Home / Berita / Internasional / Asia / Brunei Terapkan Hukum Syariah, Selebriti Dunia Boikot Hotel

Brunei Terapkan Hukum Syariah, Selebriti Dunia Boikot Hotel

Sultan Hassanal Bolkiah - (Foto: telegraph.co.uk)
Sultan Hassanal Bolkiah – (Foto: telegraph.co.uk)

dakwatuna.comSultan Bolkiah mengumumkan pada Rabu lalu bahwa ia akan mendorong penerapan hukum syariah yang akan diterapkan secara bertahap.

Pada tahap awal, hukum syariah menerapkan denda atau hukuman penjara bagi pelanggaran, termasuk perilaku tidak senonoh, kealpaan untuk menghadiri shalat Jumat, dan hamil di luar nikah.

Fase kedua, yang antara lain mencakup hukuman untuk pencurian dan perampokan, akan mulai diterapkan pada akhir tahun ini. Hukumannya akan lebih keras, seperti memotong anggota badan dan cambuk.

Pada akhir tahun depan, hukuman seperti hukuman rajam untuk kasus sodomi dan perzinahan akan diterapkan.

Sejumlah selebriti, termasuk pendiri kelompok Virgin, Richard Branson, berjanji untuk memboikot sebuah jaringan hotel yang punya kaitan dengan Sultan Brunei Hassanal Bolkiah, setelah Sultan itu menerapkan hukum syariah Islam di negaranya.

Branson mengatakan pada akhir pekan bahwa para karyawan Virgin tidak akan menginap di jaringan hotel mewah Dorchester Collection, yang mencakup The Dorchester di London, Inggris, dan Hotel Beverly Hills di Los Angeles, AS. “Tidak ada karyawan @Virgin, maupun keluarga kami, yang akan menginap di Dorchester Hotel sampai Sultan itu mematuhi hak asasi manusia,” kata miliarder Inggris itu dalam posting-an di Twitter.

Sejumlah orang lain yang telah menyerukan boikot antara lain komedian Stephen Fry, pembawa acara TV Sharon Osbourne, dan komedian Ellen DeGeneres.

Kelompok dari AS, Feminist Majority Foundation juga mengatakan telah menarik penghargaan tahunannya, Global Women’s Rights Awards, yang diketuai Jay Leno dan Mavis, dari Hotel Beverly Hills sebagai bentuk protes.

Dorchester Collection dilaporkan dimiliki oleh Badan Investasi Brunei, sebuah badan investasi yang berada di bawah departemen keuangan kesultanan yang kaya minyak itu.

Para pejabat Pemerintah Brunei belum bisa segera dihubungi untuk memberikan komentar terkait hal itu pada Senin ini. Dorchester Collection juga tidak segera menanggapi permintaan AFP untuk berkomentar tentang berita itu.

Langkah Brunei telah memicu kecaman di media sosial terhadap penguasa kaya tersebut, dan kecaman internasional, termasuk dari kantor hak asasi manusia PBB. Namun, Sultan Bolkiah telah membela penerapan hukum itu, yang dimaksudkan untuk menopang Islam dan menjaga negara itu dari pengaruh luar.

“Kami tidak pernah berpikir buruk tentang orang lain. Kami tidak pernah mengandalkan mereka untuk menerima kami atau setuju dengan itu, tetapi sudah cukup jika mereka menghormati kami dengan cara kami menghormati mereka,” ujarnya pada akhir pekan lalu, saat mengumumkan penerapan hukum itu. (kompas/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (69 votes, average: 8,80 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.
  • Atik Afianti

    maju terus pantang mundur..! “innallooha ma’anaa..”

  • hahahahahahahahahah ?

  • ipan

    setuju dengan sultan, sultan hanya menjalankan identitas dirinya sebagai muslim, di indonesia menyetir sebelah kiri, di amerika menyetir sebelah kanan, masing masing kita punya jalur sendiri

  • Sejuki

    Mereka yg mengecam itu sebenarnya belum tau berapa indahnya Islam, karena bersumber dari Allah Tuhan Semesta Alam langsung Sang Maha Pencipta Alam Semesta beserta seluruh isinya.

    Menentang penerapan Syari’at Islam (baca: Hukum Allah) sama dg menentang Allah itu sendiri. Sombong amat……….!

  • rohannurmuslim

    Allahu Akbar…

  • yzar

    Yang menolak berarti mendukung maksiat…….Allahu akbar!!!

  • Fadhly Muhammad M S

    mantabb..fisabilillah.Allah Akbar

  • MOKH ROUF

    Al-hamduliillah, begitulah seharusnya sbgai Muslim jangan gentar dengan kecaman dan intimidasi non muslim, trus jalankan upaya penegakan hukum islam yang sebenarnya, smoga Allah senantiasa memberkahi, aamiin.

  • n3n1

    coba dari dulu ada rajam juga untuk Indonesia untuk sodomi, selamatlah anak2 di Indonesia

  • zahra

    100 % dukungan buat sultan…maju terus, The real moslem will be always support u

Lihat Juga

cover-buku-membongkar-bank-syariah

Membongkar Rahasia Bank Syariah