Home / Konsultasi / Konsultasi Arsitektur / Bagaimana Merenovasi Rumah Tua Menjadi Rumah Minimalis?

Bagaimana Merenovasi Rumah Tua Menjadi Rumah Minimalis?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

yopi bandung view 4dakwatuna.com – 

 

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wrwb

Pak Andan di dakwatuna, saya memiliki rumah yang melebar. Rumah sekarang terdiri dari 2 kamar tidur. Mobil tidak bisa masuk ke dalam halaman rumah. Karena terlalu sempit.

Saya ingin ada 3 kamar tidur. 1 kamar tidur di atas. Lalu saya juga ingin mobil bisa masuk di parkir ke dalam lahan rumah. Hingga lebih aman.

Satu hal lagi, saya ingin renovasi dilakukan dengan konsep murah meriah. Hemat dan tidak banyak bongkar bangunan lama. Karena atap lama akan saya ganti, kusen dan pintu juga diganti semua dan tentu pengecatan ulang rumah.

Rumah tersebut rumah tua, untuk itu saya ingin di renovasi dengan gaya minimalis masa kini. Hingga kesannya menjadi rumah modern yang cantik

Demikian pertanyaan saya. Terima kasih perhatian Pak Andan.

Wasslaamu’alaikum wrwb

Abdullah

 

 

Jawaban:

Wa’alaikum salam wrwb

Pak Abdullah yang saya hormati, untuk menghemat pengeluaran biaya renovasi, maka bangunan lama yang masih satu lantai tetap saya pertahankan. Konsentrasi saya pada pembuatan lantai 2. Hingga biaya bangun sebenarnya banyak di lantai satu.

Bangunan lama memang tidak banyak diubah, namun karena ada pekerjaan ganti atap, ganti pintu dan kusen, ganti plafon, pengecatan rumah dan lain – lain, maka saya tidak berani berkreasi terlalu banyak untuk lantai 2.

Kamar tidur di atas tepat berada di atas kamar tidur bawah. Lalu kamar mandi juga demikian. Hingga pola struktur dan pipa airnya menjadi mudah serta hemat biaya. Pengerjaan lapangannya juga menjadi lebih cepat. Upah tukang menjadi lebih murah.

Setelah pola struktur seluruh bangunan dapat, saya bisa berkreasi lebih leluasa di bagian muka rumah. Dengan gaya minimalis yang modern saya ubah rumah tua ini menjadi cerah ceria. Segar menawan dengan paduan warna – warna terang.

Carport saya buat miring. Tidak tegak lurus dengan bangunan. Hingga mobil dan motor dapat parkir dengan leluasa. Teras lama yang terlalu luas saya kecilkan. Karena tidak efektif dan mengganggu parkir. Pola ini juga membuat rumah semakin terasa besar, karena carport miring akan menampilkan muka rumah secara optimal.

Alhamdulillah, selesai sudah desain kita kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua.  (andan/sbb/dakwatuna)

Akhirul kalam,

Wassalaamu’alaikum wrwb

Andan Nadriasta, ST

Kirimkan email pertanyaan / order desain / pelaksanaan ke : [email protected] (0817-496-5742)

yopi bandung denah awal - luas renovasiyopi bandung denah renovyopi bandung view 1yopi bandung view 2yopi bandung view 3yopi bandung view 4yopi bandung view 5yopi bandung view 6

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (3 votes, average: 9,33 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Andan Nadriasta, ST
Lulusan Teknik Arsitektur angkatan 90 Univ. Pancasila. Bisa dihubungi di 0817-496-5742. Aktif menulis di media tahun 99. Sebagai pengisi rubrik griya di koran Republika. Sebelumnya sempat aktif di Tabloid Nova. Membantu pembuatan desain rumah tinggal yang di asuh oleh Ir. Nurhadi.Andan Nadriasta diambil dari bahasa sansekerta. Artinya adalah 'tangan yang berkarya'. Doa dari orang tua tersebut mengiringi segenap kegiatan dalam berkarya membuat disain rumah tinggal yang islami. Serta berdakwah di lingkungan sekitar hingga daerah yang dikunjungi.

Lihat Juga

Bagaimana Cara Hemat Membuat Rumah Tingkat di Tanah Yang Kecil?