Home / Konsultasi / Konsultasi Hukum / Apakah Anak dari Ibu Sambung Mendapatkan Warisan?

Apakah Anak dari Ibu Sambung Mendapatkan Warisan?

Konten ini adalah kiriman dari pembaca dakwatuna.com. Kirimkan informasi, gagasan, pemikiran, atau pendapat dari Anda dalam bentuk tulisan kepada kami, klik di sini.

Pertanyaan:

Assalaamu’alaikum wrwb

Ilustrasi. (Foto: ciputraentrepreneurship.com)
Ilustrasi. (Foto: ciputraentrepreneurship.com)

dakwatuna.com – Pak Zairin Noor, saya punya saudara laki-laki. Ia anak bawaan ibu sambung yang dinikahi ayah saya beberapa tahun setelah ibu kandung saya wafat. Apakah saudara saya itu dapat waris dari almarhum ayah saya?

Terimakasih,  atas jawaban Bapak.

Wassalaamu’alaikum wrwb

Fadilah –Bekasi

Jawaban:

Wa’alaikumus Salam wr wb.

Terimakasih atas perhatiannya pada dakwatuna.com, mohon doa agar tetap istiqamah memberikan informasi bermanfaat bagi umat Islam.

Pak Fadilah beserta netters dakwatuna sekalian,  saudara Pak Fadilah tersebut adalah anak bawaan dari ibu sambung yang dinikahi ayah Pak Fadilah setelah ibu kandung meninggal. Maka yang bersangkutan bukan saudara kandung dengan garis keturunan ayah. Jadi ia bukan ahli waris dari ayah Pak Fadilah yang sudah wafat.

Namun dalam hal ini, adalah suatu kebaikan walau bukan ahli waris , jika ada harta peninggalan yang berlebih , anak bawaan ibu sambung Pak Fadilah , mendapat harta dalam bentuk hibah atau pemberian.

Demikian jawaban saya. Semoga Allah melapangkan kubur ayah Pak Fadilah. Semoga keluarga yang ditinggalkan almarhum senantiasa terjaga silaturahimnya.  Mudah-mudahan jawaban saya ada manfaatnya. Wallahu’alam.

About these ads

Redaktur: Pirman

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.
Drs. Zairin Noor, SH. MHum.
Praktisi hukum. Dosen Fakultas Hukum Universitas Islam Attahiriyah Jakarta (FH-UNIAT), Fakultas Agama Islam UNIAT, Sekolah Tinggi Agama Islam Azziyadah, dan Fakultas Hukum Universitas Suryadarma Jakarta. Menjabat Dekan FH-UNIAT: 1995-1998 dan 1998-2002. Email: [email protected]

Lihat Juga

Ekonomi Syariah (Ilustrasi) - (skalanews.com)

Indonesia Menjadi Pusat Keuangan Perbankan Islam Dunia, Mungkinkah?