Home / Berita / Internasional / Asia / Awali Gerak Cepat Bantuan Kemanusiaan, KNRP Serahkan 4,5 Milyar untuk Gaza

Awali Gerak Cepat Bantuan Kemanusiaan, KNRP Serahkan 4,5 Milyar untuk Gaza

Ketua Harian KNRP Caca Cahayaningrat memberikan bantuan donasi untuk rakyat Gaza Palestina secara simbolis kepada General Manager Aliansi Internasional untuk Penyelamatan Al Quds dan Palestina Usamah Owni di Istanbul Turki, Ahad (20/7) .  (KNRPMedia)
Ketua Harian KNRP Caca Cahayaningrat memberikan bantuan donasi untuk rakyat Gaza Palestina secara simbolis kepada General Manager Aliansi Internasional untuk Penyelamatan Al Quds dan Palestina Usamah Owni di Istanbul Turki, Ahad (20/7) . (KNRPMedia)

dakwatuna.com – Istanbul.  Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) dan Adara International Relief mengawali pemberian bantuan kemanusiaan untuk Gaza Palestina melalui Aliansi Internasional untuk Penyelamatan Al Quds dan Palestina di Istanbul Turki, Ahad (20/7/14) lalu.

Bantuan donasi dari rakyat Indonesia untuk Jalur Gaza senilai 4,5 Milyar rupiah dan bantuan dari masyarakat Indo‎nesia di Qatar yang juga sekalian diserahkan sejumlah 21.000 Euro ini diserahkan langsung Ketua Harian KNRP Caca Cahayaningrat dan Wakil Ketua Adara Relief Foundation Nurjanah Hulwani kepada General Manager Aliansi Internasional untuk Penyelamatan Al Quds dan Palestina Usamah Owni di kantornya di Istanbul, Turki.

Penyerahan bantuan tersebut juga di saksikan Sekretaris Umum KNRP Heri Efendi, dan relawan KNRP Jawa Timur Muhammad Shaleh Drehem.

Dalam kesempatan tersebut, Caca menjelaskan, ini adalah bentuk gerak cepat KNRP dalam rangka pemberian bantuan kepada rakyat Palestina di Jalur Gaza yang mengalami tragedi kemanusiaan, yang setidaknya hingga kini memakan korban 640 gugur, 3700 luka-luka, 8720 rumah dan bangunan hancur. “Tragedi kemanusiaan di Jalur Gaza sangat kritis, dan membutuhkan bantuan kemanusiaan seperti obat-obatan, peralatan medis, makanan, dalam waktu yang sangat cepat,” jelasnya.

Untuk tahap awal ini KNRP memberikan bantuan untuk Gaza melalui Aliansi Internasional untuk Penyelamatan Al Quds dan Palestina di Turki, karena saat ini pintu masuk satu-satunya ke Jalur Gaza, pintu Rafah masih di tutup oleh Pemerintah Mesir, seperti dijelaskan Caca. “Setelah ini, KNRP dan beberapa Lembaga Kemanusiaan lainnya akan langsung menuju Jalur Gaza, insya Allah awal Agustus atau setelah Idul Fitri dalam pemberian donasi berikutnya, urusan administrasi sedang dalam proses melalui koordinasi dengan Direktur Timur Tengah Kementerian Luar Negeri RI,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum KNRP Heri Efendi menjelaskan bahwa Aliansi Internasional untuk Penyelamatan Al Quds dan Palestina ini adalah konsorsium LSM Kemanusiaan yang konsern memberikan bantuan moril dan materiil untuk Palestina dan Jalur Gaza, “Aliansi ini memiliki jaringan yang luas dengan lembaga-lembaga kemanusiaan yang bekerja untuk Palestina, seperti Miles for Smile Eropa yang telah 28 kali mengirimkan bantuan ke Gaza dan kini sudah siap membawa bantuan ke Gaza, Ikatan Dokter Arab, lembaga-lembaga amal lainnya di Turki, Mesir, Sudan, Tunisia, Aljazair, Malaysia, Indonesia dan beberapa negara lainnya,” terangnya.

“Selain itu, Aliansi telah menjalin kerjasama dengan beberapa LSM di Gaza untuk penyaluran bantuan bagi rakyat Gaza,” imbuhnya.

Sebagian pimpinan dan pengurus dari Aliansi Internasional ini, lanjut Heri, adalah orang Palestina yang berasal dari Gaza sehingga memiliki jalur bantuan kemanusiaan ke Gaza, “Telah beberapa kali Aliansi ini juga menjalankan program kemanusiaan dan kampanye untuk Gaza dan Palestina, Syaddur rihal, Konferensi-konferensi tentang Gaza dan Palestina,” urainya lengkap.

Aliansi Internasional ini berkantor pusat di Istanbul Turki, dimana negara ini keberpihakan pemerintah, petinggi-petinggi negara dan rakyatnya tidak saja memiliki perhatian untuk Gaza dan Palestina tetapi telah teruji dalam memberikan bantuan untuk Gaza, bahkan beberapa warga negaranya menjadi korban kekejian Israel dalam misi kemanusiaan Freedom Flotilla.

Turki memiliki hubungan bilateral dengan Israel, namun hubungan ini digunakan justru untuk menekan Israel dan sikap politiknya sangat jelas dalam membantu perjuangan rakyat Palestina.

Saat ini, Jalur Gaza masih di serang, korban pun semakin banyak berjatuhan, di saat yang sama juga bantuan donasi dari rakyat Indonesia baik di dalam maupun luar negeri terus mengalir khususnya ke KNRP,

“Terimakasih dan apresiasi kepada para donatur, mitra kerjasama lembaga kemanusiaan, media dan pemerintah Indonesia dalam membantu tragedi kemanusiaan pada bangsa yang terjajah, Palestina. Kami di KNRP akan berusaha sekuat tenaga untuk menyalurkan bantuan-bantuan yang telah dititipkan oleh masyarakat Indonesia untuk saudara-saudara di Gaza,” pungkas Heri.   (KNRPMedia/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (1 votes, average: 10,00 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. (Islammemo.cc)

Erdogan Kembali Kecam As-Sisi, Hubungan Mesir-Turki Kian Menegang