa kabar tersebut adalah hoax alias bohong. Djamaluddin juga mengungkapkan bahwa hoax tersebut sudah menjadi ‘ritual’ tahunan menjelang tanggal 27 Agustus. “Hoax itu menyebar via sms, BBM, atau milis. Setidaknya sudah beberapa orang menanyakan soal kabar bohong yang kembali menyebar”, ungkap Djamaluddin.

Djamaluddin sendiri sudah pernah mengungkapkan mengenai adanya hoax tersebut pada blognya di tahun 2010. Pada tulisannya berjudul “HOAX: Purnama Ganda, Mars Purnama Terdekat Pasca 27 Agustus 2003” tersebut, Djamaluddin memaparkan bahwa sebenarnya setiap 15 – 17 tahun sekali planet Mars mencapai titik terdekat dengan bumi. Namun tidak sedekat 27 Agustus 2003. Pada Agustus 1971 jaraknya sekitar 59 juta km. Kemudian pada September 1988 jaraknya sekitar 63 juta km. Tahun 2003 ini mencapai titik terdekat, 55,7 juta km. Berikutnya baru pada 31 Juli 2018 dengan jarak 57,7 juta km. (dakwatuna/hdn)

Redaktur: Ardne

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Tentang

Lihat Juga

Khutbah Idul Fitri 1439 H: Berita Bohong dan Hubungan Sosial

Figure
Organization