Home / Berita / Daerah / 1000 Peternak Ditargetkan Lahir pada 2014

1000 Peternak Ditargetkan Lahir pada 2014

Sarasehan Masyarakat Ternak Nusantara di Subang, Jawa Barat - MTN
Sarasehan Masyarakat Ternak Nusantara di Subang, Jawa Barat – MTN

dakwatuna.com – Subang. MTN (Masyarakat Ternak Nusantara) target lahirkan 1.000 peternak di tahun 2014. Meningkatnya jumlah peternak dapat berdampak pada meningkatnya produksi dan ketersediaan daging ternak di Indonesia meningkat. Dengan demikian, maka kesejahteraan peternak pun meningkat.

Lebih lanjut, Noor Yahya Muhammad, Direktur MTN mengungkapkan bahwa saat ini jumlah produksi hewan ternak di Indonesia masih sedikit. “Diperkirakan tahun 2025 sebanyak 48% domba di Indonesia merupakan hasil impor karena ketersediaannya di Indonesia tidak mencukupi kebutuhan. Apalagi jumlah kelahiran domba tidak sebanding dengan peningkatan konsumsi dagingnya,” ungkapnya, Kamis (10/04).

Analisis tersebut dapat dihindari melalui pembibitan domba secara nasional. MTN memulainya dari Subang, Bandung, Garut dan Tasik. Lalu akan berlanjut ke Probollinggo dan Sumbawa. “Selain memberi bantuan  bibit kambing, domba, dan sapi serta bibit pakan hijau, MTN juga mendampingi para peternak agar bisa didapatkan hasil ternak terbaik,” jelas Yahya.

Meski demikian, tetap saja masih banyak peternak lokal di Subang yang memerlukan bantuan. Berdasarkan survei yang dilakukan di 5 desa pada 3 kecamatan, masih ditemukan 268 kandang kosong. “Itu berarti saat ini ada sekitar 268 peternak lokal yang untuk sementara terpaksa mencari pemasukan dari mata pencarian lainnya. Mereka tidak memiliki modal untuk memulai usaha gaduh domba,” ungkap Yahya.

Sepanjang 2013 MTN telah menyalurkan 2.900 bibit domba kepada 300 peternak lokal yang ada di 28 Desa di Kabupaten Subang-Jawa Barat. Ini merupakan salah satu upaya agar peternak lokal Subang dapat lebih berdaya dan mandiri. Dana yang digunakan bersumber dari dana CSR mitra dan dana donatur perorangan.

Ditantang Kementerian Pertanian

Target MTN untuk memberdayakan peternak lokal sekaligus meningkatkan bibit hewan ternak disambut baik oleh Direktur Perbibitan Ternak, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian RI, Ir. Abubakar, S.E., M.M.

Dalam sambutannya saat melakukan kunjungan ke desa binaan MTN di Subang-Jawa Barat, Abubakar menyatakan harapannya, “Semoga Kabupaten Subang dapat menjadi percontohan nasional untuk sektor pembibitan kambing dan domba. Saya tantang MTN untuk terus mengembangkan program pembibitan serta pemberdayaannya. Kami akan terus dorong dan mendukung dengan fasilitas teknis serta pelatihan yang tentunya berguna untuk  kemudahan program MTN ke depannya,” tantangnya. (MTN/sbb/dakwatuna)

 

About these ads

Redaktur: Saiful Bahri

Beri Nilai:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars6 Stars7 Stars8 Stars9 Stars10 Stars (2 votes, average: 5,50 out of 10)
Loading...

Bergabunglah ke Channel @dakwatuna di Telegram, caranya klik di sini.

Tentang

Saiful Bahri
Lahir dan besar di Jakarta, Ayah dari 5 orang Anak yang hobi Membaca dan Sepak Bola. Setelah berpetualang di dunia kerja, panggilan jiwa membawanya menekuni dunia membaca dan menulis.

Lihat Juga

Ilustrasi. (inet)

Ibadah Qurban Pada Hari Raya Idul Adha

Organization